pesantren al munawwir krapyak

9 Pesantren Terbaik di Yogyakarta dari Tahfidz Quran hingga Mahasiswa

Posted by

Pesantren terbaik di Yogyakarta | Siapa yang tidak mengenal Yogyakarta sebagai kota pelajar. Kota ini memang dikenal juga sebagai salah satu kota pensiun karena nyaman bagi para orang tua. Bahkan banyak SD Islam terbaik di kota pensiun ini..

Namun di sisi lain, Yogyakarta juga memiliki banyak pesantren. Dari pesantren khusus anak-anak, pesantren tahfidz Quran, bahkan pesantren modern semua hadir di kota Yogyakarta.

Oleh sebab itu PanduanTerbaik.id akan membahas beberapa pesantren terbaik di Yogyakarta berdasarkan informasi yang kami dapatkan, rating di internet, juga review. Nomor bukan berarti urutan. Kriteria memilih pesantren terbaik versi kami bisa klik di sini.

Pesantren Tahfidz Quran Al Munawwir Krapyak

Pesantren di Yogyakarta sangat identik dengan pesantren Krapyak. Ini sesungguhnya adalah nama dusun di desa Panggunghargo Kecamatan Sewon Bantul. Namun seperti pesantren-pesantren lainnya yang identik dengan nama desa, Gontor, Tebu Ireng, maka pesantren Krapyak juga demikian, lebih populer dengan nama dusunnya.

Nama pesantrenya adalah Al munawwir. Ini merupakan salah satu sesepuh pesantren di Indonesia. Karena banyak alumni pesantren ini mendirikan pesantren-pesantren terbaik di Indonesia lainnya.

Seperti pesantren Al Muayyad Solo, pesantren Yanbu’ Kudus, pesantren Al Asy’ariyah Wonosobo, dll. Pimpinannya adalah santri dari pesantren Al munawwir yang mendirikan pesantren.

Pesantren ini khusus mempelajari tahfidz Quran. Bisa dikatakan ini juga pesantren terbaik tahfidz Quran. Karena juga menguasai qira’ah sab’ah, yaitu jenis-jenis membaca Al Quran.

Metode Tahfidz Quran Pesantren Terbaik di Yogyakarta

Metode tahfidz Quran di Al Munawwir khusus, ada binnadzar, dan bil ghoib. Waktu menghafalnya pagi dan ba’da magrib. Kualitas tahfidz Qurannya juga salah satu yang terbaik.

Namun di pesantren ini tidak sebatas menghafal Al Quran, ada ngaji kitab kuning bersama romo kyai. Metodenya sorogan dan bandongan seperti pesantren tradisional pada umumnya. Sedangkan untuk pendidikan formal tersedia SMK.

Biaya pendaftaran di pesantren ini sangat murah, hanya Rp1.500.000. Khas pesantren yang ingin mempermudah santri menuntut ilmu. Website resmi di almunawwir.com

Pesantren KH. Ali Ma’sum

Satu lagi pesantren tahfidz Quran terbaik di Yogyakarta yang juga masih berada di Krapyak, yaitu pesantren KH. Ali Ma’sum. Ini sesungguhnya masih satu kerabat dengan pesantren Al Munawwir, masih satu lingkungan juga. Hanya saja beda yayasan.

Perbedaan pesantren KH. Ali Ma’sum dan pesantren Al Munawwir adalah terletak pada pendidikan umum. Adanya sekolah formal yang sangat banyak. Pesantren KH. Ali Ma’sum menyediakan pendidikan MTS dan MA. Sedangkan Al Munawwir hanya SMK.

Adapun pendidikan lainnya sama. Fokusnya adalah pendidikan tahfidz Quran. Adapun kalau ditanya tentang pendidikan tahfidz Quran, tentu Al Munawwir lebih fokus tahfidz, karena santri memang lebih banyak untuk itu. Sedangkan pesantren Al Ma’sum memiliki kegiatan tambahan sekolah formal.

Oleh sebab itu untuk biaya pendaftara di pesantren KH. Ali Ma’sum Krapyak cukup besar, untuk MTs Rp10.500.000, sedangkan untuk MA sebesar Rp11.000.000. Informasi lengkap di krapyak.org.

Taruna Al Quran Pesantren Tahfidz Gratis Bagus

Jika sebelumnya kita banyak membahas pesantren tahfidz Quran yang bermodel sistem tradisional, maka ada satu alternatif pesantren tahfidz Quran di Sariharjo Ngaglik Sleman, yaitu Pesantren Taruna Al Quran.

Ini pesantren 100% gratis. Pembiayaan rata-rata dari unit usaha pesantren. Namun jika ada yang ingin membayar dipersilakan. Oleh sebab itu animo masuk pesantren ini cukup besar setiap tahun. Tapi kapasitasnya tidak besar.

Yang membuat pesantren ini istimewa adalah programnya. Setiap siswa yang sudah lulus MTs harus dan wajib hafal 30 Juz Al Quran. Tentu hal ini unik karena setiap anak juga belajar formal di MTs. Bukan hanya menghafal saja.

Plus setiap santri yang lulus MTs harus menghafal 100 hadist pilihan. Lalu apa yang dikerjakan di MA, ternyata setiap santri diwajibkan untuk pendalaman ilmu agama. Seperti Ushul Fiqh, Faraid, Nahwu dan lain sebagainya.

Pendidikan ekstra juga variatif. Ada menjahit, juga ekstra lain yang berfungsi sebagai bekal santri untuk kehidupan. Pembelajaran bahasa Inggris juga diterapkan di pesantren ini. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Yogyakarta.

Pesantren Tradisional Assalafiyah

Satu lagi pesantren pilihan di Yogyakarta, yaitu pesantren Assalafiyah. Pesantren di Mlangi. Pesantren ini dekat dengan Universitas Islam Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Jargon pesantren ini adalah madrasah berbasis alam dan pesantren. Jadi kalau melihat pesantren ini banyak unsur masa lalu. Seperti anyaman bambu, berlantai ubin, atapnya jerami. Mandi juga ada istilah blumbang. Seperti kolam bersama. Benar-benar kembali ke alam.

Kelasnya menggunakan gazebo, kemudian santrinya duduk di atas kursi sampai berlima. Pokoknya benar-benar mengenang masa lalu dan sangat dekat dengan alam. Bahkan minum disediakan di gentong.

Pesantren ini secara pendidikan menganut tradisional. Seperti ngaji kitab kuning ke kyai, sorogan, dan ada tahfidz Quran. Untuk jenjang pendidikan formal tersedia MTs, MA, dan SMK. Adapun akreditasi sekolah, di antaranya masih B, seperti MTs.

Untuk biaya pendidikan, ternyata tidak murah. Tidak seperti pesantren tradisional. Rata-rata biaya masuk pesantren assalafiyah sebesar Rp6.000.000-an. Info lengkap di ppasm.com

Pesantren Yatim Tahfidz Quran De Muttaqin

Pernah dengar nama Ahmad dan Kamil? Dua anak kecil yang mampu menghafal Al Quran dengan lancar bahkan sampai halaman dan ayatnya di panggung tahfidz cilik yang tayang di salah satu stasiun televisi Indonesia. Mereka berada di pesantren De Muttaqin.

Pesantren ini memang istimewa karena khusus untuk anak yatim, dididik dengan sungguh-sungguh dan gratis. Pendidikannya juga tidak sekadarnya. Bahkan hafalannya bisa cepat, plus hafal sampai letak halamannya di Al Quran.

Target lulusannya, ketika kelas 1 SD atau tahun pertama, hafal 10 juz, kemudian kelas dua 20 juz, kelas tiga 30 juz. Nantinya kelas empat dan seterusnya menghafal hadis. Tentu hal ini keren karena mereka masih kecil-kecil, usia 6 tahunan.

Ketika dibuat tulisan ini kapasitas pesantren hanya 300 anak. Tentu kapasitas yang tidak banyak dengan animo yang cukup besar dari masyarakat. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Yogyakarta dan pesantren tahfidz Quran terbaik di Yogyakarta. Info lengkap di https://demuttaqin.or.id.

Pesantren Nurul Ummah

Pesantren Nurul Ummah terletak di Prenggan Kota gede. Pesantren ini khas pesantren dengan model NU di Yogyakarta. Yaitu pendidikan pagi dan sore di pesantren, sedangkan dari pukul 07:00 hingga selesai pendidikan formal.

Pesantren Nurul Ummah memiliki pendidikan formal di dalam lingkungan pesantren. Pendidikannya MI, MTs, dan MA. Sehingga santri tidak hanya mengaji kitab saja.

Namun demikian bila dilihat dari sisi pendidikan, pesantren ini lebih kental ke aspek pesantrennya. Fokusnya pada tahfidz Quran dan takhassus ngaji kitab kuning. Sehingga santri memiliki kegiatan mendalami ilmu agama Islam yang cukup di pesantren.

Pesantren ini juga menyediakan khusus pesantren mahasiswa. Yaitu asrama yang pagi dan sore mengaji. Sedangkan waktu di luar itu digunakan untuk kuliah. Oleh sebab itu pesantren ini sangat variatif santrinya. Maka bisa menjadi salah satu pilihan pesantren terbaik di Yogyakarta.

Pesantren Wahid Hasyim

Satu lagi pesantren terbaik di Yogyakarta yaitu pesantren Wahid Hasyim. Pesantren ini letaknya cukup strategis karena berada di antara banyak kampus, yaitu di Condongcatur, Sleman. Oleh sebab itu pesantren ini juga menyediakan banyak pesantren Mahasiswa.

Pesantren ini tahfidz Quran, tapi fokus pada pendidikan formal. Maka yang ditonjolkan adalah SMP dan SMA Sains. Biasanya kalau demikian, pendidikan formal yang menjadi titik berat. Oleh sebab itu prestasi dalam bidang sains juga cukup lumayan di wilayah Yogyakarta. Seperti juara 2 Fisika di Lomba Peneliti Belia region Yogyakarta.

Oleh sebab itu disebutkan di websitenya bahwa program wajibnya adalah menguasai sains. Sedangkan tahfidz Quran dan mengaji kitab kuning menjadi program unggulannya.

Selain itu di pesantren ini memiliki beragam macam jenis pendidikan. Dari MI, MTs, MA, Madin, Ma’had Aly, dan lain sebagainya. Salah satu kelebihannya jenjang pendidikan yang lengkap. Adapun biaya masuk PP Wahid Hasyim Yogyakarta masih belum bisa kami dapatkan. Info lengkap di www.ppwahidhasyim.com.

pesantren terbaik di yogyakarta
sumber: Laduni.id

Pesantren Mahasiswa Al Muhsin

Jika yang lainnya adalah pesantren tahfidz Quran kemudian ada jenjang khusus untuk pesantren mahasiswa, kali ini justru pesantren yang dibuat khusus untuk mahasiswa di Yogyakarta. Namanya pesantren Aji Mahasiswa Al Muhsin Krapyak.

Pesantren ini sedari awal memiliki target yang jelas yaitu dirasah islamiyah seperti ilmu kalam, tasawuf, filsafat, dan ushuludin. Kedua adalah penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Belajar nahwu dan sharf. Ketiga metodologi, yaitu belajar logika, filsafat dan lain-lain. Yang terakhir adalah kepemimpinan. Seperti politik, ekonomi.

Dalam sudut pandang kami, untuk pesantren mahasiswa, Al Muhsin yang terbaik karena kurikulum yang diciptakan memang fokus untuk mahasiswa. Sehingga tepat. Untuk biaya masuk pesantren mahasiswa Al Muhsin belum berhasil kami dapatkan.

Usulkan pesantren terbaik di Yogyakarta beserta biaya dan kelebihannya

Untuk pesantren terbaik di Yogyakarta nomor sembilan sengaja kami kosongkan, kami menunggu usulan di kolom komentar. Jika ada informasi yang kurang tepat bisa dicantumkan di kolom komentar agar kami segera perbaiki.

3 comments

  1. 10. Ponpes Daarul Ilmi Sembada
    Jl. Magelang Km.11 Murten Tridadi Sleman
    Ponpes dengan biaya masuk dan bulanan relatif terjangkau kisaran Rp. 6.000.000 s.d Rp. 7.000.000 dengan program unggulan tahfidz dan Bahasa Arab. Ponpes Daarul Ilmi juga memberikan berbagai macam fasilitas beasiswa dari beasiswa prestasi keagamaan dan akademik/non akademik maupun beasiswa bagi santri dari keluarga kurang mampu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *