pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Bin Baz Yogyakarta | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Bin Baz Yogyakarta merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup terkenal. Santrinya cukup banyak bahkan berasal dari beragam daerah di Indonesia. Kegiatannya juga cukup variatif sehingga menarik minat masyarakat.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi tentang ponpes Bin Baz Yogyakarta yang bersumber dari website resmi. Di antara yang akan kami ulas adalah pendidikan di dalamnya, fasilitas, hingga biaya masuk.

Pesantren Bin Baz Yogyakarta

Pesantren Bin Baz Yogyakarta merupakan pesantren bermanhaj salaf, di mana bersumber dari sunnah, dan Al Quran. Oleh sebab itu dalam website kami masuk dalam kategori pesantren sunnah yang kini tumbuh di banyak daerah.

Di antara identitasnya adalah bagaimana sunnah nabi tidak hanya menjadi program pembelajaran, tapi juga menjadi program kegiatan keseharian, mulai dari berpakaian, hingga ragam cabang olah raga yang mengikuti sunnah rasul.

pesantren bin baz yogyakarta

Pendidikan di Pesantren Bin Baz Yogyakarta

Pendidikan di Ponpes Bin Baz Yogyakarta terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah Salafiyah Wustha, yang kedua adalah Madrasah Aliyah dan Salafiyah Ulya.

Salafiyah Wustha adalah jenjang setara dengan SMP atau MTs. Kurikulumnya meliputi ilmu syar’I dan juga formal yang meliputi Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, PKn, serta Bahasa Indonesia. Bahkan sudah terakreditasi A.

DiniyyahAqidah, Akhlaq, Fiqh, Tafsir, Quran, Hadist, Manhaj, dan Siroh
BahasaMuhadatsah, Nahwu, Shorf, Tathbiq Qiroah, Kitabah Imla

Adapun untuk tahfidz Quran memiliki target hingga 15 juz atau setengah Al Quran. Waktu menghafalnya adalah fajar, dhuha, ashar hingga magrib.

Program Madrasah Aliyah

Di jenjang ini setara dengan tingkat SMA. Namun durasi pendidikan yang harus dilewati adalah empat tahun. Tiga tahun untuk pendidikan dan satu tahun untuk pengabdian, atau khidmat.

Untuk madrasah aliyah memiliki dua jurusan. Pertama adalah keagamaan yang menekankan pada diniyyah dan bahasa arab disertai ilmu umum. Artinya ilmu diniyah sedikit lebih dominan.

Ada satu lagi jurusan MIPA di mana yang lebih ditekankan adalah pelajaran eksakta seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Tapi tetap tidak melupakan ilmu diniyyah dan bahasa arab.

Salafiyah Ulya Pesantren Bin Baz

Adapun untuk program Salafiyah Ulya di Pesantren Bin Baz Yogyakarta tersedia dua jurusan. Yang pertama adalah Tahfidzul Quran dengan target sampai 30 juz mutqin dan mendapatkan sanad qiroat dari syaikh.

Jurusan kedua adalah Mulazamah, yaitu konsentrasi pada kitab-kitab ilmiyah para ulama salaf yang langsung dari syaikh pemilik sanad mutun.

Fasilitas Pesantren

Adapun untuk fasilitasnya cuku representatif. Mulai dari asrama nyaman, laboratorium komputer, bahasa, dan IPA. Ada juga perpustakaan dengan kitab lengkap. Lapangan olah raga, dan masih banyak lagi. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Ekstrakurikuler

PutraPutri
PidatoEnglish Club
PuisiTata busana, tata boga
Office dan GrafisPanahan, Senam
Kaligrafi dan TypografiKomputer
Panahan, Berenang, FutsalAgrobisnis
Basket, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Tapaksuci, boxingHandycraft, Merajut
Skate board, parkourKaligrafi, Typografi
Aquascape dan double stickBulu tangkis

Pendaftaran Santri Baru

Ada beberapa formulir yang harus diisi atau diupload. Di antaranya adalah data diri santri, ayah kandung, ibu kandung, wali santri apabila biaya ditanggung oleh wali, juga data lain di bawah ini,

  • NISN
  • NPSN
  • Scan Akte
  • Scan KK
  • Scan surat pernyataan wali santri

 Untuk foto disiapkan berwana. Jika laki-laki menampakkan wajah setengah dada tanpa tutup kepala dengan background merah. Putri menampakkan wajah sampai setengah dada, memakai jilbab putih, background merah.

Biaya Pesantren Bin Baz 2022-2023

PendaftaranRp303.000
Uang PangkalRp15.000.000
SPP BulananRp1.400.000

Biaya di atas adalah gelombang dua yang dimulai dari Februari hingga akhir Juni. Menurut kami biaya ini tergolong menengah. Bisa disurvey dengan pesantren lain di Yogyakarta melalui link berikut ini. Sudah kami sajikan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pesantren berada di Jl. Wonosari KM. 10, Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Karang Gayam, Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di https://binbaz.or.id/. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu calon wali murid mencari lembaga pendidikan terbaik di Yogyakarta.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *