Pesantren Nurhasanat Karawang | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Nurhasanat Karawang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang banyak menarik perhatian banyak masyarakat setempat. Tentu karena identitasnya adalah pendidikan al Qur’an untuk SMP dan SMA.

Dengan demikian kami tertarik untuk mengulas lebih detil mengenai Ponpes Al Qur’an Nurhasanat ini, yang informasinya kami rangkum dari brosur sekolah dan video youtube. Semoga bermanfaat.

Pesantren Nurhasanat Karawang

Berada di bawah naungan Yayasan Nurhasanat, Ponpes yang dimudiri oleh KH. Iman Santoso, Lc., M.E.I ini didirikan pada tanggal 3 September 2007. Jadi masih terbilang pesantren baru.

Dengan tanah wakaf seluas 3.4 hektar, Ponpes Al Qur’an Nurhasanat yang juga bekerja sama dengan Qatar Charity ini fokus melahirkan santri – santriwati yang hafidz, mandiri, beradab muslim, dan juga memiliki life skill yang mumpuni.

Pesantren Nurhasanat Karawang

Berlokasi di kota karawang, Ponpes Al Qur’an Nurhasanat menerima santri putra dan putri yang pastinya area keduanya terpisah satu sama lain.

Pendidikan Al Qur’an di Ponpes Nurhasanat

Menjadi lembaga pendidikan yang berfokus pada Al Qur’an, Pesantren Nurhasanat Karawang ini memiliki dua program pendidikan al qur’an yang menjadi ciri khas Ponpes Nurhasanat. Di antaranya :

Program takhosus merupakan program utama unggulan dalam bidang tahfidz. Yang mana program ini menargetkan para santri mampu menyelesaikan hafalan 30 juz al qur’an dengan jaminan kompetensi maharah qur’aniyyah.

Yakni bukan hanya khatam tapi juga mampu ditasmi’kan hafalannya hingga selesai. Bagi santri – santriwati yang memilih program takhosus ini, maka setiap hari wajib mengikuti 4 tahap kegiatan tahfidz.

Yang pertama yaitu setoran hafalan (ziyadah) selama 4 jam di pagi hari, kemudian mengulang hafalan (muraja’ah) di sore hari setiap hari selasa, rabu, jum’at, dan sabtu, lalu persiapan (isti’dad) tilawah mandiri yang bertujuan agar santri siap menyetorkan hafalan pada musrifnya.

Adapun tahap terakhir atau ke-empat adalah kegiatan tasmi’ rutin pekanan setiap ahad pagi. Menurut kami program di Pesantren Nurhasanat Karawang cukup menarik.

PanduanTerbaik.id

Program Reguler

Menurut kami, program reguler dan takhosus Pesantren Nurhasanat Karawang merupakan program yang sama tapi tak serupa. Dengan target minimal hafal 7 juz al qur’an mutqin, ada tiga kompetensi yang harus dimiliki santri di program reguler.

Di antaranya adalah kompetensi tilawah, kompetensi tahfidz, dan kompetensi istima’. Nah, dengan ketiga kompetensi tersebut melatih santri untuk bisa membaca, menghafal, dan menyimak al qur’an sesuai kaidah – kaidah ilmu tajwid. Ini juga menjadi kelebihan program reguler.

Keunggulan Ponpes Nurhasanat Karawang

Selain program tahfidz, para santri juga mendapatkan pendidikan yang cukup seimbang. Hal ini tentunya karena pihak pesantren yang mengkolaborasikan dua kurikulum yang berbeda.

Kurikulum kemendikbud (umum) dan kurikulum diniyyah (agama). Ini menjadi poin penting yang biasa dicari wali murid. Menurut kami ini keunggulan utama Pesantren Nurhasanat Karawang.

Yang kedua adalah program pembiasaan ibadah. Mulai dari pembiasaan sholat dhuha, sholat qiyamul lail, dzikir al ma’tsurat pagi dan sore, sapa pagi, sabtu bersih, hingga pembiasaan infaq setiap pagi.

Ekstrakulikuler santri

Di Pesantren Nurhasanat Karawang ada berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang bisa dipilih oleh santri. mulai dari science club, math club, english and arabic club.

Ada juga ektra non akademik seperti badminton, marawis, kaligrafi, panahan, taekwondo, karya ilmiah, dan masih banyak lagi. Ini menjadikan santri lebih betah di pesantren.

Fasilitas Pondok Pesantren

Gedung – gedung sekolah serta asrama thalib dan thalibah yang berdiri kokoh dengan gaya modern, plus lokasi ponpes yang cukup strategis dekat dengan beberapa pintu tol dan kota sehingga mudah diakses.

Selengkapnya bisa lihat video profil yang kami sertakan agar secara visual bisa tampak lebih jelas.

Pendaftaran Santri Baru

Adapun pendaftaran santri baru Pesantren Nurhasanat Karawang biasanya dibuka dengan dua gelombang. Gelombang pertama dimulai sekitar bulan oktober – januari, sedangkan gelombang kedua dari bulan februari – april.

Nah, ada persyaratan khusus untuk santri baru yang ingin mendaftar, yakni usia maksimal SD / MI sekitar 14 tahun, dan SMP / Mts 16 tahun. pendaftarannya pun cukup mudah, calon santri baru bisa mendaftarkan diri secara online melalui link berikut ini.

Biaya Masuk Nurhasanat Karawang

Biaya pendaftarannya sekitar Rp. 400.000 ribu. Nantinya ada biaya masuk Ponpes Nurhasanat Karawang khusus SMP sekitar 20.5 juta untuk santri putra, dan 20.7 juta untuk santriwati putri. Sedangkan untuk SMA, biayanya sekitar 21.7 juta untuk santri putra dan 21.9 untuk santriwati putri. Ini tahun ajaran 2021-2022.

Biaya tersebut termasuk standar untuk ukuran pesantren Al Qur’an di Karawang. Apalagi biaya ini sudah mencakup uang pangkal daftar ulang dan SPP selama satu bulan. Bahkan ada potongan uang pangkal sekitar 2 juta bagi pendaftar gelombang satu.

Menurut kami biaya ini sudah dipertimbangkan dengan fasilitas yang diberikan. Jika ingin survey pesantren lain di Karawang, bisa kunjungi link kami berikut ini. Sudah disajikan keunggulan dan biaya masing-masing.

Alamat Lengkap

Pondok Pesantren Al Quran Nurhasanat beralamat lengkap di Jl. Raya Cikampek – Cilamaya, Kp. Qatar RT. 4/4 Karanganyar II, Ds. Jatiragas – Jatisari, Karawang Jawa Barat.

Bagi Bapak / Ibu yang membutuhkan informasi lebih detil, valid dan update bisa telepon ke nomor +62 816 637 666 (Ust. Rizal) atau klik di link website resmi pesantren berikut ini https://nurhasanat.or.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *