Pesantren Gedongan Cirebon | Keunggulan Pendidikan dan Biaya

Posted by

Pesantren Gedongan Cirebon bisa dikatakan merupakan salah satu pesantren legendaris. Selain pesantren Kempek Cirebon, atau pesantren lainnya. Oleh sebab itu tidak mungkin tidak membahas pesantren yang satu ini.

Kami akan merangkum informasi dari begaram sumber di internet, agar menjadi satu rangkuman yang bermanfaat. Di antaranya sedikit dari sejarah pesantren Gedongan Cirebon, lembaga pendidikan, serta biaya pesantren Gedongan 2021.

Sejarah Pesantren Gedongan Cirebon

Nama Gedongan adalah sebuah daerah di Cirebon, seperti laiknya Tebu Ireng Jombang, Sidogiri Pasuruan, atau Gontor Ponorogo yang semuanya memiliki nama daerah. Ini adalah ciri khas pesantren berdiri sebelum abad 20.

pesantren Gedongan Cirebon

Pesantren Gedongan Cirebon didirikan oleh Kyai Muhammad Sa’id pada pertengahan abad ke-19. Diawali dengan niat uzlah karena masih istikharah dalam mencari tempat atau objek untuk berdakwah Islam. Hingga berujung pada tempat bernama pedukuhan Gedongan yang akhirnya menjadi nama Pesantren.

Ini sejarah pesantren Gedongan secara singkat. Artinya ini merupakan salah satu pesantren tertua yang hingga kini tetap eksis menjalankan pendidikan syariah di wilayah Cirebon untuk santri dari seluruh Indonesia.

Pesantren Gedongan

Terkait dengan pesantren Gedongan Cirebon. Kami hanya mendapatkan brosur lembaga pendidikan yang berada di Gedongan Cirebon. Yaitu pesantren Assa’diyah, ini merupakan pesantren cukup baik.

Menurut kami pesantren ini bisa menjadi gambaran bagaimana pendidikan di Pesantren Gedongan Cirebon. Baik secara kurikulum pendidikan, profil lembaga, identitas, hingga biaya masuk pesantren Gedongan, atau karena alamatnya di Ender, sering disebut dengan pesantren Ender Gedongan.

Kurikulum Pendidikan Pesantren

Pesantren di wilayah Ender Cirebon, memiliki identitas kurikulum yang kental dengan salafiyah. Bukan salafi sebagai aliran. Salafiyah artinya adalah model pendidikan yang fokus pada aspek syariah yang bersumber dari kitab kuning.

Sehingga kemampuan membaca kitab dengan penguasaan terhadap bahasa arab yang cukup dalam menjadi kompetensi wajib di pesantren-pesantren ini. Kitab jurumiyah, imriti, alfiyah, harus dikuasi.

Oleh sebab itu kelasnya memiliki jenjang diniyah yang panjang. Kalau di Assa’diyah nama kelasnya Sifir I, Sifir II, dan seterusnya hingga VI. Kalau di pesantren salafiyah lainnya seperti Ula, Wustho, dan Ulya. Ini merupakan kelas pendidikan kitab kuning yang mendalam.

Namun bukan berarti tidak ada pendidikan formal. Di pesantren-pesantren ini sudah tersedia pendidikan formal di waktu pagi, baik Tsanawiyah atau Aliyah. SMP dan SMA bahkan untuk Mambaul Hikmah ada jenjang SMK dengan magang ke Jepang. Barulah kemudian sore hari dan malam pendidikan diniyah.

Di Assa’diyah untuk ngaji kitabnya memiliki durasi dua jam, selepas magrib satu jam, selepas isya satu jam. Oleh sebab itu bisa dikatakan pesantren Gedongan Cirebon adalah kombinasi formal dan salafiyah yang ideal.

Pendidikan Khusus Al Quran di Gedongan

Di samping pendidikan formal dan diniyah, tersedia pula lembaga khusus Al Quran, yaitu lembaga pembelajaran, tahsin, tahfidz, bahkan pembelajaran tafsirnya. Sehingga penguasaan Al Quran menjadi cukup baik.

Keunggulan Pesantren Gedongan

Menurut kami ada beberapa kelebihan Pesantren Gedongan Cirebon yang bisa menjadi pertimbangan. Pertama adalah kedalaman ilmu syariah Islam yang berbasis kitab kuning. Ingat, sekarang zamannya sekolah mengutamakan fasilitas.

Kedua, pesantren ini melatih santri untuk hidup biasa, tidak dengan fasilitas yang wah. Sehingga terbiasa berlatih menghadapi kesulitan hidup yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Inilah asas menghadapi tantangan di masa datang.

Pendaftaran Pesantren Gedongan

Saat ini untuk pendaftarannya bisa dilakukan dengan cara online. Tidak perlu datang ke kantor. Sudah tersedia website. Hanya dibutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah.

Kartu NISN, Kartu Keluarga, Ijazah, foto 3×4, foto 4×6, dan persyaratan lainnya yang bisa dilihat di website resminya di link ini. Anda tinggal penuhi saja semua persyaratannya.

Biaya Assa’diyah Gedongan 2021

Adapun biaya ponpes Gedongan Cirebon kami ambil dari brosur pesantren Assa’diyah. Dengan detil biaya pesantren sebagai berikut.

PendaftaranRp200.000
Biaya Masuk PesantrenRp800.000
Biaya perbulanRp350.000

Sedangkan untuk program takhassus Al Quran, atau khusus pembelajaran Al Quran lebih mahal. Detilnya di bawah ini.

MTs Al QuranRp2.010.000
MA Al QuranRp2.860.000
SMK Bisnis dan MotorRp2.395.000
SMK PerkantoranRp2.225.000

Menurut kami untuk biaya demikian di wilayah Cirebon tergolong standard. Bisa dibandingkan dengan biaya pesantren terbaik Cirebon lainnya di sini. Anda bisa memilih salah satu yang kami sajikan.

Alamat Lengkap

Adapun alamat lengkapnya berada di Ender, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon. Jika kesulitan bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan. Informasi tentang pesantren Manbaul Hikmah Gedongan bisa di link website ini.

Kiranya ada kekeliruan informasi bisa dicantumkan di kolom komentar agar segera kami perbaiki, karena niat kami mempermudah informasi untuk masyarakat.

Jika ada lembaga pendidikan lain yang ingin direview bisa kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan bantu publikasinya.

3 comments

  1. Assalamualaikum…
    Kami berniat memondokkan putra kami..kami sedang mencari ponpes non moder/tradisional..apakah Ponpes gedongan merupakan ponpes tradisional ?

  2. Assalamualaikum…
    Kami berniat memondokkan putra kami..kami sedang mencari ponpes non modern/tradisional..dan sekolah Mts.Apakah Ponpes gedongan merupakan ponpes tradisional ?

    1. Wa’alaikumsalam. Ponpes Gedongan dalam sudut pandang kami sudah memasukkan unsur modern dalam sistemnya. Fokusnya tetap pada pendalaman kitab kuning. Bisa dikunjungi agar mendapatkan gambaran lebih detil

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *