Nurussunnah Semarang | Biaya Masuk Tahfidz Quran 15 Juz

Posted by

Nurussunnah Semarang merupakan sekolah ternama yang lebih dikenal program tahfidz Quran sejak dini, atau juga orang sering mencari tahfidz balita Semarang. Program-programnya cukup menarik.

Oleh sebab itu kami ingin mengulas Nurussunnah Semarang berdasarkan website resmi, dan brosurnya. Kelebihan, program, pendaftaran, hingga biaya masuk kami sampaikan lebih ringkas agar mudah dipahami oleh pencari informasi.

Profil Pendidikan Nurussunnah Semarang

Dari namanya, Nurussunnah, ini merupakan sekolah dengan pendidikan berdasarkan Al Quran dan As Sunnah. Model seperti ini juga umum menjadi identitas di pesantren-pesantren terbaik di Indonesia. 

Sehingga pendidikan keislaman di Nurussunah Semarang cukup kental sekali, meskipun pada hakikatnya untuk beberapa jenjang pendidikan bukan bersistem pesantren, masih sekolah formal. Sehingga di Semarang sekolah unggulan ini menarik perhatian. 

nurussunnah semarang

Jenjang pendidikannya dimulai dari Kelompok Bermain (KB), dilanjutkan TK, ada satu program bagus yaitu Tahfidz Anak Usia Dini (TAUD), jenjang selanjutnya SD, kemudian Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Aliyah. 

Ada satu lagi program boarding school, di mana pendidikan berbasis asrama. Kalau di Semarang yang mengadakan pendidikan berbasis Boarding di antaranya adalah Muhammadiyah Boarding Ungaran yang pernah kami tulis di sini. 

Kami akan mengulas satu persatu kelebihan jenjang pendidikan di Nurussunnah Semarang termasuk biaya pendidikan, dan biaya pendaftaran. 

Pendaftaran KB TK Nurussunnah 

Untuk jenjang kelompok bermain, kami melihat seperti umumnya kelompok bermain dan TK di sekolah unggulan Islam. Hanya memang di sekolah ini pendidikan Al Quran sudah dimulai sejak dini.

Keunggulannya menggunakan sistem sentra di mana ada sentra balok, sentra bahan alam, sentra bermain peran, sentra matematika dan lain sebagainya. Dalam aspek ini siswa menjadi senang berada di sekolah. Syarat pendaftarannya usia 3-6 tahun. 

Biaya Masuk KB TK Nurussunnah

Adapun biaya masuk dari brosur yang kami dapatkan untuk kelompok bermain sebesar 3.650.000-6.650.000 adapun SPP setiap bulannya sebesar 300.000-500.000. Masih standard jika dibandingkan dengan sekolah sejenis.

Sedangkan biaya masuk TK Nurussunnah 3.650.000-6.650.000, adapun untuk SPP setiap bulan sebesar 300.000-500.000, sama. Cukup lumayan. Namun belajar di sini menjadi cukup menyenangkan sehingga banyak orang tua memasukkan anak di TK Nurussunah. 

Tahfidz Balita Semarang

Menurut kami yang cukup menarik dari Nurussunnah Semarang adalah program tahfidz balita. Untuk jenjang PAUD-TK, tidak banyak tahfidz balita Semarang. Sangat sedikit sekali. Nurussunnah menerapkannya.

Namanya TAUD SaQu, atau singkatan dari Tahfidz Anak Usia Dini Sahabat Quran. Program pendidikannya dari usia 3 sampai 6 tahun. Seperti PAUD dan TK reguler, namun tahfidz Quran menjadi dominan. 

Biaya PAUD Nurussunnah 

Nah untuk  outputnya cukup berani. Untuk PAUD khusus tahfidz Quran bisa menghafal juz 30. Caranya menggunakan metode khusus At Tibyan yang berasal dari Mesir. Sehingga mampu mencapai demikian.

Untuk TK A, mampu menghafal juz 29, sedangkan untuk TK B mampu menghafal juz 28. Dengan kata lain untuk jenjang usia dini, siswa sudah berhasil menghafal 3 juz. Wah cukup banyak ya. Padahal biasanya untuk SD saja hanya 2 juz. Bisa diperiksa di sini.

Biaya Masuk TAUD Al Quran Nurussunnah

Memang untuk biaya masuk TAUD Nurussunnah menjadi lumayan banyak, untuk Kelompok Bermain dan TK biayanya 5.650.000-8.650.000 dengan SPP bulanan sebesar 550.000-750.000. Jumlah ini menurut kami sepadan.

Biaya Masuk SD Nurussunnah 

Nah SD Nurussunnah juga terbagi menjadi dua. Ada yang reguler, ya pendidikan SD Islam Terpadu yang merujuk kepada Diknas dan kurikulum Islam. Untuk yang ini biaya masuknya sebesar 9.7 juta. Sedangkan untuk SPP setiap bulan sebesar 450.000-550.000.

Sedangkan untuk yang tahfidz Quran memiliki kelebihan hafalan Quran hingga 12 juz. Jadi kalau diteruskan dari PAUD sampai dengan SD, total hafalannya berjumlah 15 juz. Banyak sekali. 

Biaya masuknya sebesar 9.700.000. Sedangkan untuk SPP bulanan lebih mahal sedikit, 550.000-750.000. Menurut kami masih standard dibanding SD Islam di Semarang lainnya, bisa diperiksa di sini. 

Biaya SMP Nurussunnah Semarang

SMP Nurussunnah memiliki program cukup bagus. Karena bisa dipilih antara masuk pondok pesantren, boarding, sistem asrama atau yang reguler tanpa mondok. Kalau yang masuk pondok biaya masuknya 11.600.000.

Sedangkan untuk SPP setiap bulan sebesar 1.050.000-1.150.000. Jika dibandingkan dengan Al Irsyad Tengaran masih lebih murah. Bisa diperiksa di sini. 

Sedangkan untuk SMP yang reguler hanya 10.100.000, adapun untuk biaya SPP setiap bulannya 500-600 ribuan. Masih terjangkau menurut kami. 

Pendaftaran MA Nurussunnah Semarang

Nah untuk yang Madrasah Aliyah di Nurussunnah, sudah tertulis boarding school. Sehingga santri berasrama. Kelebihannya ada dua. Pertama jurusannya adalah IPA, yang kedua ada pendidikan bahasa arab.

Tentu tahfidz Quran masih menjadi identitas wajib. Biaya masuk MA Nurussunnah Semarang sebesar 11.600.000, sedangkan untuk SPP bulanannya sebesar 1.050.000-1.150.000. Sepadan dengan pendidikan yang diberikan. 

Inilah beberapa informasi penting yang bisa kami rangkum dari website resmi dan brosur yang beredar. Jika ada perbedaan mohon cantumkan di kolom komentar. Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Google Maps ke Nurussunnah

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *