Pesantren Jamilurrahman Yogyakarta | Beasiswa dan Biaya

Posted by

Pesantren Jamilurrahman Yogyakarta merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup dikenal di Bantul. Program-programnya cukup variatif, bahkan ada beasiswa. Terutama dalam tahfidz Quran.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi agar memberikan gambaran pesantren Jamilurrahman Jogja ini. Sumber kami adalah website pesantren, juga akun Instagram dan youtube. Di antara yang akan kami ulas adalah pendidikan dan biaya masuk.

Pesantren Jamilurrahman Yogyakarta

Pesantren Jamilurrahman Yogyakarta merupakan pondok pesantren yang dibangun pada tahun 1995 berada di bawah naungan Yayasan Majelis At Turots Al Islamy. Artinya usianya sudah cukup matang sebagai penyelenggara pendidikan.

Adapun warna dari Pesantren Jamilurrahman Yogyakarta adalah salafy, maka sering disebut juga dengan pesantren salafy di Yogyakarta. Kalau di website kami masuk dalam kategori pesantren sunnah, karena biasanya dalam visi misi tertuang bermanhaj salaf, berbasis sunnah dan Al Quran.

pesantren jamilurrahman yogyakarta

Pendidikan di Pesantren Salafy Jamilurrahman

Untuk pendidikan di Pondok Pesantren Salafy Jamilurrahman tersedia beberapa jenis. Pertama adalah program I’dad du’at. Atau program yang artinya adalah persiapan santri menjadi seorang pendakwah, da’i-da’i.

Progam ini berjalan selama tiga tahun, untuk putra. Program ini seperti di pesantren-pesantren salafy lainnya di Indonesia, seperti Minhajus Sunnah Bogor. Namun demikian di pesantren Jamilurrahman Yogyakarta ada keterangan pengabdian selama satu tahun.

Sedangkan yang putri memiliki program belajar selama dua tahun, dengan masa pengabdian selama satu tahun. Sama. Melalui program ini siswa lebih matang untuk berdakwah, karena tidak hanya akademis, tapi melalui pengabdian, siswa akan dibekali pengalaman.

Apalagi dalam halaman website pesantren disebutkan jika Yayasan rutin menyebarkan dai untuk menjadi imam di banyak masjid, serta rutin mengadakan kegiatan daurah di daerah yang belum terjangkau baik di Jawa atau di luar Jawa.

Program Tahfidz Quran Ponpes Jamilurrahman

Ada satu program lagi yang menjadi favorit, yaitu tahfidz Quran di pesantren salafy Jamilurrahman Bantul. Program ini memiliki durasi dua tahun. Karena khusus, maka targetnya mampu menghafal tiga puluh juz Al Quran.

Program ini juga disertai masa pengabdian selama satu tahun. Program ini tersedia untuk putra dan putri Ini sudah menjadi ciri khas dari penyempurnaan program pendidikan di pesantren Jamilurrahman Yogyakarta.

Program Beasiswa Jamilurrahman

Ada program beasiswa juga di pesantren Jamilurrahman Yogyakarta. Artinya pesantren gratis di Bantul. Tapi khusus putra dengan syarat memiliki ijazah SMA atau sederajat. Disebutkan bahwa program ini bisa nyantri sambil kuliah.

Namun ada konsekuensi bagi yang sudah masuk dan ternyata tidak mampu menyelesaikan masa belajar atau pengabadian atau ikatan dinas, santri tersebut wajib mengganti biaya belajar selama berada di pondok pesantren.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin mendaftar, saat ini bisa dengan mudah melalui online. Kami sertakan video terkait informasi pendaftaran. Namun demikian yang terpenting adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi. Yaitu,

  • Mampu baca Al Quran dengan lancar
  • FC ijazah terakhir minimal SMA atau sederajat
  • Atau usia minimal 17 tahun
  • FC KTP dan KK
  • Keterangan sehat dari dokter
  • Surat pernyataan dari penanggung biaya
  • Surat izin dari orang tua untuk mondok
  • Putri harus diantar mahram
  • Siap melaksanakan tugas di tempat yang ditentukan

Sedangkan bagi yang menginginkan beasiswa, maka ada persyaratan lainnya, yaitu kuliah S1 dengan jurusan PAI. Mengusahakan buku sendiri, serta pengabdian selama dua tahun, dan ikatan dinas selama tiga tahun.

Biaya Masuk Pesantren

Untuk biaya masuk pesantren Jamilurrahman Yogyakarta, kami mendapatkan informasi yang dipublikasi tahun 2017. Setidaknya menjadi pijakan dan gambaran bagi yang ingin masuk pesantren di tahun 2022 dan selepasnya.

panduanterbaik.id

Uang pendaftaran sebesar Rp300.000, sedangkan untuk uang pangkal sebesar Rp3.000.000 bagi yang non kuliah dengan SPP sebesar Rp500.000, dan Rp5.000.000 bagi yang kuliah dengan SPP sebesar Rp750.000.

Menurut kami biaya ini tergolong standar untuk wilayah Yogyakarta. Bisa dibandingkan dengan pondok pesantren lain di sekitarnya di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Untuk alamat lengkap, pesantren berada di Jalan Glondong, Sawo Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Glondong, Wirokerten, Kec. Banguntapa, Bantul. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini.

Atau jika ingin informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resminya di https://pondokjamil.atturots.or.id/, karena sumber kami website tersebut. Atau hubungi nomor 0812-1008-9720. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *