Pesantren Al Hikmah Purwoasri Kediri Pendidikan Bagus Biaya Oke

Posted by

Pesantren Al Hikmah Purwoasri Kediri merupakan lembaga pendidikan yang namanya masyhur di Kediri. Bagaimana tidak, ponpes ini adalah ponpes induk yang meliputi 7 ponpes cabang lainnya.

Oleh karena itu kami hanya akan berfokus pada Ponpes Al Hikmah Purwoasri Kediri ini. Beberapa yang kami ulas di antaranya adalah profil ponpes, unit pendidikan, program unggulan, dan juga biaya masuk.

Semua informasi kami rangkum berdasarkan brosur dan informasi yang tertera pada laman resmi facebook ponpes. Semoga bermanfaat.

Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri

Berdasarkan sejarah, Ponpes Al Hikmah tergolong pondok sepuh yang sudah merasakan garam kehidupan berdakwah lewat pendidikan. Didirikan pada tahun 1948 silam oleh sepasang suami istri, yakni K.H Badrus Sholeh Arif beserta Ny. Hj Azzah Badriyah.

Ponpes yang berada dibawah payung ormas nahdlatul ulama ini masih tetap menjaga dan melestarikan tradisi sorogan, bandongan, dan muhafadzhoh nadzhom hingga saat ini. Oleh karena itu Ponpes Al Hikmah disebut ponpes salafi.

pesantren al hikmah purwoasri

Pendidikan di Ponpes Al Hikmah Kediri

Hingga kini Ponpes Al Hikmah Purwoasri Kediri memiliki berbagai jenjang pendidikan yang beragam. Mulai dari play group, TK plus, TPQ, SD plus, madrasah tsanawiyah (MTs), madrasah aliyah (MA).

Untuk jenjang non formal tersedia madrasah diniyyah salafiyah, jam’iyah quro’ wal huffadz, majelis ta’lim. Kemudian jenjang paling atas adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh (STIBA).

Sedangkan kajian kitab kuning yang nantinya dipelajari oleh santri di antaranya Jawahirul Bukhori, Shohih Muslim, Ihya’ Ulumuddin, Alfiyah Ibnu Malik, dan masih banyak lagi.

Program Tahfidz Quran Intensif

Pondok Al Hikmah Purwoasri Kediri mempunyai program yang istimewa, yakni tahfidz intensif. Di mana para santri menghafal menggunakan metode Yanbu’a yang diadopsi dari Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Jawa Tengah. Ini metode cukup terkenal, kami pernah menulisnya di sini.

Selain menggunakan metode Yanbu’a, para santri setiap harinya tetap tartilan bersama (secara klasikal) setiap selesai sholat Isya, ditambah sorogan Al Qur’an baik bil nadzhor maupun bil qhoib, dan khataman al Qur’an di hari Jum’at.

Bahkan untuk memaksimalkan hafalan yang dimiliki, setiap santri nanti akan diuji setiap 1 juz dan 30 juz bil nadhor dan bil ghoib. Dan bagi yang lulus, maka akan ada tasyakuran wisuda khotmil qur’an di akhir.

Dari sini bisa dilihat bahwa Pesantren Al Hikmah Purwoasri Kediri mempunyai sistem tahfidz yang intensif juga ketat. Tentunya ini menjadi nilai tambah bagi santri sendiri, dalam ilmu agamanya dan sempurna hafalannya.

Kegiatan Ekstra Al Hikmah Kediri

Kegiatan santri tidak hanya berputar pada mengaji dan belajar saja, melainkan para santri Pesantren Al Hikmah Purwoasri tetap mempunyai waktu luang yang bisa digunakan untuk mengasah kemampuannya melalui kegiatan ekstra di ponpes.

Beberapa di antaranya sholawat al banjari, pelatihan muhadloroh (MC, menjadi bilal, qiro’atul qur’an, khitobah, dan tahlil), dibaiyyah – burdah, manaqib – istighotsah, barzanji, pembelajaran seni baca al qur’an (qiro’ah), juga pelatihan ubuddiyah.

Nah, jika kegiatan di atas bersifat umum (santri putra dan santriwati putri), terdapat pula eskul yang hanya dikhususkan untuk santriwati putri saja. Yaitu pembelajaran ilmu haid dan istihadoh, tata boga, menjahit, hingga menyulam. Wah lengkap, ya.

Fasilitas Pendukung

Untuk fasilitasnya tersedia masjid, asrama santri putra dan putri yang terpisah, perpustakaan, ruang kelas yang lengkap dengan lcd proyektor dan infocus avermedia, laboratorium komputer, bahasa, biologi, fisika.

Ada juga kopontren, klinik kesehatan, aula, sarana olahraga, area free wifi spot, hingga ruang tamu untuk wali santri yang datang berkunjung. Lebih lengkap bisa dilihat dari video yang kami sertakan.

Pendaftaran dan Persyaratan Santri Baru

Bagi calon santri yang tertarik mondok di ponpes ini maka ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Yang pertama mengisi formulir pendaftaran secara online di link ini.

Kedua, menyerahkan pas foto berwarna 3×4 sebanyak 3 lembar dengan ketentuan (santri putra memakai songkok dan santriwati putri memakai jilbab), FC KK 1 lembar, dan membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 70.000 ribu rupiah.

Jangan lupa setiap santri diwajibkan membawa baju putih dan songkok, alas tidur masing – masing (yang tidak berbahan spon) plus bantal, serta membawa perlengkapan belajar.

Biaya Masuk Al Hikmah Purwoasri

Sedangkan untuk biaya masuknya Bapak / Ibu hanya perlu merogoh kocek sekitar 1.7 juta saja. Dengan detail rincian sebagai berikut:

  • Biaya masuk (sudah termasuk seragam, almari, kartu tanda santri, kotak makan, buku pegangan santri, dan uang gedung): Rp. 1.075.000 ribu
  • Biaya bulanan (SPP syahriah): Rp. 300.000 ribu
  • Biaya daftar ulang kegiatan santri selama 1 tahun (plus kalender, iuran kesehatan dan kebersihan): Rp. 355.000 ribu

Menurut kami biaya tergolong terjangkau untuk ukuran ponpes kitab kuning di Indonesia, apalagi SPP perbulannya hanya tiga ratus ribu saja. Ini biaya yang kami dapatkan tahun 2021.

Jika ingin melihat pesantren lainnya di Kediri bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.  

Alamat Lengkap

Ponpes Al Hikmah beralamat lengkap di Jl. Raya No. 86 Purwoasri, Kediri. Jika Bapak / Ibu membutuhkan informasi lebih lanjut bisa hubungi bagian sekretariat pondok di nomor telepon +62 852 59841658 (pondok putra).

Atau di +62 822 3238 2930 (pondok putri). Bisa juga kunjungi laman facebook resmi pondok di PP Al Hikmah Purwoasri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *