Pesantren Matematika di Bekasi | Konsep Unik dari Ust. Abu Sangkan

Posted by

Pesantren Matematikan di Bekasi memiliki konsep unik. Kami yang sudah mereview banyak lembaga pendidikan belum banyak mendengar hal ini. Nah, pesantren khusus Matematika ini terletak di Bekasi. 

Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi atau Pondok Pesantren Matematika merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk putra dan putri. Dikenal juga dengan Pesantren Abu Sangkan karena memang dibina oleh ustadz yang dikenal dengan training shalat khusyu’.

Melalui artikel ini kami akan membawa Anda mengetahui lebih lengkap mengenai Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi, kami sertakan juga biaya masuk trenmatika dan kelebihannya. Kami rangkum dari website resmi dan pemberitaan lainnya. 

Pesantren Ust. Abu Sangkan

Sejarah Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi berawal dari sebuah masjid yang digunakan sebagai tempat pelatihan sholat khusyu’ Yayasan Sholat Center Indonesia pada tahun 2005.

pesantren matematika di bekasi

Adalah Ust. Abu Sangkan pendiri yayasan tersebut yang menginginkan adanya tempat untuk santri menuntut ilmu. Hingga berdirilah Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi pada tahun 2019.

Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi memiliki model pesantren pada umumnya. Yang tidak lepas dari tahsin – tahfidz Al-Qur’an, dan penggunaan bahasa Arab dan Inggris secara aktif.

Yang khas dari Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi adalah pembelajarannya yang berorientasi pada Matematika, dan materi sains lainnya seperti fisika, kimia, dan eksperimennya. 

Maka pesantren ini sering disebut juga dengan pesantren matematika di Bekasi. Konsep ini kalau di Jawa Timur ada pada Trensains Tebu Ireng, dan di Jawa Barat ada pada Trensains Salman Cirebon.  

Identitas Pendidikan Boarding School

Menyelenggarakan pendidikan formal SMP dan SMA Islam, kurikulum Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi merupakan hasil perpaduan kurikulum pesantren dan kurikulum nasional dengan penguasaan matematika dan sains. 

Bukan hanya penambahan, pengurangan, ataupun perkalian. Konsep matematika di sini disesuaikan dengan nalar dan realistik yang dialami santri (melihat gejala yang terjadi). Inilah sisi yang menurut kami paling menarik dan unggul. 

Dengan konsep ini, santri Pesantren Matematika di Bekasi ini bisa lebih mudah menyerap dan mampu menghubungkan segala sesuatu dengan matematika. Metode pembelajarannya pun disusun sedemikian rupa agar tetap menyenangkan dan mudah diserap oleh santri. 

PanduanTerbaik.id

Pelatihan Sholat Khusyu’

Sebagaimana sang pendiri yang memberikan pelatihan sholat khusyu’ pada masyarakat, santri di sini juga dibimbing langsung tata cara sholat khusyu’ dan menjadi program istimewa yang dimiliki Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi. 

Melalui program pelatihan ini, santri dilatih untuk bisa merasakan manfaat yang sebenarnya dari gerakan-gerakan sholat bagi psikis dan kesehatan jasmani.

Dan ternyata, sholat khusyu’ ini merupakan meditasi tertinggi dalam islam. Pelatihan yang ada di pesantren ini menjadi poin lebih dibandingkan pesantren yang lain. 

Karena sungguh sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Sehingga sisi lebih dari pesantren ini salah satunya adalah bagaimana santri bisa menjalani hidup dengan shalat khusyu’. 

Kegiatan Santri Trenmatika

Keseharian para santri dimulai sejak pukul 3 pagi. Diawali dengan sholat tahajjud dan subuh berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan tahfidz qur’an sampai pukul 6 pagi. Setelah itu, santri sarapan pagi dan masuk kelas biasa dari jam 7 sampai jam 3 sore. 

Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi memberikan waktu khusus untuk para santri ketika sore hari. Di waktu ini, santri bisa memanfaatkannya untuk bermain, beristirahat, atau diisi dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Sedangkan pada malam hari, setelah tahfidz qur’an dan sholat magrib juga makan malam, para santri diwajibkan mengikuti kegiatan muhadatsah. 

Berlatih bercakap-cakap untuk memantapkan kemampuan berbahasa asing arab dan inggris. Kegiatan ini sebagai penutup hari sebelum santri beristirahat. 

Fasilitas Trenmatika Islamic Boarding School

Jangan salah, meskipun Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi baru berdiri dua tahun, fasilitas yang tersedia termasuk modern dan cukup memadai. 

Ruangan yang ber-AC, gedung sekolah yang tingkat, asrama putra putri terpisah, dan bangku meja santri yang terbuat dari rangka besi minimalis dan elegan. Kamar santrinya juga cukup luas, terdapat ranjang susun dan kasur 5 cm. Bersih dan nyaman. 

Pendaftaran Santri Baru 

Tata cara pendaftaran Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi bisa dilakukan secara online maupun offline. 

Untuk via online, Bapak – Ibu / wali calon santri baru bisa mengisi formulir di website resmi pesantren. Atau datang langsung ke sekretariat Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi. 

Kuota penerimaan santri pun sangat terbatas. 48 santri putra dan 24 santriwati putri untuk SMP, dan 24 santri putra 24 santriwati putri untuk SMA. 

Biaya Masuk Trenmatika Bekasi

Biaya pendaftaran Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi sekitar Rp. 250.000 ribu yang ditransfer ke Bank BNI Syariah dengan nomor 029 453 8611 atas nama Yayasan Sholat Center Indonesia. 

Adapun biaya masuk Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi sekitar 17.6 juta. Biaya tersebut sudah termasuk dana sarana prasarana (DSP), SPP bulan Juli, uang buku, seragam, dan OSIS. 

Untuk SPP syahriah atau bulanannya Anda perlu merogoh kocek sekitar 2.5 juta. Sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan pesantren trensains lainnya seperti Trensains Tebuireng. 

Alamat Pesantren Matematika Bekasi

Alamat pesantren matematika di Bekasi ini cukup mudah. Anda bisa mendatangi langsung Trenmatika Islamic Boarding School di Jl. Kemang Sari IV No. 5 Kel. Jatibening Baru, Kec. Pondok Gede, Bekasi – Jawa Barat 17412.

Dan jika mempunyai pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi call centre Trenmatika Islamic Boarding School Bekasi di nomor +62 813 8900 0096 atau kunjungi website resmi di sini https://trenmatika.sch.id/ 

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *