3 Sisi Menarik SMA Trensains Tebuireng Jombang

Posted by

SMA Trensains Tebuireng Jombang jadi perhatian. Apalagi semua sudah kenal tentang Pondok Pesantren Tebuireng. Ya, salah satu pesantren tertua yang ada di Indonesia dan namanya sudah terkenal di mana-mana.

SMA Trensains Tebuireng atau Pesantren Sains merupakan bagian dari unit pendidikan yang ada di Pesantren Tebu Ireng. Yang didirikan oleh Dr. (HC). Ir. KH. Salahuddin Wahid yang bekerja sama dengan KH. Agus Purwanto, D.Sc. pada tahun 2014.

Lantas, seperti apa Pesantren Sains Tebuireng yang sudah memiliki santri ribuan ini? Berikut ulasannya khusus untuk Anda.

Profil Trensains Tebuireng Jombang

SMA Trensains yang diresmikan pada 23 Agustus 2014 ini berawal dari keinginan luhur para pendiri untuk melahirkan generasi yang unggul dalam bidang sains kealaman dan mampu menjadikan Al-Qur’an sebagai epistemologi dalam pengembangannya.  

sma trensains tebu ireng

Meskipun dibawah naungan Pesantren Tebuireng, SMA Trensains Tebuireng memiliki konsep tersendiri. Bukan pesantren salafiyah yang menekankan pada ilmu pengetahuan agama berbasis kitab-kitab klasik, dan juga bukan pondok modern yang menggabungkan ilmu umum dengan materi pesantren.

SMA Trensains Tebuireng berorientasi pada pemahaman Al-Qur’an, Al-Hadist, dan sains kealaman (natural science) berserta pengaplikasiannya. Itulah sebenar-benarnya konsep unik yang dimiliki SMA Trensains Tebuireng.

Identitas Trensains Tebu Ireng 

Merupakan sekolah nasional khusus sains kealaman, SMA Trensains Tebuireng memiliki ciri khas tersendiri. Yakni kurikulum semesta yang dimilikinya. Model demikian ada juga di Cirebon dengan nama Pesantren Sains Salman. 

SMA Trensains Tebu Ireng bekerja sama dengan ITS, Unesa, dan juga UIN Malang. Menggabungkan kurikulum nasional 2013, kurikulum internasional (Cambridge), dengan kurikulum pesantren sains itu sendiri.

Selain itu, guna mendukung program sains ini, menyediakan program-program unggulan. 

Mulai dari fisika matematika camp, stadium general (pendalaman materi ilmu kedokteran, ilmu sains, dan teknik), study observation, my qur’an, dan masih banyak lagi. 

Dengan demikian para santri SMA Trensains Tebuireng diharapkan mampu memiliki kemampuan nalar matematik (critical thinking), problem solving, juga filsafat yang memadai dan juga aktif berbahasa arab maupun inggris.

Panduanterbaik.id

Pembelajaran Social Short Semester 

Ada yang berbeda dari SMA Trensains Tebuireng ini. meskipun pembelajaran di sana berbasis pendekatan metakognitif dan juga saintifik, ternyata sekolah Islam ini juga mengadakan pembelajaran social short semester.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan pembelajaran social short semester ini? Yakni, para santri mendapatkan ilmu tambahan diluar ilmu sains. Seperti ilmu geografi, ekonomi, sosiologi, dan juga kesenian.

Dan pembelajaran social short semester ini berlangsung hanya selama 3 bulan saja. Tentu hal ini menjadi nilai tambah pendidikan bagi setiap santri di Trensains Tebuireng.

Fasilitas Trensains Tebu Ireng 

Dari tahun ke tahun, SMA Trensains Tebu Ireng mengalami kemajuan yang cukup pesat. Dibuktikan dengan fasilitas-fasilitas yang lebih baik tentunya. 

Fasilitas yang tersedia mulai dari laboratorium, laboratorium CBT, perpustakaan, asrama putera dan puteri yang terpisah, kantin, trensmart, lapangan olahraga dan juga masjid yang serbaguna. Untuk kamarnya juga model boarding school dengan ranjang dan kamar yang cukup memadai.

Jika dibandingkan dengan sekolah sekolah Islam di Jawa Timur lainnya, Trensains Tebu Ireng Jombang cukup kompetitif. 

Kegiatan Keseharian Santri Trensains

Berbicara mengenai kegiatan sehari-hari santri SMA Trensains Tebu Ireng, dimulai dari jam 4 subuh. 

Di mana para santri sudah melaksanakan sholat tahajjud, tahfidz qur’an, sholat subuh, pengajian pagi hingga jam setengah 6. Selanjutnya para santri bersiap-siap untuk mengikuti kelas pagi hingga sore hari.

Dan sebelum melaksanakan sholat maghrib, para santri melakukan murajaah hafalan, atau mengulang kembali hafalan masing-masing. 

Dilanjutkan dengan yasinan dan kelas diniyah hingga pukul setengah 8 malam. Seperti model pesantren induknya, pagi sekolah sore diniyyah. Lalu sholat isya, makan malam, dan santri melanjutkan kegiatannya dengan belajar malam dan beristirahat untuk menyambut hari esok.

Memang kalau dari kegiatannya, tahfidz Qurannya menjadi salah satu kegiatan unggulan. Hal ini tidak lain karena memang Tebu Ireng dikenal sebagai pesantren terbaik di Jombang

Pendaftaran SMA Trensaisn Tebuireng

Berdasarkan informasi yang berhasil kami himpun, Pendaftaran SMA Trensains Tebuireng hanya melayani pendaftaran secara onlie / mandiri melalui website resmi. 

Namun, sebelum melakukan pendaftaran melalui website, calon santri baru diharuskan mentransfer biaya pendaftaran sekitar Rp. 300.000 ribu rupiah.

Video SMA Trensains Tebuireng Jombang

Biaya SMA Trensains

Sedangkan untuk biaya sebagai berikut :

  • Santri puteri sekitar 11 juta 
  • Santri putera sekitar 10.8 juta 

Dengan catatan (semua sudah termasuk infaq sarana pondok dan sekolah, seragam pondok, uang MOS, sprei dan sarung bantal, buku panduan, seragam sekolah dan olahraga, biaya administrasi, dan uang SPP 1 bulan).

Uang SPP SMA Trensains Tebu Ireng perbulannya sekitar 1.6 juta untuk santri putera dan putri. Tergolong standard jika dibandingkan pesantren sains lainnya.

Alamat Trensains Tebuireng 

SMA Trensains Tebu Ireng berlokasi di Jl. Jombang – Pare KM. 19 Jombok Ngoro Jombang. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi call centre SMA Trensains Tebu Ireng di nomor telepon (0321) 687 0022

Atau kunjungi website resmi SMA Trensains Tebu Ireng di sini http://www.smatrensains.sch.id/ 

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *