pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Al Umm Malang | Prestasi dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Umm Malang merupakan salah satu pesantren prestisius dengan sederet prestasi santri dan santriwatinya di kancah nasional maupun internasional yang patut diperhitungkan. 

Unit pendidikan yang diselenggarakan juga beragam, mulai dari SD Islam, SMP Islam, madrasah aliyah (MA), hingga ma’had aliy’. 

Karena itu kami akan mengupas segala hal mulai dari sejarah pesantren, kurikulum pendidikan, biaya masuk, hingga alamat lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi selengkapnya hanya untuk Anda. 

Profil Pesantren Al Umm Malang

Menjawab problematika pendidikan islam yang serba tanggung di masa kini, menjadi alasan kuat Yayasan Bina Al Mujtama’ untuk mendirikan Pesantren Al Umm Malang di tahun 2014.

Identitas pesantren adalah islamic boarding school, oleh karena itu fokus pesantren ini adalah mendidik santri menjadi generasi rabbani yang cerdas namun juga diiringi dengan adab dan nilai-nilai islami sesuai dengan risalah dakwah Rasulullah. 

pesantren al umm malang

Untuk suhu di pesantren, tidak perlu diragukan lagi. Lokasinya ada di malang, suhu rata-rata 24-27 derajat celcius. Dingin meskipun berada di daerah perkotaan. 

Kurikulum Pesantren Al Umm Merjosari

Untuk kurikulumnya, pesantren ini menggunakan kurikulum KTSP (k-13) yang disempurnakan dengan ilmu-ilmu syar’i khas pesantren. Seperti Al-Quran dan Al-Hadist, aqidah, akhlak, fiqih, tafsir, siroh nabawiyah, nahwu shorof, dan lain sebagainya. 

Yang menjadi unggulan dari kurikulum pesantren ini yaitu santri dan santriwati dibimbing tahsinul qur’an sampai bacaannya benar sesuai kaidah yang ada.

Program Khusus Ponpes Al Umm Lowokwaru

Selain itu ada juga Ponpes Al Umm Malang ini memiliki 2 program khusus yang istimewa. Yaitu program hifdzul qur’an (dengan sistem akselerasi) santri SMP ditargetkan hafal 6 juz Al-Quran dan hafalan 30 juz untuk santri MA. 

Program yang kedua adalah hafal hadist arbain nawawi dan memiliki sanad matan kitab Tuhfathul Al Athfal. Jadi, ketika santri lulus nanti, selain ijazah pondok dan ijazah negara mereka mempunyai satu lagi ijazah bergengsi, yakni ijazah sama’ hadist arbain nawawi. Wah keren sekali bukan? 

Tidak sampai pada program khusus saja, para santri dan santriwati di sini dibekali dengan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam dan tentunya berbeda dengan pondok pesantren lainnya. 

Sebut saja panahan, karate, jurnalistik, renang, tata boga, menjahit, hingga hidroponik. Inilah yang membuat pesantren Al Umm Malang menjadi salah satu pondok pesantren unggulan.

PanduanTerbaik.id

Prestasi Santri Al Umm Malang

Berikut ini beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh santri Pondok Pesantren Al Umm: 

  • Juara 1 hifdzil musabaqoh hifdzil qur’an kategori 5 se-Jawa Bali 2018
  • Juara 2 musabaqoh hifdzil qur’an nasional difest Sidoarjo 2018
  • Juara 3 musabaqoh murottal qur’an nasional difest Sidoarjo 2018
  • Juara 2 tartil Al-Quran se-Jawa Timur 2018
  • Juara 3 LCC PAI se-Jawa Timur 2018, dan masih banyak lagi. 

Pendaftaran PPDB Al Umm Malang

Pesantren Al Umm Malang biasanya membuka pendaftaran dan penerimaan santri baru di bulan November – Februari, dan segera ditutup apabila kuota sudah terpenuhi. Adapun alur pendaftarannya yakni membayar biaya registrasi sekitar Rp. 350.000 (gratis majalah Al-Umm). 

Kemudian mengisi formulir di website resmi pesantren dan mengirimkan berkas pendaftaran via jasa ekspedisi paling lambat 1 minggu sebelum pendaftaran ditutup. 

Bapak / Ibu bisa juga mendaftarkan buah hatinya langsung di sekretariat penerimaan peserta didik baru (PPDB) Pesantren Al Umm Malang. 

Setelah santri dinyatakan lulus seleksi berkas, maka santri masih harus mengikuti tahap seleksi kedua. Yakni tes akademik dan wawancara yang meliputi :

  • Baca dan hafalan Al-Quran (minimal 3 juz) 
  • Tes akademik (ips, matematika, dan bahasa indonesia) 
  • Wawancara calon santri (bahasa arab) dan orang tua 
  • Tes psikologi

Biaya Masuk Ponpes Al Umm

Jika memondokkan di sini, biaya masuk Pesantren Al Umm Malang sekitar 12.9 juta untuk santri putra dan 13.1 juta untuk santriwati putri. 

Biaya tersebut sudah termasuk wakaf pembangunan, wakaf perlengkapan santri (kasur, dipan, lemari, dan meja belajar), biaya perlengkapan santri, dan dana operasional santri selama 1 tahun. 

Dan selama setahun, tiap bulannya Anda akan mendapatkan majalah Al Umm, kami lihat biaya majalah ini sudah termasuk biaya daftar ulang di Al Umm. Sedangkan SPP syahriah atau bulanannya sekitar 1.1 juta. 

Menurut kami biaya masuk pesantren Al Umm tergolong standar pondok pesantren di Malang. Bisa dilihat pesantren terbaik di Malang lainnya di sini. Kami sudah sajikan dengan biaya dan keunggulan masing-masing. 

Alamat Lengkap dan Nomor Telepon

Pesantren Al Umm Malang beralamat lengkap di Jl. Joyo Agung No. 1 (Kompleks Masjid Al-Umm) RT. 09 RW. 09 Merjosari, Lowokwaru, Malang – Jawa Timur. Atau ikuti google maps di bawah. 

Jika Bapak / Ibu mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai pendaftaran dan lain sebagainya bisa telepon ke nomor (0341) 5024 007 / +62 858 5654 7800.

Informasi selengkapnya klik website resmi di sini. Anda bisa melihat informasi lebih lengkap dan valid. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *