Ponpes As Sunnah Cirebon | Biaya Masuk dan Fasilitas

Posted by

Ponpes As Sunnah Cirebon adalah pondok pesantren yang mulai banyak diminati masyarakat. Padahal jauh lebih muda daripada pesantren-pesantren di Cirebon yang dikenal memang sudah cukup tua berusia lebih dari lima puluhan tahun. Oleh sebab itu kami tertarik mengulasnya.

Kami akan merangkum informasi dari beragam sumber, terutama dari website resmi Pesantren As Sunnah Cirebon agar menjadi informasi penting bagi pencari lembaga pendidikan berbasis pesantren di Cirebon. Di antara yang kami bahas adalah profil, pendidikan pesantren, dan biaya masuk, PPDB.

Profil Ponpes As Sunnah Cirebon

Ponpes As Sunnah Cirebon berada di bawah naungan Yayasan As Sunnah Cirebon yang berdiri pada tahun 1993. Kegiatan utamanya adalah dakwah, pendidikan, dan sosial. Sehingga kegiatannya cukup dinamis sekali.

Namun demikian lembaga pendidikan yang pertama kali didirikan adalah TK di tahun 1995, kemudian terus berkembang ke SD, sedangkan untuk jenjang MTs di tahun 2004, selanjutnya MA di tahun 2009.

ponpes as sunnah cirebon

Sedangkan yang akan kami bahas dalam ulasan kali ini lebih ke jenjang yang memiliki asrama, atau Islamic Boarding School, yaitu MTs dan MA. Ada juga jenjang I’dad lughowi yaitu tahap persiapan pemantapan bahasa. Pondok ini menyediakan untuk putra dan putri.

Pendidikan di Pesantren As Sunnah

Pesantren ini memiliki identitas berdasarkan Al Quran dan Sunnah, menurut pemahaman salaf sholih. Di misinya tertulis salah satu caranya adalah melalui tashfiyah, yaitu pemurnian ajaran islam. Oleh sebab itu dalam kategori kami disebut pesantren Sunnah.

Ciri-ciri pesantren As Sunnah adalah pendidikannya mengikuti kurikulum tingkat satuan pendidikan. Di mana yang dipelajari untuk pendidikan umum hanya yang penting-penting saja. Seperti sains, Matematika, Komputer, dan lain sebagainya.

Adapun muatan lokal dari khas pesantren jauh lebih kental. Seperti Al Quran, Hadist, Tafsir, Akhlaq, Ushul Fiqh, Siroh, serta beragam pendidikan untuk mempelajari agama Islam. Atau sering disebut dengan pendidikan diniyyah.

Di ponpes As Sunnah Cirebon santri akan dididik bahasa arab secara baik. Bahkan untuk masuk Aliyah (SMA) dibutuhkan persiapan satu tahun khusus untuk bahasa arab yang disebut dengan I’dad Lughowi. Barulah kalau lulus masuk ke jenjang MTs (Aliyah).

Tahfidz Quran di Pondok Pesantren

Ada satu identitas lain di Ponpes As Sunnah Cirebon, yaitu adanya program tahfidz Quran. Masing-masing jenjang memiliki target khusus. Untuk tingkat Madrasah Aliyah memiliki target 12 juz.

Sedangkan untuk yang Madrasah Tsanawiyah memiliki target hafalan 5 juz. Menurut kami jumlah ini sudah cukup bagus untuk santri pondok pesantren. Di sinilah banyak masyarakat yang menyukai ponpes As Sunnah Cirebon.

Akreditasi As Sunnah Cirebon

Sebagai gambaran kualitas pendidikan di Ponpes As Sunnah Cirebon, maka lebih mudah dengan melihat nilai akreditasi. Untuk jenjang MTs memiliki nilai akreditasi A. Sedangkan untuk Aliyah juga memiliki Akreditasi yang sama. Artinya sesuai dengan standard nasional.

Fasilitas Pesantren

Fasilitas Pesantren As Sunnah cukup baik. Dari aspek tempat olah raga cukup lengkap, lapangan sepak bola, lapangan basket. Ada juga laundry. Menurut kami sudah cukup, apalagi tersedia klinik.

Namun tidak mewah seperti boarding school yang sedang populer. Untuk kamar memiliki fasilitas ranjang tingkat, kipas angin, dispenser, serta almari. Standard pesantren. Menurut kami hal ini sudah sangat cukup membuat santri betah.

Makannya tiga kali sehari. Santri juga diizinkan pulang setiap bulan. Kalau ingin jenguk bisa setiap minggu. Orang tua bisa mengobati kangen. Kemudian siswa bisa diizinkan jalan bersama keluarga setiap bulan. Nikmat lah.

Pendaftaran As Sunnah 2021

PPDB As Sunnah 2021 memiliki beberapa opsi. Namun yang jelas terbatas. Seperti MTs yang hanya tersedia lima rombel. Aliyah hanya tersedia tiga rombel. Nah masih-masing harus mengikuti tes.

Uniknya tersedia one day service. Maksudnya datang bisa langsung tes dan dinyatakan lulus atau tidak esok harinya. Pendaftaran akan ditutup ketika kuota yang tersedia sudah terpenuhi. Tidak dibatasi waktu.

Biaya Masuk Ponpes As Sunnah

Untuk biaya masuknya kami sajikan menggunakan tabel agar lebih enak dibaca.

PPDB MTsRp16.510.000
SPP Bulanan MTsRp1.300.000
PPDB MARp18.005.000
SPP Bulanan MARp1.300.000
PPDB I’dad LughowiRp17.525.000
SPP Bulanan LughowiRp1.300.000

 Jika dilihat biaya masuk pondok pesantren As Sunnah Cirebon rata-rata di angka 17 jutaan. Menurut kami untuk wilayah Cirebon tergolong lumayan. Bisa dibandingkan dengan pesantren terbaik di Cirebon lainnya versi kami di link ini. Kami sudah sajikan dengan informasi biaya dan keunggulan. Anda bisa leluasa memilih.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pondok pesantren berada di Jl. Kalitanjung No.52B, Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tidak terlalu susah. Atau bisa ikuti link Google Maps yang sudah kami sediakan di bawah.

Jika ingin info lebih valid dan lebih lengkap, bisa kunjungi website resminya di sini. Sedangkan untuk pertanyaan langsung bisa menghubungi nomor (0231) 487165. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin masuk ponpes As Sunnah Cirebon.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *