Pesantren Al Quraniyah Tangerang Selatan | Keunggulan dan Biaya

Posted by

Pesantren Al Quraniyah Tangerang Selatan merupakan salah satu pondok modern yang fokus pada pendidikan Al Quran. Peminatnya cukup banyak, sehingga santrinya cukup banyak dari beragam daerah di Indonesia.

Oleh sebab itu kami akan mengulas informasi lengkap tentang Pesantren Al Quraniyah Tangerang Selatan berdasarkan brosur yang kami dapatkan di website resmi. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pertimbangan.

Pesantren Al Quraniyah Tangerang Selatan

Pesantren Al Quraniyah Tangsel berawal dari sosok pimpinan pesantren Dr. KH. Sobron Zayyan MA yang menjuarai musabaqah fahmil Quran tingkat nasional mewakili provinsi Jawa Barat pada tahun 1991. Kemudian banyak masyarakat yang ingin belajar Quran.

Hingga di tahun 1994 pesantren ini berdiri dengan dukungan dari banyak elemen masyarakat dengan lembaga pendidikan berbasis TPA. Seiring berjalannya waktu semakin banyak santri, sehingga dirintislah pesantren yang fokus pada pendidikan Al Quran.

Pesantren Al Quraniyah Tangerang Selatan

Pendidikan Formal di Pesantren Al Quraniyah

Adapun pendidikan formal yang tersedia di pesantren cukup banyak. Di antaranya adalah TK Al Quraniyah, kemudian ada SD Al Quraniyah. Keduanya berbasis sekolah Islam terpadu yang menggunakan sistem full day school.

Sedangkan pendidikan formal di pesantren Al Quraniyah Tangsel berikutnya adalah SMP Islam Terpadu dan SMA Islam Terpadu. Keduanya inilah yang berbasis pondok pesantren dengan pendidikan penuh selama 24 jam.

Akreditasi lembaga pendidikan di ponpes Al Quraniyah Tangsel adalah A. Artinya sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga pendidikan formalnya cukup baik dan bisa diandalkan.

Pendidikan di Ponpes Al Quraniyah

Adapun untuk pendidikan pesantren tersedia banyak aspek dalam Al Quran. Yang pertama adalah Qiratul Quran yang meliputi Tajwid, Tartiil, Nagom, dan ilmu khusus membaca Al Quran, Qiraat Sab’ah.

Kedua adalah tahfidz Quran yaitu menghafal Al Quran dengan target yang sudah ditentukan. Tidak jarang yang mencapai puluhan juz hanya dalam waktu beberapa tahun saja.

Masih ada lagi tentang Al Quran yaitu fahmil Quran, yaitu pemahaman tentang Al Quran, tidak semua pesantren Al Quran demikian. Bahkan sampai khattil Quran, atau kaligrafi Al Quran. Jadi semuanya Al Quran.

Meskipun demikian pendidikan membaca kitab kuning juga tetap diajarkan dengan baik. Sehingga kombinasi ini menjadikan pesantren Al Quraniyah Tangerang Selatan sebagai salah satu pesantren terbaik.

PanduanTerbaik.id

Prestasi Santri Ponpes Al Quraniyah

Untuk melihat bagusnya pendidikan Al Quran, maka sekilas kita lihat prestasinya. Di antaranya adalah juara MTQ Nasional XXVIII di kota Padang tahun 2020. Belum lagi juara 1 tilawah putra MTQ tingkat Nusa Tenggara Timur tahun 2019.

Bahkan pada tingkat anak-anak juga menjauarai harapan I tilawah anak-anak putri di kota Padang 2020. Menurut kami hal ini sudah cukup memperlihatkan kemampuan pendidikan Al Quran di pesantren modern Al Quraniyah Tangerang Selatan.

Pendaftaran di 2022-2023

Bagi yang ingin mendaftar di Pesantren Al Quraniyah Tangsel harus siap biaya Rp300.000, kemudian mengisi formulir. Tapi yang harus disiapkan adalah materi Tes, terutama bagi yang ingin masuk pesantren.

Yaitu ada tes tulis untuk materi PAI, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, juga Ilmu Pengetahuan Alam, serta Matematika. Juga ada tes lisan dan wawancara calon santri baru. Pendaftaran sudah dibuka sejak Oktober. Biasanya ditutup hingga Juni.

Biaya Masuk Al Quraniyah 2022-2023

Adapun biaya masuknya tergantung jenjang yang Anda pilih. Berikut biaya masuk TK Al Quraniyah Tangerang.

JenjangBiaya Masuk TotalSPP
KBRp4.155.000Rp385.000
TK ARp4.155.000Rp385.000
TK BRp4.655.000Rp385.000

Sedangkan untuk biaya masuk SD Al Quraniyah adalah sebagai berikut.

JenjangBiaya Masuk TotalSPP
SD PutraRp11.355.000Rp500.000
SD PutriRp11.505.000Rp500.000

Menurut kami biaya masuk SD Al Quraniyah Tangerang Selatan tergolong standar, bisa dibandingkan dengan SD lainnya di sekitar pada link ini. Kami sudah mengulasnya dari biaya dan keunggulan masing-masing.

Biaya Pesantren Al Quraniyah Tangerang

Adapun biaya masuk pesantren Al Quraniyah Tangerang Selatan lebih variatif lagi. Karena ada kelas internasional dengan penggunaan dwi bahasa.

JenjangBiaya Masuk TotalSPP
SMP PutraRp14.105.000Rp1.275.000
SMP PutriRp14.305.000Rp1.275.000
SMA PutraRp14.555.000Rp1.325.000
SMA PutriRp14.905.000Rp1.325.000
Internasional PutraRp14.855.000Rp1.625.000
Internasional PutriRp15.205.000Rp1.625.000

Menurut kami untuk biaya pesantren ini cukup lumayan. Jika ingin pilihan lain yang lebih terjangkau bisa di wilayah Tangerang, bisa kunjungi link kami di sini. Kami sudah sajikan informasi dengan biaya masuknya.

Alamat Lengkap

Alamat lengkapnya berada di Jalan Panti Asuhan Kampung Ceger No. 06 Jurangmangu Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Kami sertakan Google Maps di bawah ini agar mempermudah bagi Anda yang ingin mengunjunginya.

Bagi yang ingin mendaftar bisa langsung kunjungi website resminya. Atau ingin informasi lebih lengkap, update dan valid bisa kunjungi websitenya di sini. Untuk pertanyaan interaktif bisa hubungi nomor 021 7319421. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *