Pesantren Bismillah Serang | Keunggulan dan Biaya Masuk Pas

Posted by

Pesantren Bismillah Serang merupakan lembaga pendidikan agama berbasis asrama yang sudah dikenal banyak masyarakat. Oleh karena itu jumlah santrinya ratusan.

Berikut ini kami kami rangkumkan serba – serbi informasi mengenai Pondok Pesantren Terpadu Bismillah. Yang akan kami bahas antara lain profil, pendidikan, fasilitas, biaya masuk, hingga alamat lengkap.

Semua informasi kami sadur berdasarkan brosur dan website resmi pesantren. Selamat membaca.

Pesantren Terpadu Bismillah Serang

Pada awal mulanya Pondok Pesantren Terpadu Bismillah merupakan pengembangan dari Pondok Pesantren Riyadhus Sholihin Al Halimi yang berdiri sejak tahun 1929 oleh Syeikh KH. Halimi bin Sholeh.

Pesantren Bismillah Serang

Dari pengembangan pesantren itulah sang cucu, yakni KH. Amin Shobrie bin KH. Ta’rif mulai merintis dan mendirikan Pesantren Bismillah pada tahun 2004 yang peletakan batunya pada waktu itu oleh ibu wakil gubernur Banten, Hj. Ratu Atut Chosiah.

Jika dahulu identitas Pesantren Bismillah adalah murni salaf, kini atas perkembangan zaman dan tuntutan era digital Pesantren Bismillah mulai melebarkan sayapnya menjadi lembaga pendidikan yang lebih modern dan unggul di bidang teknologi.

Pendidikan di Pesantren Bismillah Serang

Adapun unit pendidikan yang ada di pesantren Bismillah Serang beragam dan cukup lengkap, TK, SMPT, MTs, SMK, serta MA. Dengan menginduk pada kurikulum pesantren dan nasional.

Uniknya, setiap unit mempunyai program unggulan tersendiri. Misalnya untuk santri TK programnya adalah pendidikan 9 sentra yang terintegrasi dengan nilai – nilai kehidupan beragama.

Kemudian untuk santri MTs / SMP Terpadu, programnya adalah kelas excellent dan hafal 3 juz al qur’an (juz 30, juz 1 dan 2), sedangkan program unggulan santri MA adalah bakti karya wisata.

Program sekolah yang bekerja sama dengan berbagai lembaga dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian di berbagai lini kehidupan, seperti sosial lingkungan dan pendidikan keagamaan.

Selain itu ada juga program penyusunan karya tulis ilmiah, program bahasa arab dan inggris, dan yang paling utama adalah program job recuritment (santri siap diterjunkan ke beberapa perusahaan).

Kegiatan Harian

JamKegiatan
03.30 – 05.00Tahajjud, wirid bersama, sholat subuh, dan tadarus al qur’an
05.00 – 06.30Ilqo’ mufrodat, hafalan qur’an
06.30 – 07.15MCK dan persiapan sekolah
07.15 – 13.30Kegiatan belajar mengajar (KBM) formal
13.30 – 15.30Makan siang, pengajian kitab kuning
15.30 – 17.30Sholat asar, ekstrakulikuler, persiapan sholat magrib
17.30 – 18.30Tadarus al qur’an, sholat magrib dan wirid
18.30 – 19.25Pengajian al qur’an, sholat isya
19.25 – 20.00Makan malam
20.00 – 22.00Pengajian kitab kuning, ilqo’ mufrodat
22.00 – 03.30Istirahat malam

Ekstrakulikuler

Hal lain yang bisa dipertimbangkan dari pesantren Bismillah Serang adalah kegiatan ekstrakulikulernya yang bermacam – macam. Salah satu yang menjadi favorit adalah robotic programmer dan software engineering.

Selain itu ada juga eskul marching band, pramuka, PMR, paskibra, teater, qosidah, retorika dakwah, marawis, jurnalistik, broadcasting, perkusi, paduan suara, band, basket, dan eskul olahraga lainnya.

Fasilitas Pesantren

Beberapa fasilitas pesantren berupa gedung belajar 2 lantai, asrama santri 3 lantai, lab. komputer, lab. IPA / SAINS, lab. PAI, lab. seni, lab. multimedia, studio band, perpustakaan, klinik kesehatan, juga sarana olahraga dan tempat ibadah yang representatif.

Poin plusnya lagi, lokasi pesantren Bismillah Serang yang strategis, nyaman dan rekreatif. Tidak jauh dari pemandian cirahab curug goong, taman bunga, kampung wisata ciomas, situ cibulakan, dan masih banyak lagi.

Lebih lengkap tentang fasilitas Ponpes Bismillah Serang bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran Santri Baru Ponpes Bismillah

Bagi santri yang ingin mondok di pesantren Bismillah Serang bisa mengisi formulir pendaftaran di website atau datang langsung ke kantor sekretariat. Pendaftaran dibuka mulai dari bulan maret sampai juli, biaya administrasinya Rp. 200.000 ribu.

Selanjutnya melengkapi berkas sebagai berikut:

  • Pas foto ukuran 3×4 background merah sebanyak 6 lembar
  • FC ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir 3 lembar
  • FC KK dan akta kelahiran masing – masing 3 lembar.

Sedangkan untuk materi yang diujikan antara lain bacaan al qur’an, imla (dikte bahasa arab), dirosah islamiyah, pengetahuan umum, bahasa arab dan inggris (khusus SMA), dan wawancara. Cukup banyak, jadi harus dipersiapkan secara matang.

Biaya Masuk Pesantren 2022 – 2023

Adapun rincian biaya masuk santri baru Pondok Pesantren Terpadu Bismillah serangsebagai berikut:

Unit PendidikanBiaya MasukSPP
SMP / MtsRp. 4.500.000Rp. 450.000
SMK / MARp. 4.900.000Rp. 500.000

Biaya ini sudah mencakup uang pendidikan, sumbangan gedung, hingga kebutuhan dan perlengkapan santri seperti seragam, kitab kuning, lemari dan kasur, hingga biaya kegiatan kesantrian.

Jika dipertimbangkan, biaya di atas termasuk murah untuk pesantren daerah Banten. Bisa dibandingkan dengan pondok pesantren lainnya yang sudah pernah kami review di wilayah Serang melalui link ini.

Alamat dan Kontak

Ingin melihat pesantren lebih jelas bisa datang langsung ke Jl. Raya Palka KM. 22, Barubug, Padarincang, Serang – Banten. Atau ikuti Google Maps yang kami sertakan.

Informasi lebih lanjut, valid, dan update bisa telepon ke nomor +62 819 1481 9143 / +62 852 1795 3108. Website resmi Pondok Pesantren Terpadu Bismillah Serang klik di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *