pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Al Imam Asy Syathiby Bogor | Tahfidz Biaya Standar

Posted by

Pesantren Al Imam Asy Syathiby Bogor atau yang disingkat Ma’had Imam Syathiby merupakan salah satu lembaga pendidikan sunnah dengan program khusus tahfidz al qur’an.

Berikut ini kami rangkumkan informasi mengenai ma’had yang berlokasi di kota hujan ini. Kami akan mengulas dari segi pendidikan, fasilitas yang diperoleh santri, hingga biaya masuk. Sumber utama informasi kami adalah brosur resmi dan video youtube ma’had.

Pesantren Al Imam Asy Syathiby Bogor

Ma’had Imam Syathiby terbilang pesantren baru. Didirikan sekitar tahun 2015 oleh Ust. Badru Salam dibawah naungan Yayasan Cahaya Sunnah.

Secara identitas Ma’had Imam Syathiby adalah pesantren sunnah yang bermanhaj pada ahlus sunnah wal jamaah dengan fokus pendidikan pada tahfidz qur’an. Kalau di website ini masuk kategori pesantren sunnah.

pesantren al imam asy syathiby

Tahfidz di Pesantren Al Imam Asy Syathiby Bogor

Untuk program tahfidznya sendiri, setiap hari para santri berhalaqoh beberapa kali. Mulai dari setoran hafalan baru, murojaah dan tahsin hafalan, sabqi dan manzil (mengulang hafalan sebelumnya dan menambah hafalan baru), tahsin jama’i (talqin ayat dengan musyrif), dan lain sebagainya.

Selain itu ada dua program tahfidz yang bisa dipilih, yakni tahfidz intensif (2 tahun) dan reguler (3 tahun). Ada juga program murojaah hafalan (6 bulan) dan program sanad al qur’an (1 – 1.5 tahun).

Bisa dikatakan Pesantren Al Imam Asy Syathiby Bogor ini memiliki spesialisasi dalam tahfidz Quran. Sehingga kurikulum yang ada di dalamnya tertata dengan rapi.

Unit Pendidikan di Ponpes Imam Syathibi

Unit pendidikannya pun ada dua yang mewajibkan santri mukim. Di antaranya: SMP Tahfidz. Program SMP tahfidz untuk ikhwan dan akhwat dengan masa studi enam tahun (paket SMP – SMA).

Pada 3 tahun pertama program ini para santri difokuskan pada tahfidz dengan target 30 juz al qur’an mutqin, dan tiga tahun berikutnya difokuskan pada pelajaran – pelajaran diniyyah dan bahasa arab (lisan dan tulisan).

SMA Diniyyah

Program SMA diniyyah mempunyai masa studi lebih pendek. Yakni 3 tahun belajar dan 1 tahun pengabdian. Oleh karena itu kurikulumnya sedikit berbeda dengan SMP. Di mana bobot pelajaran diniyyah sekitar delapan puluh persen dan dua puluh persen lainnya tahfidz.

Setiap santri di Pesantren Al Imam Asy Syathiby Bogor targetnya minimal memiliki hafalan 15 juz al qur’an, lebih banyak justru lebih baik. Dan menguasai bahasa arab dengan baik (lisan maupun tulisan).

Selain itu ada juga program pendidikan jenjang usia dini dan SD fullday / tidak mondok. Jadi pulang – pergi setiap hari.

Sarana dan Prasarana

Dari segi sarana dan prasarana yang ada, menurut kami cukup mewah. Kamar santri dan aula yang nyaman dengan pendingin ruangan (AC), dapur modern dan bersih, minimart dan kantin.

Ada juga klinik kesehatan, perpustakaan, laboratorium komputer, ruang kelas, ruang eskul, hingga area Pesantren Al Imam Asy Syathiby Bogor yang dilengkapi smart CCTV 24 jam. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran dan Persyaratan

Jika tertarik masuk ma’had imam syathibi, calon santri baru hendaknya memperhatikan persyaratan dan skema pendaftarannya dengan seksama. Karena Proses seleksi santri baru ini cukup ketat.

Pendaftaran dibuka secara online (daftar lewat website resmi ma’had) mulai tanggal 18 Januari – 18 Februari. Biaya pendaftarannya Rp. 200.000 ribu rupiah.

Sedangkan seleksi masuk santri baru Pesantren Al Imam Asy Syathiby Bogor terdiri dari dua tahap. Tahap pertama santri akan dites kemampuannya dalam tajwid (hafalan dan bacaan), tes tahfidz (kemampuan dalam menghafal secara cepat dan tepat), tes kesehatan, tes bahasa arab dasar dan ilmu diniyyah (khusus SMA diniyyah).

Selanjutnya di tahap kedua adalah tes psikotes akademik dan wawancara orang tua dan anak. Prosesnya lumayan.

Selain itu ada kualifikasi khusus calon santri baru. Yakni memiliki ijazah sesuai jenjang terakhir, memiliki hafalan minimal 2 juz (SMP) dan 3 juz (SMA) yang dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga / guru tahfidz, dan memiliki ilmu dasar bahasa arab dan diniyyah (khusus SMA diniyyah).

Biaya Masuk Pondok Pesantren

Adapun biaya masuk yang perlu dipersiapkan sekitar 17 juta rupiah dengan SPP syahriah / bulanannya 1.7 juta (makan 3x sehari dan biaya fasilitas kesehatan santri).

Biaya masuk ini sudah mencakup buku / modul pembelajaran, 3 stel seragam sekolah dan 1 stel baju olahraga, biaya kegiatan tahunan santri, biaya bimbel paket B / C di tahun pertama, dan biaya kebutuhan santri (kasur, lemari, dll).

Menurut kami biaya masuk Ma’had Imam Syathiby tergolong kelas menengah ke atas. Dari beberapa ma’had yang sudah pernah kami review, ada juga yang biaya masuknya puluhan sampai ratusan juta. Lebih lengkap bisa lihat link ini. Kami sudah sajikan beberapa pesantren dengan keunggulan dan biaya masing-masing.

Alamat Lengkap

Ma’had Al Imam Asy Syathiby beralamat lengkap di Jl. Pahlawan Kp. Tengah RT 01 RW 05, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor – Jawa Barat. Alamat ini mudah ditemukan karena dekat dengan studio radio rodja.

Jika mengingkan informasi lebih detil mengenai ma’had dan lain sebagainya bisa telepon ke nomor +62 878 8417 1611 (ikhwan) dan +62 878 8417 1610 (akhwat). Kunjungi laman resmi ma’had di link ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *