Pesantren Baitul Burhan Karawang | Nahwu Sorf dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Baitul Burhan Karawang merupakan salah satu pondok pesantren yang cukup dikenal. Juga memiliki banyak santri yang berasal tidak hanya dari wilayah Jawa Barat saja, tapi juga dari beragam daerah di Indonesia.

Oleh sebab itu kami akan membuat rangkuman informasi, dari website resmi, juga dari beberapa website yang sudah pernah mengulasnya. Kami akan fokus pada aspek pendidikan, serta biaya masuk dan pendaftaran.

Pesantren Baitul Burhan Karawang

Mengutip karawangbekasi.jabarekspres.com, pesantren ini berdiri sejak tahun 1999. Pengasuhnya adalah KH. Sofwan Abdul Ghoni, panggilannya adalah Ajengan Wawan. Pesantren ini memiliki dua lokasi yang berdekatan. Satu untuk putra, satu untuk putri.

Nama Pesantren Baitul Burhan Karawang diambil dari nama depan sang kyai awal mula mondok, Baitul, serta nama pesantren sang ayah di Plered Purwakarta, yaitu Burhan. Sehingga jadilah nama Baitu Burhan.

pesantren baitul burhan

Dari segi kampus memang masih belum begitu luas, yang satu 1.240 meter persegi, yang satu lagi sebesar 6.800 meter persegi. Menurut kami ini sudah cukup. Untuk menampung santri yang biasanya dalam pendaftaran baru mencapai hampir 600-an.

Pendidikan di Pondok Baitul Burhan

Pesantren ini menyediakan beberapa jenis pendidikan bagi santrinya. Yang pertama adalah jenjang SMP, kurikulum berbasis diknas, sehingga santri bisa memiliki pendidikan umum yang cukup baik.

Kedua adalah jenjang Madrasah Aliyah, jenjang ini kuotanya hanya seratus santri saja. Ada juga santri yang hanya mondok. Atau Cuma belajar diniyyah di pesantren. Santri ini juga cukup banyak di pesantren Baitul Burhan Karawang.

Nah yang menarik, pesantren Baitul Burhan Karawang juga memiliki santri kalong dari masyarakat sekitar. Yaitu santri yang masih menginap di rumah, namun belajar agama di pesantren.

Memang di ponpes Baitu Burhan modelnya pagi sekolah formal, sore dan malam diniyah, atau bahkan menghafal nadzom. Jadi memungkinkan ada yang hanya masuk pendidikan diniyah saja.

Pendidikan Diniyyah Pesantren

Menurut kami sisi menarik dari pesantren ini adalah pendidikan diniyyah, atau pendidikan pesantren. Yang mana dikenal sebagai basis pesantren salafiyah yang belajar kitab kuning dengan metode sorogan dan bandongan.

Materi-materi semacam Ushul Fiqih, Tauhid, Tasawuf, Tajwid, serta hadist dipelajari dengan cukup baik. Oleh sebab itu kemampuan santri dalam pendalaman materi ulum syar’I, keislaman menjadi materi wajib. Di pesantren ini memang disedikan santri yang hanya mondok salafiyah murni.

Keunggulan Pesantren Baitul Burhan Karawang

Adapun sisi keunggulan utama dari pondok pesantren Baitul Burhan Karawang adalah kedalaman dalam pembelajaran ilmu alat, atau ilmu bahasa arab. Yaitu materi nahwu dan shorf, di pesantren ini dua pelajaran tersebut menjadi satu fokus utama.

Bahkan di pesantren ini ada kelas Jurumiyah Awal, Jurumiyah Sani, kelas Imrithi, dan Kelas Alfiyah. Jadi satu kelas khusus. Di pesantren-pesantren sangat jarang yang demikian. Biasanya hanya umum masuk tingkatan satu, dua dan seterusnya.

Inilah keunggulan utama pesantren Baitul Burhan Karawang. Menurut kami hal ini yang menjadi daya tarik utama dari pondok pesantren, sehingga banyak santri dari beragam daerah hadir.

Keunggulan berikutnya adalah faktor tempat dan bangunan. Kalau Anda masuk, merasakan bangunan yang indah dan terasa sedikit megah. Apalagi masjidnya, di mana di sampingnya ada semacam danau kecil. Bagus.

Pendaftaran dan Biaya Masuk Baitul Burhan

Bagi yang ingin masuk pesantren Baitul Burhan, maka bisa mendaftar melalui website resminya. Cukup mudah. Bisa online, Anda tidak perlu datang. Yang terpenting persyaratannya lengkap dan dipenuhi.

Untuk biaya masuk pesantren terbagi menjadi dua. Jika hanya mondok saja sebesar Rp3.000.000, Adapun untuk pendidikan formal Rp2.600.000. Artinya jika Anda ingin masuk pesantren sekaligus sekolah, biayanya sebesar Rp5.600.000. Ini tahun 2021-2022.

Biaya bulanan Baitul Burhan Karawang sekitar Rp500.000-an. Menurut kami biaya ini standar untuk Jawa Barat. Bisa bandingkan dengan pondok pesantren lain di Karawang di link ini. Kami sudah sajikan beberapa pesantren disertai biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Jika ingin ke pesantren, alamat lengkapnya di kampung Jarakah desa Lemahduhur kecamatan Tempuran kabupaten Karawang. Atau jika kesulitan bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini tinggal klik.

Untuk informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di ppbaitulburhan.com, atau bisa hubungi 0857-8199-1577 agar mendapatkan informasi terkini. Semoga rangkuman informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh tentang ponpes Baitul Burhan Karawang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *