Pesantren Al Husainy Serpong | Keistimewaan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Husainy Serpong bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren modern yang cukup ternama. Bahkan santrinya berasal dari banyak daerah di Indonesia. Fasilitasnya juga baik. Oleh sebab itu menarik banyak minat masyarakat.

Kali ini kami akan merangkum informasi dari beragam sumber yang kami dapatkan, utamanya adalah website resmi pesantren. Di antara yang akan kami bahas adalah profil pesantren, pendidikan, dan biaya masuk.

Pesantren Al Husainy Serpong

Pesantren Al Husainy Serpong bisa dikatakan sebagai salah satu pesantren mapan karena sudah berdiri sejak 1990. Namun mulai ada santrinya sejak 1993. Ketika itu dipimpin oleh Habib Ali bin Alwi bin Husein. Memang pesantren ini berbasis habaib.

Nama Al Husainy sendiri dinisbatkan kepada silsilah keluarga yaitu Habib Husein bin Ali bin Thohir, sehingga bernama pondok pesantren Al Husainy. Lembaga pendidikan yang tersedia cukup lengkap, mulai dari jenjang MI/SD hingga jenjang menengah pertama dan atas.

pesantren al husainy serpong

Pendidikan Formal di Pesantren Al Husainy Tangerang

Ponpes Al Husainy Serpong memiliki pendidikan formal empat jenjang, pertama adalah MI yaitu jenjang setara SD. Kedua adalah jenjang MTs dengan jumlah siswa mencapai 350 anak. Cukup banyak.

Jenjang berikutnya adalah MA. Jenjang MTs dan MA menginduk kepada kemenag. Sehingga pendidikan agamanya lebih kental. Nuansa rohaninya begitu terasa. Nyaman dan adem di hati. Adapun masuk kelasnya dari 07:15 sampai dengan 12:00.

Jenjang berikutnya adalah SMA Islam Terpadu. Ini jenjang yang menginduk kepada diknas. Menurut kami empat jenjang ini memberikan pilihan yang cukup lengkap bagi santri di pesantren Al Husainy Serpong.

PanduanTerbaik.id

Pendidikan Pondok Pesantren

Adapun pendidikan di pondok pesantren Al Husainy Serpong terdiri dari pendidikan di asrama yang dimulai sejak 03:30 dengan shalat tahajud. Bahkan sebelum subuh sudah membaca wirid khulasoh lil Habib Umar bin Hafidz.

Di pesantren Al Husainy Serpong tersedia pendidikan diniyyah, atau pendidikan khusus materi keislaman yang diajarkan sejak jam 06:00-06:30, serta ada diniyyah sore sejak 16:00-16:45. Disempurnakan di waktu malam dengan diniyyah di waktu 18:30-19:15.

Materi yang diajarkan di antaranya aqidah, akhlaq, fiqh, serta materi-materi penting lainnya dalam Islam. Sehingga pondok pesantren Al Husainy Tangerang Selatan ini membekali santri dengan kebutuhan masyarkaat.

 Kemudian ada satu pendidikan khusus di malam, namun bagi yang ingin mengikuti, yaitu tahfidz Quran, waktunya dari 20:45-21:45. Di waktu yang sama ada kelas bahasa bagi yang memilih mendalami bahasa.

Ciri Khas Pesantren

Di Sisi lain ada ciri khas pondok pesantren. Di antaranya adalah pembacaan burdah, ada juga pembacaan maulid, masih ada juga pembacaan hadrah basudan. Juga ada peringatan haul pendiri pondok. Hal seperti ini khas untuk pesantren aswaja.

Keunggulan Pesantren Al Husainy

Menurut kami ada beberapa keunggulan yang patut dipertimbangkan. Pertama adalah aspek disiplin. Dari website resmi kami melihat disiplin cukup ketat. Dilihat dari variasi hukuman yang lengkap. Mulai dari diingatkan sampai dipulangkan.

Kedua adalah aspek bahasa. Pesantren Al Husainy Serpong membiasakan santri untuk menggunakan bahasa arab dan inggris. Sehingga santri mampu dan siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Ketiga adalah aspek fasilitas. Jika dibandingkan dengan biayanya, fasilitas di pesantren Al Husainy Serpong tergolong cukup bagus. Seperti kasur dengan ranjang tingkat, gedung yang rapi. Bisa dilihat di video yang kami sertakan.

Pendaftaran Pondok Pesantren

Bagi yang ingin mendaftar ke ponpes Al Husainy Serpong maka biasanya dibuka pada bulan Januari dan ditutup hingga kuota terpenuhi. Biaya pendaftarannya hanya Rp150.000. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  • FC akte kelahiran
  • KTP Orang tua, dan KK
  • Surat keterangan yatim bagi yang yatim
  • FC Ijazah terakhir
  • Surat pindah dan nomor ISN
  • Foto sebanyak 3×4 sebanyak 4 lembar

Adapun seleksinya adalah tes baca tulis Al Quran dan hafalan juz 30. Untuk santri lanjutan harus menghafal juz 29 dan 30. Jadi bagi yang ingin masuk harus disiapkan.

Biaya Masuk Al Husainy

Adapun untuk biaya masuk pesantren Al Husainy Serpong kami sajikan melalui tabel agar lebih mudah dimengerti.

JenjangBiaya MasukSPP Bulanan
MIRp6.800.000Rp750.000
MTsRp7.500.000Rp800.000
MARp7.500.000Rp800.000
Tahun ajaran 2021-2022

Menurut kami biaya ini tergolong standar. Bisa disurvey dengan pesantren lain di wilayang Tangerang Selatan di link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulan masing-masing. Semoga bisa menjadi pertimbangan.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap Pondok Pesantren Al Husainy berada di Jln. Husainy, Kelurahan Lengkong Wetan BSD, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Google maps sudah kami sertakan di bawah ini agar lebih mudah.

Untuk informasi lengkap, update, dan lebih valid, bisa kunjungi website resminya di https://habibalialhusainy.com/ atau bisa hubungi nomor telepon 021-27624389 jika ingin menanyakan sesuatu.

2 comments

    1. wa’alaikumsalam
      Yang kami tahu dari brosurnya, tahun lalu gelombang satu terakhir 15 Februari, gelombang dua 15 Mei

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *