Pesantren Al Ishlah Sawangan Tahfidz Quran Biaya Oke

Posted by

Pesantren Al Ishlah Sawangan menjadi salah satu pondok pesantren tahfidzul Qur’an terbaik di Kota Depok, Jawa Barat. Sampai saat ini, Al Ishlah menjadi ponpes dengan banyak peminat karena tersedia berbagai program pendidikan di dalamnya.

Oleh karena itu, kami tertarik untuk mengulas lebih banyak informasi dari Ponpes Al Ishlah Sawangan Depok ini. Kami rangkum melalui berbagai sumber terpercaya seperti brosur.

Pesantren Al Ishlah Sawangan Depok

Pesantren Al Ishlah Sawangan Depok menjadi yayasan tahfidzul qur’an yang menargetkan alumninya untuk bisa menghafalkan 30 juz bersanad. Di Indonesia tidak banyak pesantren demikian.

Setiap alumni Ponpes Al Ishlah diharapkan mampu memahami dan menguasai tahsin matan Al-Jazary. Serta mampu menghafal al-quran 30 juz dengan tahsin yang benar. Bisa dikatakan sebagai program Al Quran lengkap.

Pesantren Al Ishlah Sawangan Depok

Program dan Kurikulum Pendidikan

Saat ini, Pesantren Al Ishlah Sawangan Depok membuka beberapa program pendidikan mulai dari jenjang formal SMP dan SMA yang menginduk ke SMPN 10 dan SMAN 5.

Terdapat juga kajian tahsin yang terbuka untuk umum dan pengambilan sanad Al Fatihah dan sanad tahsin.

Kurikulum pesantren yang diterapkan dalam ponpes Al Ishlah Sawangan terdiri dari, tahsin tilawah praktek, tahsin matan al-jazary, materi tsaqofah islamiyah (meliputi aqidah, tafsir, adab, hadits, fikih, serta bahasa Arab).

Untuk materi pelajaran bimbel terdiri dari pembelajaran IPA, IPS, matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PKN. Sesuai dengan kurikulum nasional.

Kegiatan Ektrakulikuler Al Ishlah Sawangan

Berbagai kegiatan ekstra lainnya bisa dilakukan guna mengasah bakat setiap santri yang ada di pesantren Al Ishlah Sawangan Depok. Ada banyak macam kegiatan yang bisa dipilih seperti silat, halaqah tarbawiyah, renang, futsal, dan juga thifan.

Beberapa kegiatan lain juga kerap dilakukan seperti bimbel santri, tahajud berjamaah, lomba olahraga, kegiatan outbound dan permainan seru lainnya. Ada juga kajian siroh untuk para santri, dan berbagai aktivitas bermanfaat lain.

Kegiatan Harian

03:30-05:00Tahajud Dzikir dan Shalat Subuh
05:00-06:00Halaqah Quran
06:00-07:30MCK dan Sarapan
07:30-09:00Halaqah Quran
09:00-09:15Dhuha
09:30-10:30Halaqoh Quran
10:30-11:00Qoilullah
11:00-12:40Shalat Dhuhur dan Makan
12:40-13:30Halaqah Quran
13:30-15:00Istirahat
15:00-16:30Ashar, Quran, Ekstra
16:30-18:00MCK
18:00-19:00Magrib dan Makan
19:00-19:30Isya
19:30-20:30Halaqoh Quran
20:30-21:00Belajar bersama

Bisa dilihat bahwa kegiatan mayoritas didominasi oleh halaqoh Quran. Adapaun khusus hari Sabtu adalah bimbel pelajaran umum mulai dari 07:30-12:00.

Prestasi Santri

  • Juara 3 MTQ kota Depok cabang tahfidz 20 Juz tahun 2018
  • Juara 2 MHQ 5 juz tingkat SMA kota Depok 2019
  • Juara 1 MTQ kota Depok cabang tahfidz 30 Juz putri 2020

Fasilitas Pesantren

Seluruh kegiatan tentunya didukung dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai. Untuk fasilitas ponpes ini sendiri terdiri dari, asrama khusus santri putra dan putri, kelas belajar, masjid, sekretariat pesantren, laboratorium, unit kesehatan, serta lapangan olahraga. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran dan Persyaratan Santri Baru

Bagi calon santri yang berminat untuk mondok di Ponpes Al Ishlah Sawangan Depok bisa mengisi formulir pendaftaran di website resmi Al Ishlah. Kemudian melengkapi beberapa berkas pendukung lainnya seperti:

  • Fotokopi kartu keluarga sebanyak dua lembar
  • Fotokopi akta kelahiran 2 lembar
  • Fotocopi KTP orang tua,
  • Ijazah dan SKHUN 2 lembar
  • Fotokopi raport pendidikan terakhir
  • Surat keterangan sehat serta berkelakuan baik.

Kelengkapan berkas tersebut menjadi persyaratan wajib yang harus dibawa saat tes berlangsung.

Biaya Masuk Ponpes Al Ishlah

Adapun biaya formulir pendaftaran yang harus dibayarkan sebesar Rp75.000.

Setelah membayar biaya formulir pendaftaran, adapun biaya masuk yang harus dikeluarkan orang tua santri sekitar Rp4.700.000. Dengan rincian pembiayaan sebagai berikut:

  • Biaya masuk (meliputi, infaq pondok, kesehatan, lemari dan kasur, seragam.dan almamater ponpes) sebesar Rp2.750.000
  • Biaya semester (terdiri dari SPP, kegiatan per semester, bimbel+ekskul, dan field trip) dengan jumlah kurang lebih Rp1.875.000.

Pembayaran di atas menurut kami sudah terjangkau dengan banyaknya fasilitas yang didapatkan. Informasi biaya ini kami dapatkan untuk tahun 2022.

Jika ingin survey pesantren lain di Depok bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing sebagai bahan pertimbangan.

Beasiswa Santri Tahfidz Quran

Menariknya, Ponpes Al Ishlah Sawangan membuka program beasiswa full untuk anak yatim dan kaum dhuafa berprestasi. Bagi calon santri hafidz quran bersertifikat pun memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan gratis di ponpes ini.

Perlu diingat, syarat dan ketentuan berlaku ya. Jadi, bagi yang memiliki kualifikasi tersebut jangan sia-siakan kesempatan emas ini.

Alamat Lengkap

Jika anda tertarik untuk mendaftar langsung, datang saja ke Ponpes Al Ishlah Sawangan Depok yang beralamatkan di Kp Parigi RT 05 RW 07 Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *