Pesantren YAPINK Bekasi | Keunggulan dan Pendaftaran

Posted by

Pesantren YAPINK Bekasi bisa dikatakan sebagai salah satu pondok pesantren cukup terkenal di wiliyah Jabodetabek. Santrinya cukup banyak berasal dari berbagai macam daerah, utamanya di Jawa Barat. Oleh sebab itu cukup banyak yang mencarinya.

Kami akan membuat rangkuman informasi berdasarkan brosur Pesantren YAPINK yang tercantum di halaman facebook dan Instagram pesantren. Sehingga bisa menjadi rujukan bagi yang ingin masuk ke Ponpes YAPINK Bekasi.

Pesantren YAPINK Bekasi

Pesantren YAPINK Bekasi tergolong salah satu pondok tertua karena berdiri pada tahun 1969. Dirintis oleh H. Abdullah Mas’ud, H. Marzuki Alam, H. Ahmad Sadeli, dan KH. Moh Dawam Anwar. Bisa dikatakan perkembangannya cukup pesat.

Karena mampu memiliki 9 cabang yang tersebar di antaranya di Lampung Utara, Lampung Selatan, Jakarta Utara, Bekasi, bahkan Cikampek. Muridnya sudah bukan lagi ratusan, tapi sudah mencapai ribuan. Berpegang teguh pada aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, ponpes YAPINK berjalan mapan.

pesantren YAPINK Bekasi

Pendidikan di Pesantren

Adapun untuk pendidikan formal di pesantren ini tersedia cukup lengkap. Mulai dari RA, TK, MI, MTs, SMP, MA, SMA, bahkan perguruan tinggi dengan tiga fakultas. Yaitu Adab, Tarbiyah, serta Fakultas Ekonomi Islam. Jadi pendidikan di Pesantren YAPINK Bekasi sangat lengkap sekali.

Adapun model pendidikannya sudah menggabungkan antara pesantren modern yang menggabungkan sistem asrama dengan klasikal, serta pendidikan klasik yang tetap berpegang pada kajian kitab-kitab kuning. Oleh sebab itu mendapatkan banyak pengakuan, seperti mu’adalah dari Al Azhar Mesir sejak 1997.

Adapun kurikulum yang digunakan adalah kombinasi antara diknas dengan orientasi pada KTSP, dengan kurikulum muatan lokal khas pesantren YAPINK Bekasi yang sudah standard dengan lembaga pendidikan Al Azhar Mesir. Maka corak pesantren ini salaf dan modern.

PanduanTerbaik.id

Maka jika masuk Ponpes YAPINK Bekasi akan mendapatkan ijazah SMP dan SMA Diknas, serta ijazah MTs dan MA YAPINK. Oleh sebab itu menarik sekali. Apalagi SMA dan MA YAPINK sudah terakreditasi A. Artinya sudah sesuai dengan standard nasional.

Pesantren putra dan putri ini untuk ruang belajarnya terpisah antara putra dan putri. Jadi nyaman. Adapun tahun ajaran menyesuaikan dengan diknas. Asramanya sudah tersedia untuk seluruh siswa. Cukup layak.

Kitab Yang Digunakan

Untuk menggambarkan bagaimana pendidikan diniyyah di pesantren YAPINK Bekasi maka kami sajikan beberapa kitab yang digunakan. Di antaranya Tafsir Jalalain, Hadist Jawahir al Bukhari, Tauhid Ummul Barahiin.

Untuk Fiqih Fathul Mu’in, Fathul Qarib, ushul fiqh memakai Ghayatul Wushul, As Sulam, tidak lupa Alfiyah, Ta’limul Muta’alim, dan lain sebagainya. Ini khas pesantren berbasis kitab kuning yang fokus pada pendalaman Islam.

Ekstrakurikuler

Adapun untuk ekstrakurikuler di pesantren di antaranya adalah majelis dzikir dan shalawat, ada pidato tiga bahasa, ada jurnalistik, komputer, bahasa asing, qasidah, hadrah, dan marawis, khusus putri ada tata boga. Sedangkan yang laki-laki ada futsal, basket, voli, dan olah raga lainnya. Jadi santri betah.

Fasilitas di Pesantren

Adapun fasilitas pesantren cukup mendukung. Di antaranya adalah asrama putra dan putri yang terpisah. Untuk fasilitas akademik ada perpustakaan, laboratorium bahasa, komputer. Ada juga lapangan olah raga. Dan fasilitas lainnya.

Pendaftaran Pesantren YAPINK Bekasi

Bagi yang ingin mendaftar maka bisa datang ke pondok pesantren. Biasanya dimulai sejak brosur baru beredar. Waktunya dari pagi sampai sore 16:00. Libur nasional tidak buka ya. Bagi yang ingin mendaftar maka perlu diperhatikan beberapa syaratnya.

  • Formulir Pendaftaran
  • Foto hitam putih 3×4 tiga lembar
  • FC Ijazah dan SKHUN 2 lembar legalisir
  • FC NISN 2 lembar
  • FC KK dan Akter 2 lembar

Biaya Pendaftaran

Sayangnya kami tidak mendapatkan informasi biaya masuk pesantren YAPINK Bekasi. Padahal kami sudah mengumpulkan beberapa pesantren di Bekasi dengan biayanya. Bisa dikunjungi di link ini. Sebagai perbandingan.

Alamat Lengkap

Alamat lengkapnya berada di Jalan Sultan Hasanudin No.226, Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi. Kalau bingung bisa klik link Google Maps yang sudah kami tautkan di bawah ini.

Untuk informasi lebih lengkap, valid, dan update bisa kunjungi website resminya di www.yapink.net, atau hubungi pihak pesantren di 021 8832 6854 untuk putri dan 021 8832 2823 untuk putra. Semoga rangkuman informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *