Pesantren Al Munawwir Bogor | Tahfidz Quran Biaya Masuk Terjangkau

Posted by

Pesantren Al Munawwir Bogor merupakan lembaga pendidikan yang mengusung konsep tradisional dengan biaya masuk terjangkau di kota bogor. Namun fokusnya adalah pada aspek Al Quran.

Oleh karena itu kami akan mengulas Pondok Pesantren Al Qur’an Al Munawwir Bogor dengan cara merangkum brosur dan juga informasi lainnya yang tersebar di internet. Di antara yang kami bahas adalah profil ponpes, sistem pendidikan, hingga biaya masuk santri baru.

Pesantren Al Munawwir Bogor

Ponpes yang berlokasi di kota hujan ini didirikan oleh KH. Munawwar ZA di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Al Qur’an Al Munawwir. Secara garis besar ponpes ini masih murni pesantren salafiyah.

Baik kurikulum pendidikan, metode belajar, hingga kebiasaan santri putra / putri yang mengenakan sarung sebagai pakaian khas sehari – hari. Meski demikian, ponpes Al Munawwir Bogor ini juga menyediakan pendidikan umum bagi para santri. Tepatnya dua unit pendidikan (MTs dan MA).

Pesantren Al Munawwir Bogor

Pendidikan di Pesantren Al Munawwir Bogor

Seperti apa pendidikan salafiyah di Ponpes Al Munawwir? Yaitu mengedepankan metode seperti musyafahah, mujawwad, dan pembelajaran – pembelajaran lain dari kajian kitab kuning.

Dan demi meningkatkan pemahaman agama santri, pihak ponpes mengerucutkan materi pokok – pokok saja (ilmu tajwid, fiqih, tauhid, dan kajian hadist serta akhlak).

Selain itu, santri dibekali dengan beberapa kegiatan pengembangan diri yang sedikit banyak pastinya mampu membantu santri untuk menggali potensi yang ada pada dirinya. Antara lain mudzakaroh, muhadloroh (latihan berpidato), tahfidz al qur’an beserta tajwid hingga seni baca al qur’an (tartil).

Fakta Menarik Pesantren

Dikutip dari RadarBogor.id, ada yang berbeda dari Ponpes Al Munawwir dibandingkan ponpes lainnya di luar sana. Umumnya setiap pesantren memiliki masjidnya masing – masing, namun di ponpes ini justru tidak ditemukan masjid di bagian mana pun.

Hal ini ternyata dikarenakan pihak ponpes ingin para santri – santriwatinya tetap sholat berjamaah di masjid yang ada di sekitar ponpes. Secara tidak langsung, pihak Pesantren Al Munawwir Bogor juga ingin menerjunkan para santrinya untuk berdakwah lewat tindakan yang nyata di khalayak masyarakat.

Kegiatan Harian Ponpes Al Munawwir

Adapun untuk kegiatan harian santri, bisa Bapak / Ibu perhatikan dalam tabel berikut:

Jadwal kegiatan
Ba’da subuhMusyafahah / tahsin / murottal
Pagi (08.00 – 10.00)Pengajian kitab
Ba’da dzuhurMusyafahah / tahsin, muallam
Ba’da asharMujawwad
Ba’da magribPembacaan yasin / al waqiah
Ba’da isyaMujawwad / tahfidz

Dan di malam – malam tertentu (ahad, kamis, jum’at) biasanya dilaksanakan muhadloroh, mudzakaroh, rawi ataupun merhaba. Disesuaikan dengan kondisi.

Fasilitas di Pesantren Al Munawwir

Sebagaimana identitasnya sebagai ponpes salaf, fasilitas santri yang diberikan pihak ponpes bukanlah yang bertaraf pesantren mewah, sederhana tapi memadai.

Ada gedung asrama putra dan putri yang gedungnya sudah bertingkat, juga aula belajar. Dari segi keamanan juga bagus, karena gerbang ponpes hanya satu. Apalagi lokasi ponpes yang masih asri, hijau, dan sejuk. Bikin santri jadi betah mondok.

Rating di Google

Ponpes Al Munawwir memiliki rating yang lumayan di google, mendapatkan bintang 4.7 dari 66 ulasan. Dari salah satu akun pengguna dengan nama Rizky Maulana mengulas bahwa “Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Munawwir merupakan pesantren yg mempunyai basik untuk mengembangkan dan mempelajari ilmu Al-Qur’an”. Ini berarti cukup baik.

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Jika ingin mendaftar di ponpes Al Munawwir Bogor ini caranya cukup mudah. Yang perlu dipersiapkan adalah pas foto ukuran 3×4 (santri putra berpeci dan santriwati putri berjilbab) sebanyak 3 lembar, mengisi formulir pendaftaran di sekretariat ponpes, dan membayar biaya administratif sekitar Rp. 750.000 ribu.

Nah berdasarkan brosur resmi yang kami peroleh, biaya masuk ponpes sekitar 5.1 juta untuk santri Mts dan 5.4 juta untuk santri MA, sedangkan jika mondok saja (tanpa sekolah) maka biayanya 4 juta rupiah. (2021).

Berikut detil biaya masuk Ponpes Al Munawwir:

  • Pendaftaran: Rp. 750.000
  • Uang masuk: Rp. 2.500.000
  • Uang makan + listrik perbulan: Rp. 550.000
  • SPP sekolah perbulan: Rp. 50.000 (MTs) / Rp. 70.000 (MA)
  • Kitab santri: Rp. 200.000
  • Pendaftaran santri MTs: Rp. 1.100.000
  • Pendaftaran santri MA: Rp. 1.400.000

Jika dilihat dari biaya masuknya tergolong murah, bahkan kalau dihitung – hitung SPP syahriah / bulanannya (makan, listrik, uang sekolah) hanya 600 ribu saja. Relatif terjangkau untuk kota Bogor. Bisa disurvey dengan pesantren Bogor lainnya di sini.

Alamat Lengkap

Pondok pesantren al qur’an Al Munawwir berlokasi di Jl. Koramil KM. 01 RT 03 / RW 08 Sumurwangi, Kel. Kayumanis, Tanah Sereal, Kota Bogor.

Untuk informasi lebih lanjut, valid, dan detil bisa telepon ke nomor +62 857 7747 3824. Nanti akan dibantu pihak sana. Adapun link fanpage facebook pesantren bisa klik di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *