Pesantren Al Hamidiyah Depok | Sistem Internasional Berprestasi

Posted by

Pesantren Al Hamidiyah Depok atau yang biasa dikenal dengan nama Al Hamidiyah Boarding School merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta yang terbaik di kota Depok.

Berada di bawah naungan Yayasan Islam Al Hamidiyah dengan berbagai jenjang pendidikan, ternyata Pesantren Al Hamidiyah Depok ini tersedia untuk Mts dan MA.

Seperti apa profil Al Hamidiyah Boarding School Depok yang identik dengan warna orange ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Profil Pesantren Al Hamidiyah Depok

Didirikan pada 17 juli 1988 oleh KH. Achmad Sjaichu, Al-Hidayah Boarding School Depok diharapkan mampu menjadi wadah pengembangan dan pelestarian kegiatan pendidikan dan juga dakwah di indonesia khususnya.

pesantren al hamidiyah depok

Ciri khas Al-Hamidiyah Boarding School Depok tentunya adalah pesantren nahdhatul ulama atau biasa disebut nahdiyin. Karena sang pendiri, sudah terkenal dengan sepak terjangnya di ormas Islam terbesar indonesia tersebut. 

Tetapi, ada yang istimewa dari Al-Hamidiyah Boarding School Depok ini, selain kental dengan budaya nahdiyin, para santri Al Hamidiyah Boarding School Depok juga dibekali dengan penguatan pendidikan karakter yang menjadi fokus utama, khas pesantren modern.

Oleh sebab itu prestasinya cukup banyak. Di antaranya juara umum PMR tingkat Jabodetabek pada tahun 2019. Di tahun berikutnya juga juara umum untuk lomba Bintara Friend Championship.

Identitas Pendidikan Al Hamidiyah Depok

Identitas Al Hamidiyah Boarding School Depok adalah kolaborasi dari 3 poin utama pondok pesantren. Yakni bahasa arab, Al-Qur’an, dan kitab kuning klasik.

Pembelajaran bahasa arab yang ada di Al-Hamidiyah Boarding School Depok ini meliputi durusul lughoh, mothola’ah, hadist, imla, nahwu shorof dan imriti. 

Porsinya juga tidak sebanyak pelajaran kitab kuning klasik, hanya beberapa yang utama, seperti matan taqrib, khulasoh nurul yaqin, bulughul marom, jawahirul kalamiyah, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan, untuk penyempurnaan kurikulum, para santri Al Hamidiyah Boarding School Depok mempelajari tahqiq/tahfidz qur’an, tajwid, dan bin nadzhor ataupun tilawah.

Bahkan, meskipun para santri sudah mahir berbahasa arab dan inggris, Pesantren Al Hamidiyah Depok masih terus melakukan pengembangan dan perbaikan kualitas pondok pesantren, yaitu melakukan kerjasama dengan Cambridge University Press. 

Sistem Belajar STEAMMI

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan STEAMMI. Jadi, Pesantren Al Hamidiyah Depok menggunakan metode belajar yang mengandung unsur science, technology, engineering, art, mathmatic, montessori, and islamic atau biasa disebut STEAMMI teaching learning methode.

Nah, STEAMMI sendiri merupakan sebuah pendekatan pembelajaran secara terpadu dan mendorong para santri untuk bisa berpikir lebih luas ketika menghadapi suatu masalah. 

Dengan adanya metode belajar STEAMMI ini, para santri diharapkan memiliki sikap mandiri, inovatif dan kreatif, bisa menjadi future leader, berwawasan luas, cinta lingkungan dan islami. Jadi cukup modern sekali

Sejauh pengamatan kami, jarang sekali ditemukan pondok pesantren yang metode belajar mengajarnya menggunakan STEAMMI. Ini boarding school unik seperti layaknya Trenmatika di Bekasi yang khusus Matematika.  

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (KPM)

Di kegiatan ini, para santri diminta untuk terjun langsung mengabdi pada masyarakat. Memang, jika dilihat sekilas mungkin ini seperti kuliah kerja nyata (KKN) versi kampus.

Bedanya, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh santri dan santriwati Al Hamidiyah Boarding School Depok.

Sehingga dengan begitu para santri mampu berpikir kritis dan membantu apa yang bisa mereka berikan kepada masyarakat dengan mengimplementasikan pelajaran-pelajaran yang ada di Al-Hamidiyah Boarding School Depok. 

Fasilitas Al Hamidiyah Boarding School Depok

Menjadi sebuah lembaga pendidikan yang sudah lama berdiri, tentu tidak perlu diragukan lagi dengan fasilitas yang ada.

Dari ruang kelas, perpustakaan, lab. matematika, multimedia, dan perpustakaan yang ber-AC, asrama putra dan putri yang terpisah, poli klinik, wifi hotspot, ruang makan santri, hingga ruang penyiaran juga tersedia.

Sedangkan untuk kamar santri, menurut kami sudah sesuai standar boarding school lainnya. Tapi kalau ingin yang lebih wah, bisa melihat boarding school di Bogor, pilihannya ada di sini.

Tersedia ranjang dan kasur yang cukup tebal, lemari untuk menyimpan barang-barang, dan kamarnya pun cukup luas dengan beberapa ranjang di dalamnya.

Pendaftaran Biaya Masuk Pesantren Al Hamidiyah

Untuk pendaftaran di Al Hamidiyah Boarding School Depok dapat dilakukan via online ataupun registrasi mandiri melalui website resmi. Dan berikut jadwal pendaftaran calon peserta didik baru.

  • Madrasah tsanawiyah (MTs) dibuka mulai 11 Januari 2021 – 22 Februari 2021
  • Madrasah Aliyah (MA) dibuka mulai 30 Oktober 2021 – 22 Februari 2021

Adapun untuk biaya masuk al hamidiyah boarding school sekitar 26 juta, dan SPP perbulan ataupun syahriahnya sekitar 1.3 juta. Lebih valid hubungi langsung di call center yang tersedia. Jika ingin pilihan pesantren lainnya di Depok bisa dikunjungi link ini.

Alamat Ponpes Al Hamidiyah 

Al-Hamidiyah Boarding School Depok beralamat di Jalan Raya Depok Sawangan KM. 2 No. 12 Kota Depok – Jawa Barat 16345.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi call centre di nomor telepon berikut 0811-1158-338 atau kunjungi website resmi Pesantren Al Hamidiyah Depok di sini

Jika ada kekeliruan informasi mohon cantumkan di kolom komentar. Jika ada sekolah atau lembaga pendidikan yang ingin direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *