Pesantren Madinatunnajah Ciputat | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Madinatunnajah Ciputat meruapakan salah satu lembaga pendidikan yang cukup ternama di wilayah Tangerang, Jakarta dan sekitarnya. Apalagi memiliki sistem yang modern, sehingga banyak anak yang ingin mondok di sini.

Oleh sebab itu kami akan membuat rangkumang informasi tentang pesantren Madinatunnajah Ciputat yang berhasil kami dapatkan dari brosur, website resmi serta halaman facebook pondok pesantren. Semoga bisa menjadi panduan.

Pesantren Madinatunnajah Ciputat

Pesantren ini didirikan pada tahun 1997 oleh KH. Mahrus Amin, yaitu sosok yang juga mengasuh pesantren Darunnajah Jakarta. Pesantren ini dikenal cukup kental dengan nuansa pendidikan pesantren Gontor.

Disamping banyak alumni Gontor yang ikut serta di pesantren ini, juga ketika pendirian diresmikan oleh KH. Shoiman Lukmanul Hakim, pimpinan Gontor di masa itu. Oleh sebab itu bisa dikatakan sebagai pesantren alumni Gontor di Ciputat.

Pesantren Madinatunnajah Ciputat

Pendidikan di Pesantren Madinatunnajah

Pesantren Madinatunnajah Ciputat Jakarta memiliki beragam lembaga pendidikan. Di antaranya adalah jenjang TPQ yang fokus meletakkan dasar keislaman pada anak-anak. Seperti baca Quran, hafalan surat pendek, hafalan doa, dan lainnya.

Ada lagi jenjang pendikan formal, di antaranya adalah RA dan SD. Di jenjang ini hafalan Quran ditingkatkan, utamanya untuk SD, targetnya juz 30. Praktek sholat, bahkan sudah dikenalkan dengan bahasa arab dan inggris.

Jenjang berikutnya untuk pondok pesantren, yaitu setara MTs dan MA. Atau seperti SMP dan SMA. Namun demikian di pesantren ini disebut dengan TMI. Yaitu pendidikan formal dan diniyyah sudah disatukan dalam satu kurikulum yang diajarkan dalam kelas.

Satuan pendidikan ini sering digunakan di pesantren-pesantren modern, khususnya yang berkiblat ke Gontor, seperti KMI di Gontor. Selengkapnya di sini. Durasi waktu pendidikannya selama enam tahun di Pesantren Madinatunnajah Ciputat Jakarta.

Materi yang diajarkan tidak hanya fisika, kimia, biologi, IPA, matematika, tapi juga Tauhid, Tafsir, Hadist, Fiqih, Nahwu, Shorf, Akhlaq, dan beragam macam pendidikan Islam. Oleh sebab itu pesantren Madinatunnajah Ciputat Jakarta menghadirkan pendidikan yang lengkap.

PanduanTerbaik.id

Keunggulan Madinatunnajah Jombang

Menurut kami ada beberapa keunggulan pesantren Madinatunnajah Jombang Ciputat. Di antaranya adalah pembiasaan bahasa arab dan inggris sebagai bahasa komunikasi di pondok pesantren khas sistem modern.

Lulusan pendidikan Madinatunnajah bisa melanjutkan ke perguruan dalam dan luar negeri, seperti UIN, Al Azhar Kairo Mesir, UGM, IIU Islamabad, Universitas Indonesia, dan lain sebagainya. Jadi tidak perlu khawatir.

Ketiga, pesantren ini tidak berkiblat ke golongan tertentu. Fokus kepada pendidikan Islam untuk santri. Hal ini memiliki nilai tersendiri, terutama tidak banyak terganggu dengan hingar bingar politik yang semakin sering terdengar di Indonesia.

Fasilitas dan Ekstra di Madinatunnajah Tangsel

Ada beberapa fasilitas yang bisa dipertimbangkan. Untuk akademik ada Laboratorium Bahasa, Komputer, Laboratorium IPA, Perpustakaan. Yang non akademik ada fasilitas olah raga, laundry, kantin dan lainnya.

Lingkungan di pondok, meskipun di tengah kota, tapi terasa cukup asri. Penataanya cukup baik meski tidak mewah. Menurut kami cukup bagus. Lebih lengkap lihat video yang kami sertakan agar lebih terlihat secara visual.

Adapun kegiatan ekstra juga cukup lengkap, mulai dari hadroh, latihan pidato tiga bahasa, wisata religi, kajian kitab kuning, klub bahasa, marawis, nisaiyah, diba’an, puasa Senin Kamis. Menurut kami cukup lengkap dan membuat santri betah.

Biaya Masuk Madinatunnajah Ciputat

Bagi yang ingin mendaftar pesantren Madinatunnajah Tangerang Selatan, maka bisa mengisi formulir melalui daring, tidak perlu datang. Atau jika ingin datang langsung ke pesantren tidak masalah. Adapun biaya masuk Madinatunnajah Ciputat adalah sebagai berikut.

JenjangUang Masuk TotalSPP Bulanan
PAUDRp50.000Rp25.000
TPQRp255.000Rp25.000
RARp1.600.000Rp200.000
MIRp4.150.000Rp225.000
TMI (MTs-MA)Rp7.700.000Rp700.000
Tahun ajaran 2021-2022

Biaya di atas belum termasuk seragam dan buku. Namun demikian sudah termasuk dengan kasur, lemari, ranjang dan SPP bulan pertama. Sedangkan yang RA belum termasuk uang peralatan.

Menurut kami biaya masuk ini tergolong terjangkau untuk wilayah Jabodetabek. Bisa dibandingkan dengan pesantren wilayah Tangerang Selatan di link ini. Atau pesantren di Jakarta di link ini. Kami sudah sajikan infomasi biaya dan keunggulan masing-masing agar menjadi pertimbangan.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pondok pesantren modern ini berada di Jl. Sumatera, Jombang, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Kami sudah sertakan Google Maps agar lebih memudahkan jika ingin datang.

Untuk informasi lebih valid, update, bisa kunjungi website resminya di sini. Atau hubungi 0821 8957 3668. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadikan Anda lebih semangat untuk masuk pondok pesantren terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *