Pesantren Rahmatika Subang | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Rahmatika Subang menjadi salah satu buah bibir di masyarakat karena beberapa prestasinya. Terutama dalam bidang Al Quran. Santrinya juga berasal dari banyak daerah di Indonesia. Oleh sebab itu cukup menarik perhatian.

Kami akan membuat rangkuman informasi berdasarkan brosur, website resmi yang berhasil kami akses sehingga menjadi ringkasan yang menarik. Di antara yang akan kami bahas adalah program pendidikan, dan biaya masuk.

Pesantren Rahmatika Subang

Pesantren Rahmatika Subang didirikan pada tahun 2004. Di bawah naungan Yayasan Pendidikan Rahmatika, pesantren ini berdiri di atas lahan tanah wakaf yang cukup luas. Konsepnya adalah lembaga pendidikan Islam berbasis pesantren.

Salah satu yang identik dari pesantren di Sagalaherang ini adalah menekankan pada pemurnian ajaran Islam atau yang disebut dengan Tashfiyyah, serta tarbiyah, kembali kepada Quran dan berlandaskan sunnah. Kata kuncinya adalah manhaj Islami. Kalau di website kami masuk kategori pesantren sunnah.

pesantren rahmatika subang

Pendidikan di Ponpes Rahmatika

Pendidikan di Ponpes Rahmatika tergolong lengkap. Namun yang berbasis pesantren adalah jenjang Sekolah Dasar, jenjang menengah yaitu SMP dan SMA, untuk putra dan putri. Biasanya pesantren hanya jenjang menengah saja, atau anak-anak saja. Di sini lengkap.

Masing-masing memiliki akreditasi B. Sudah cukup. Kurikulumnya adalah nasional, yang dikombinasikan dengan kurikulum pesantren, dengan mengacu kepada syu’bah lughoh Universitas Madinah, atau penekanan pada bahasa, serta kitab-kitab salaf klasik.

Kompetensi intinya di pesantren Rahmatika Subang jika nyantri selama enam tahun adalah penguasaan dasar-dasar ilmu syar’I, sesuai dengan pemahaman salafush shalih. Kedua adalah adab dan akhlaq sesuai dengan sunnah rasul.

Ketiga adalah kemampuan bahasa arab sesuai dengan standard I’dad Lughowi di LIPIA. Jadi punya ilmu alat yang cukup. Selanjutnya adalah kemampuan dalam hafalan Al Quran minimal 12 juz. Sudah cukup banyak.

Tidak lupa adalah ilmu umum. Santri dibekali keilmuan yang dibutuhkan secara nasional. Sehingga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi di dalam atau luar negeri. Ijazahnya ada dua, nasional dan ijazah pesantren. Pesantren Rahmatika Subang cukup baik.

PanduanTerbaik.id

Keunggulan Pesantren Rahmatika

Menurut kami ada beberapa keunggulan pesantren Rahmatika Subang yang patut jadi pertimbangan. Pertama adalah faktor tempat. Secara geografis memang sangat mendukung, letaknya di kaki gunung Tangkuban Parahu dan Burangrang.

Kedua untuk jenjang SMA tersedia dua pilihan, yaitu IPA bagi yang ingin lebih fokus kepada sains, kedua adalah bahasa bagi yang ingin mendalami ilmu alat. Inilah mengapa cukup banyak yang ingin mondok di sini.

Fasilitas Pesantren

Fasilitas pesantren bergaya Islamic Boarding School, cukup lengkap. Mulai dari tesedianya laundry centre, ada juga smart classroom, satu bangku satu siswa, ada proyektor, cukup nyaman.

Ditambah lagi kamarnya menggunakan kasur ranjang tingkat, jadi tidurnya nyenyak. Sarana olah raga juga tersedia, plus perkebunan dan persawahan yang bisa menjadi sarana pembelajaran. Nanti bisa dilihat profil lengkapnya di video.

Ekstrakurikuler

Untuk mengembangkan minat dan bakat santri di Pesantren Rahmatika Subang, ada beberapa ekstra yang cukup menarik. Utamanya untuk putri, ada kemuslimahan, ada juga rihlah alamiyah, tata boga.

Sedangkan untuk putra seperti beladiri, futsal, serta olah raga lainnya. Intinya santri bisa menjadi lebih betah dengan tempat yang nyaman dan memiliki kegiatan yang positif.

Prestasi Santri Pesantren Rahmatika

Pesantren Rahmatika Subang memiliki prestasi yang melimpah. Utamanya dalam tahfidz Quran, seperti juara satu tingkat kabupaten Subang, 2021. Juara tiga dalam tahfidz 10 juz tingkat kabupaten Subang 2019. Dan lain sebagainya.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin mendaftar caranya cukup mudah, tidak perlu repot-repot datang, karena informasi sudah bisa diakses dengan online, pendaftaran juga bisa dengan online yang bisa diakses di halaman resmi pesantren.

Yang perlu disiapkan adalah tes seleksi masuk, ada tilawah Al Quran, ada juga tes akademik dan interview, serta ada angket orang tua. Jadi jangan sama sekali tidak ada kesiapan. Harus bisa ya.

Biaya Masuk Ponpes Rahmatika

Adapun biaya masuk pesantren Rahmatika Subang untuk tingkatan SD sebesar Rp7.200.000, sedangkan tingkatan SMP dan SMA sebesar Rp14.800.000, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp350.000. Ini untuk pendaftaran tahun 2022.

Nantinya kalau daftar lebih awal, atau gelombang pertama lebih murah. Yang kami cantumkan adalah biaya normal. Adapun SPP bulanan sebesar Rp1.350.000. Nantinya ada biaya daftar ulang tahunan sebesar Rp1.800.000.

Menurut kami biaya ini untuk wilayah Subang tergolong cukup lumayan. Jika ingin melihat-lihat pesantren lain di sekitarnya bisa kunjungi link ini. Kami sudah sediakan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Adapun alamat lengkapnya berada di Jl. Raya Sagalaherang, Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Sagalaherang, Subang Jawa Barat. Bisa juga ikuti Google Maps yang kami sediakan di bawah ini.

Untuk info lengkap, valid, dan lebih update, bisa kunjungi website resminya di sini. Atau hubungi call centre pesantren di 0822.1970.2288. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *