Pesantren Al Khairiyah Cirebon | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Khairiyah Cirebon berlokasi di Watubelah, Cirebon. Pondok pesantren ini menunjukkan perkembangan pesat sejak didirikan tahun 2000. Semula santrinya hanya 15 orang, saat ini kapasitas pondok sudah bisa menampung lebih dari 500. Santri datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Kami akan menuliskan tentang pesantren khususnya dalam aspek profil lembaga, pendidikan yang ada di dalamnya, keunggulan, bahkan seleksi masuk. Kami himpun dari beragam sumber, utamanya adalah website resmi dan brosur yang berhasil kami dapatkan.

Pesantren Al Khairiyah Cirebon

Pesantren Al Khairiyah didirikan oleh para Habaib yang ada di Cirebon. Diantaranya yakni (alm) Habib Muhammad bin Syekh bin Yahya Jagasatru, Habib Muhammad bin Soleh Al Habsyi, Habib Ali Yusuf Yahya, Habib Miqdad Baharun, H Abdul Kholik dan beberapa tokoh lainnya.

Oleh sebab itu dalam perjalanannya nuansa khas pesantren habaib begitu terasa. Mulai dari cara berpakaian yang serba putih. Kecintaan kepada rasul yang begitu mendalam, hingga ibadah dan akhlaq yang begitu diutamakan.

pesantren al khairiyah Cirebon

Pendidikan di Pesantren

Ponpes Al Khairiyah Cirebon menerapkan kurikulum yang mengedepankan pendidikan pondok pesantren salaf  yang beritegrasi dengan kurikulum Kemendikbud dan Kemenag. Jangka belajar ditetapkan selama 10 tahun. Pendidikan pesantren berintegrasi dengan sistem pendidikan formal dari SMPIT-MA dan STAI TIHAMAH.

Para santri yang mondok di ponpes Al Khairiyah tak hanya ditekankan pada pengajian kitab. Santri dididik untuk dapat menguasai dan mempraktikkan bahasa Arab dalam keseharian. Selain itu pesantren Al Khairiyah juga menekankan pendidikan Alquran.

Karena itu, pesantren menggunakan metode Yanbu’a agar santri dapat dengan mudah membaca Qur’an dengan tartil. Ini adalah metode yang dikenal ketat berasal dari pesantren Yanbu’a Kudus. Selengkapnya di sini.

Pesantren Al Khairiyah Cirebon mendorong para santri agar bisa melanjutkan pendidikan kepesantrenan hingga ke Timur Tengah.

PanduanTerbaik.id

Bagi santri yang siap untuk itu, Ponpes Al Khairiyah memberikan bimbingan intensif bagi santri yang akan melanjutkan pendidikan kepesantrenan ke Timur Tengah. Bimbingan meliputi kemampuan berbahasa Arab, hafalan Qur’an dan kajian kitab tertentu.

Kegiatan harian santri dimulai dengan jamaah subuh setiap paginya. Bada subuh, santri mengikuti taddarus Al Qur’an. Selanjutnya santri mengikuti kegiatan sekolah sampai menjelang duhur.

Setelah santri istirahat, kegiatan selanjutnya adalah ekstrakurikuler. Setelah maghrib, ada kajian kitab disambung dengan sholat isya berjamaah. Kemudian santri mengulang pelajaran dan istirahat.

Keunggulan Pesantren Al Khairiyah Cirebon

Menurut kami, ada beberapa keunggulan yang patut dipertimbangkan. Pertama, lembaga-lembaga di bawah pesantren menjadi sebuah community learning yang dinamis. Ada pondok putra, pondok putri, Raudhotul Athfal, Taman Pendidikan Qur’an, Diniyah Takmiliyah Awaliyah, SDIT, SMPIT, dan MA.

Kedua, semua santri pesantren Al Khairiyah Cirebon mendapatkan bekal ilmu agama melalui pembelajaran kitab-kitab terpilih. Beberapa kitab yang dikaji meliputi kitab tauhid/aqidah, akhlaq, nahwu shorof, hadits, dan fiqih. Ilmu-ilmu ini in syaa Allah menjadi bekal penting bagi santri untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Ketiga, pondok ini memiliki akses untuk membantu santrinya melanjutkan studi ke Timur Tengah. Bahkan ada bimbingan intensif persiapannya. Pengasuh pondok Al Habib Miqdad Baharun menimba ilmu di Mekkah dan Madinah selama 12 tahun menjadi panutan utama.

Fasilitas Pesantren

Pesantren Al Khairiyah Cirebon menempati areal seluas 6375 m2. Gedung-gedung seperti masjid,  asrama, ruang kelas, ruang belajar terbuka, UKS, kantin ditata dengan arsitektur yang indah. Lingkungan asri, bersih, rapi dan lokasi yang luas menambah kenyamanan santri tinggal di sini.

Fasilitasnya memadai, dan mendukung terciptanya lingkungan yang kondusif untuk belajar. Bisa lebih jelas dilihat dari video yang kami sertakan. Lingkungannya asri dan nyaman.

Informasi Pendaftaran

Pendaftaran dibuka pada bulan Desember setiap tahun. Calon santri membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000. Kemudian mengisi formulir pendaftaran secara online. Calon santri mengikuti seleksi, karena biasnaya jumlah pendaftar sangat banyak sedangkan kuota terbatas.

Ujian seleksi diberikan dalam bentuk ujian tulis dan ujian lisan. Materi ujian tulis yaitu psikotes, tes baca Qur’an, tajwid, ibadah qauliyah dan ibadah amaliyah. Materi ujian lisan meliputi imla/dikte Arab, bahasa Indonesia, dan matematika dasar.

Biaya Masuk Al Khairiyah

 Biaya masuk pesantren Al Khairiyah Cirebon pendaftaran yang harus disiapkan adalah 5.320.000 untuk santri putra dan Rp 5.544.000 untuk santri putri, dibayar satu kali waktu awal sebelum masuk.

Pembayaran tiap bulan cukup terjangkau, yaitu 630.000. Data biaya ini kami dapatkan dari brosur TA 2018/2019. Kemungkinan ada perubahan untuk saat ini sesuai kebijakan pesantren.

Menurut kami biaya ini tergolong standar. Bisa disurvey dengan pesantren lain di Cirebon dan sekitarnya di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Pondok Pesantren Al Khairiyah Cirebon berlokasi di  Jl. Pesantren, Watubelah, Sumber, Cirebon, Jawa Barat 45611. Atau bisa klik link Google Maps yang kami ikutikan di bawah ini.

Jika ingin informasi lebih lengkap tentang pesantren Al Khairiyah Cirebon, valid dan update bisa kunjungi laman website ini. Semoga informasi ini bisa menjadi pertimbangan bagi anak Anda yang ingin menikmati kehidupan di pesantren terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *