Al Qudwah Depok | Keunggulan Boarding School dan Biaya

Posted by

Al Qudwah Depok atau biasa disebut dengan AQIBS merupakan singkatan dari Al Qudwah Islamic Boarding School, sebuah lembaga pendidikan islam tingkat SMP – SMA dan SMK dengan sistem boarding school.

Didirikan sejak tahun 1990, AQIBS terkenal sebagai boarding school dengan identitasnya yang unik serta berbagai program unggulan yang dimilikinya. Siswanya cukup banyak dari beragam daerah.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulas berbagai informasi menarik tentang AQIBS, kami rangkum dari website resmi. Di antaranya profil pondok, review pendidikan, program unggulan, dan biaya masuk santri baru. Semoga bermanfaat.

Profil Al Qudwah Depok

Jauh sebelum didirikannya AQIBS, Yayasan Islam Al Qudwah lebih dulu membangun sebuah taman pendidikan Al-Qur’an dan privat bahasa arab sekitar 1990-an.

Waktu demi waktu AQIBS mengalami kemajuan yang semakin pesat. Kebutuhan masyarakat pada pendidikan juga tinggi. Hingga di tahun 1998, yayasan mulai membangun SDIT dan berbagai unit pendidikan lainnya.

Al Qudwah Depk

Berlokasi strategis di kota Depok, memudahkan santri maupun wali santri untuk berkunjung ke Al Qudwah Islamic Boarding School. Sehingga Al Qudwah Depok mampu berkembang dengan cukup pesat.

Pendidikan di Al Qudwah Depok

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, AQIBS memiliki identitas yang unik. Mengapa? Jawaban adalah kurikulum AQIBS yang memadukan antara kurikulum JSIT, kurikulum pondok, dan juga mengacu pada kkm kurikulum nasional.

Dan unit pendidikan yang tersedia pun cukup beragam. Di antaranya SMP, SMA (dengan dua peminatan kelas IPA / IPS), dan SMK (program kejuruan broadcasting peminatan pertelevisian).

Program Unggulan AQIBS

Visi misi AQIBS sendiri yakni mewujudkan generasi visioner yang berkarakter dan berpengetahuan qur’ani, islami pribadinya, global cara berpikirnya, dan juga terampil jiwanya.

Dengan demikian, pihak pondok menyiapkan beberapa program unggulan dengan tujuan mampu mendorong potensi terbaik yang dimiliki para santri. Apa saja?

Program tahfidz qur’an 30 juz

Program unggulan pertama AQIBS adalah hifdzan wa fahman. Maksudnya yakni menghafal Al-Qur’an dan memahami kandungan ayat di dalamnya.

Selain tahsin, tahfidz dan tarjim fahman ma’ani, para santri juga santriwati bisa mengikuti program lanjutan (program sanad qur’an). Menuru kami inilah keunggulan utama Al Qudwah Depok.

Nah untuk metode tahfidznya sendiri, AQIBS menggunakan metode talaqqi. Santri duduk berjejer di hadapan ustadz untuk menyetorkan hafalan qur’annya.

Yang kedua adalah program pembentukan karakter islami. Nantinya secara rutin para santri akan mendapatkan pembinaan MABIT, dan tsaqif (seminar keislaman) untuk belajar kepribadian islami seperti Rasulullah.

Program Bahasa dan Literasi

Ciri-ciri sebuah boarding school dapat dilihat dari segi bahasa dan juga fasilitas pendidikan yang disuguhkan di luar jam kelas. Al Qudwah Depok mampu mengombinasikannya dengan baik.

Di AQIBS sendiri, pemberian kosakata (vocabularies) bahasa arab dan inggris serta conversation in practice-nya menjadi makanan sehari-hari.

Ditambah lagi dengan kelas literasi menulis, kelas critical thinking untuk mengasah nalar kritis, hingga kelas riset yang bisa digunakan santri untuk mengeksplorasi banyak hal.

Life skill programs

Mulai dari leadership, entrepreneurship, seni dan budaya menjadi beberapa program pelatihan life skill yang secara khusus dibuat untuk para santri. Bagaimana? Programnya unggulan semua bukan?

Pondok Pesantren Berteknologi

Tidak seperti kebanyakan pondok pesantren lainnya yang melarang santri membawa alat elektronik, Al Qudwah Depok justru mewajibkan para santrinya membawa laptop.

PanduanTerbaik.id

Laptop ini digunakan untuk mendukung belajar santri selama di pondok dan penggunaan elektronik seperti ini tetap dalam pengawasan penuh ustadz dan ustadzah pondok.

Santri boleh membawa dari rumah dan bagi santri yang tidak memiliki laptop bisa juga meminta pihak pondok untuk membantu membelikannya. Wah, kerennyaa.

Pendaftaran Santri Al Qudwah Depok

Nah untuk pendaftarannya cukup mudah, Bapak / Ibu dan calon santri baru bisa mengisi formulir registrasi yang ada pada website resmi Al Qudwah Depok.

Selanjutnya membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 250.000 ribu dan melengkapi berkas pendaftaran (detailnya bisa dicek pada website). Setelah itu santri akan mendapatkan kartu ujian dan bisa mengikuti tes masuk dan wawancara.

Kapan dibuka pendaftarannya? Dari website pondok, tidak ada informasi jadwal dibuka / ditutupnya pendaftaran. Jadi, bisa ditanyakan terlebih dahulu ke pondok. Kami bantu dengan memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Biaya Masuk Tahun Ajaran 2021

Adapun biaya masuk Al Qudwah Islamic Boarding School sekitar 12.5 juta rupiah. Berikut rinciannya yang telah kami rangkum dari brosur pondok :

  • Fasilitas e-learning 2 juta
  • 5 stel seragam santri (termasuk juga jas almamater) 1 juta
  • Biaya kegiatan santri 2 juta
  • Fasilitas pembelajaran dan asrama 2.5 juta
  • Infaq gedung dan sarana prasarana 5 juta

Sedangkan untuk wakaf pondok, Bapak / Ibu bisa membayar sesuai kemampuan masing-masing. Pilihan nominalnya sekitar 3 atau 5 juta dan boleh lebih. Disesuaikan saja.

Begitu juga dengan SPP syahriah atau bulanan santri. Dihitung 20 persen gaji orang tua. Karenanya, SPP santri berbeda-beda. Mulai dari 750 ribu – 2 juta.

Menurut kami, model pembayaran seperti ini berbeda dengan pondok – pondok pesantren lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Al Qudwah Depok fokus pada kemampuan orang tua santri. Yang kesulitan ekonomi tidak dipaksa membayar mahal-mahal.

Bisa dibandingkan dengan biaya masuk boarding school atau pesantren lainnya di Depok di link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulan masing-masing sebagai bahan pertimbangan.  

Alamat Lengkap Al Qudwah Depok

Jika Anda tertarik lebih jauh tentang pondok ini bisa datang langsung ke alamat Beringin No. 01, Margonda Raya, Kel. Kemiri Muka, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Atau hubungi nomor +62 813 1481 5159 (Bunda Hasnah). Nanti akan dibantu dari pihak sana. Untuk website resminya klik di sini http://aqibs.alqudwah.sch.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *