Pesantren Al Kholidin Jakarta | Pendidikan Lengkap Biaya Murah

Posted by

Pesantren Al Kholidin Jakarta Selatan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berusia lebih dari 30 tahun, lho. Santrinya sudah cukup banyak yang berkiprah baik di dalam atau di luar negri. Cukup legendaris.

Dengan demikian kami tertarik untuk mengulik mengenai ponpes ini, beberapa yang akan kami bahas di antaranya profil ponpes, kurikulum pendidikan, hingga biaya masuk santri baru. Semua informasi kami rangkum berdasarkan brosur resmi dan juga jurnal yang tersebar di internet.

Pesantren Al Kholidin Jakarta

Ponpes Al Kholidin dibangun oleh sepasang suami istri, almarhum KH. Abdul Hamid Abdul Halim beserta Hj. Zakiyah Zaini di bawah Yayasan Pendidikan Al Kholidin pada tanggal 11 oktober 1988.

Santri dan santriwati Ponpes Al Kholidin tidak hanya menuntun ilmu umum saja tetapi juga disempurnakan dengan belajar di madrasah diniyah setelah pulang sekolah. Jadi komplit

Pesantren Al Kholidin Jakarta

Selain pendidikan diniyah (kajian kitab kuning), Pesantren Al Kholidin Jakarta juga memiliki kegiatan rutin haul, tahlil, hingga pembacaan hizib. Oleh karena itu ponpes ini termasuk ponpes salafiyah.

Pendidikan di Pesantren Al Kholidin Kebayoran Baru

Pendidikan di Pesantren Al Kholidin Jakarta terdiri dari dua unit pendidikan, SMP dan SMA. Untuk SMP memiliki nilai akreditasi B, sedangkan yang SMA memiliki nilai akreditasi A. Cukup baik, sudah sesusai standar nasional.

Adapun kurikulumnya mengacu pada kurikulum pendidikan khas ponpes, kurikulum pendidikan umum, dan disempurnakan dengan kurikulum pendidikan depdiknas dengan masa studi 6 tahun.

Selain itu para santri juga dibekali dengan pelajaran / bimbingan tambahan, seperti pengajian kitab kuning, pembinaan bahasa arab dan inggris, latihan muhadhloroh (pidato), bimbingan membaca dan menghafal al qur’an beserta hadist, dan bahkan bagi santri yang tertinggal pelajaran di kelas bisa mengikuti bimbel mata pelajaran sekolah juga.

Keterpaduan kurikulum dan bimbingan tambahan tentunya memberikan pengalaman belajar yang lebih terpadu dan terstruktur bagi para santri. Ini menjadi highlight pendidikan di Pesantren Al Kholidin Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Tradisi Unik di Al Kholidin Jakarta Selatan

Ponpes Al Kholidin Jakarta Selatan mempunyai tradisi yang unik, tradisi tersebut adalah pembiasaan pengobatan melalui surah Al Hasyr. Pengaplikasiannya yakni, santri memegang kepalanya pada saat membaca surah al hasyr tepat di ayat 21 sampai akhir surah.

Dan terlebih dahulu diawali dengan mengucapkan kalimat syahadat, istighfar, shalawat, dan bertawasul kepada Nabi dan para pengikutnya. Bukan sekedar tradisi, pengamalan surah al hasyr secara rutin dilaksanakan setiap kali santri murajaah hafalan ataupun ketika ada haul di ponpes.

Pengamalan ini juga memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya yakni sebagai media pengobatan tubuh yang sakit, membantu melancarkan hafalan santri, hingga menjadi amalan mendapatkan berkah dari pembacaan surah itu sendiri. Unik, ya.

Fasilitas Ponpes Al Kholidin Melawai

Menurut kami fasilitas yang tersedia di Pesantren Al Kholidin Jakarta sudah cukup baik, tidak “wah” seperti ponpes mewah lainnya tetapi memadai untuk para santri. Ada 12 lokal ruang belajar, 14 lokal ruang asrama, perpustakaan, laboratorium komputer, kantor / sekretariat ponpes, hingga tempat tinggal pimpinan dan guru.

Meski demikian, Ponpes Al Kholidin juga memiliki masjid dengan yang bentuknya ikonik. Yaitu Masjid Syarif Hidayatullah yang berdiri kokoh dengan kubah besar dengan aksen yang memikat mata. Selengkapnya bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran Pondok Pesantren

Jika tertarik untuk mendaftar di ponpes Al Kholidin Melawai Jakarta Selatan ini, calon santri bisa datang langsung ke sekretariat panitia ponpes setiap jam kantor. Untuk formulir pendaftaran dikenakan biaya Rp. 100.000 ribu rupiah.

Nantinya para santri akan terlebih dahulu diseleksi masuk dengan materi baca tulis al qur’an, imla’ (dikte bahasa arab), matematika, bahasa indonesia, dan pengetahuan dasar nahwu / shorof (khusus SMA).

Jangan lupa untuk melengkapi berkas pendaftaran dengan rincian sebagai berikut:

  • FC ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir
  • FC KK,
  • FC akta kelahiran,
  • FC rapor terakhir dan identitas santri
  • FC rekening listrik dan KTP orang tua,
  • serta mengisi surat pernyataan yang dibubuhi materai Rp. 6.000 ribu.

Biaya Masuk Al Kholidin Jaksel

Berapa biaya masuk santri baru di Ponpes Al Kholidin? Berdasarkan brosur resmi yang kami peroleh, untuk santri SMP dan diniyah biayanya sekitar 3.2 juta, dan santri SMA dan diniyah 3.2 juta rupiah dengan SPP bulanan sekitar Rp. 550.000 ribu.

Biaya tersebut sudah termasuk biaya asrama, POSU, biaya semester, iuran bangunan ponpes, juga SPP sekolah dan makan 3x sehari selama sebulan. Ini di tahun 2021. Kemungkinan 2022-2023 ada kenaikan meski tidak besar.

Menurut kami biaya ini tergolong murah untuk ponpes sekitar Jakarta. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Jakarta di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Pondok Pesantren Al Kholidin beralamat lengkap di Kompleks Masjid Syarif Hidayatullah, Jl. Iskandrsyah Raya / Wijaya I Blok O, Melawai, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan. Lokasi ini mudah ditemukan karena dekat dengan kantor walikota Jakarta.

Informasi lebih lanjut dan detil bisa telepon ke nomor (021) 7234 378 / +62 813 1064 0354 (Ustadz Halim) atau kunjungi akun instagram resmi pesantren di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *