pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Al Hidayah Al Mumtazah Bekasi Biaya Terjangkau

Posted by

Pesantren Al Hidayah Al Mumtazah merupakan salah satu sekolah Tahfidz terbaik di daerah Bekasi yang mengembangkan program pendidikan terpadu.  Santrinya pun berasal  dari berbagai daerah di Indonesia.

Maka dari itu, kami tertarik untuk mengulas lebih jauh tentang pesantren ini. Mulai dari profil lembaga, sistem pendidikan hingga cara dan biaya pendaftaran yang informasi tersebut kami dapatkan dari beberapa sumber seperti brosur hingga website resminya.

Profil Pesantren Al Hidayah Al Mumtazah

Ponpes Al Hidayah Al Mumtazah menjadi sekolah agama yang berdiri dengan visi misi yang mulia. Di sini para siswa dipersiapkan menjadi umat terbaik yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Juga agar bisa menjadi kader ulama’ serta pemimpin umat yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan dakwah ilal Khair, Amar Ma’ruf Nahimungkar yang sistemnya disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Pesantren Al Hidayah Al Mumtazah

Pendidikan Ponpes Al Hidayah Al Mumtazah

Sistem pendidikan dalam pesantren ini mengembangkan program terpadu, di mana terdapat jenjang formal yaitu Madrasah Tsanawiyah, setara dengan SMP dan Madrasah Aliyah setara dengan SMA yang harus ditempuh santri selama 6 tahun masa sekolah.

Bukan hanya itu, Ponpes ATAZ juga membuka pendidikan non-formal singkat (intensif) untuk ilmu Diniyah dan juga Tahfidz Qur’an.

Ponpes ATAZ menerapkan kurikulum berbasis DIKNAS yang diimplementasikan secara terpadu dengan sistem pesantren sehingga para santri akan dibimbing selama 24 jam oleh para ustad/ustadzah.

Para santri di Pesantren Al Hidayah Al Mumtazah Bekasi akan dibimbing menjadi mundzirul qoum yang siap dipimpin dan memimpin. Pembelajaran tersedia dalam dua bahasa, yakni Arab dan Inggris.

Terdapat pula program tahfidz qur’an  dengan implementasi disiplin santri untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan berakhlak karim.

Ekstrakurikuler dan Kegiatan Harian Santri

Tidak hanya pembelajaran agama  saja, terdapat banyak kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh santri. Di antaranya  tahsin dan tahfidz, pengkajian kitab kuning, latihan pidato 3 bahasa, kepramukaan, marawis, hadroh group pianika, paskibraka, dan banyak lagi lainnya.

Setiap santri Pesantren Al Hidayah Al Mumtazah Bekasi dibebaskan untuk ikut dalam kegiatan tersebut sesuai dengan minat serta bakat yang dimilikinya. Ini bisa menjadi wadah yang tepat menyalurkan hobi sembari mengasah pengetahuan dan keterampilan santri dalam lingkungan ponpes.

Berbagai lomba juga bisa diikuti oleh santri sesuai dengan keinginan mereka dan berkesempatan untuk menambah wawasan dan pengalaman di luar keilmuan agama yang diajarkan dalam pendidikan.

Pendaftaran Ponpes Al Hidayah Al Mumtazah

Untuk bisa masuk dan belajar dalam Pesantren Al Hidayah Al Mumtazah Bekasi ini, ada beberapa alur yang harus dilewati oleh calon santri. Adapun alur yang dimaksud, seperti:

  • Pendaftaran secara administratif
  • Penyerahan santri ke wali pimpinan
  • Bai’at (pakta integritas) santri baru
  • Penyerahan ulang form registrasi (paraf pimpinan) ke SAS
  • Pembayaran dan pelunasan biaya registrasi
  • Pre-test serta pengelompokan berdasarkan hasil tes

Adapun syarat pendaftaran yang harus dipenuhi calon santri adalah sebagai berikut:

  • Muslim/muslimah yang belum pernah menikah dan tidak berencana menikah selama masa pendidikan
  • Berijazah
    • /SD (program MTs) dengan masa studi 6 tahun+1 tahun masa pengabdian
    • MTs/SMP (program MA) dengan masa studi 3 tahun + minimal 1 tahun pengabdian
  • Memiliki latar belakang kehidupan pribadi, keluarga, dan sosial yang baik
  • Mendapatkan restu serta dukungan penuh dari  keluarga
  • Memiliki motivasi untuk bersungguh-sungguh menyelesaikan studi tepat waktu.

Bagi calon santri, diwajibkan untuk mengikuti pre-test yang dilihat berdasarkan 2 poin utama. Pertama yakni kelancaran membaca al-qur’an serta mampu menghafalkannya. Kedua, wawancara dengan orangtua dan juga santri yang bersangkutan. Hasil wawancara pre-test ini dapat dilihat di SAS ATAZ (Playstore).

Biaya Pendaftaran Santri

Untuk biaya pendaftaran, santri harus membayar biaya berjumlah Rp. 4.350.000. Dan biaya ini sudah termasuk uang pendaftaran senilai Rp.500.000. Selain itu juga termasuk uang pangkal, infak pembangunan, uang makan, uang kesehatan 1 tahun, dan sewa almari 1 semester.

Bagi santri yang berasal dari keluarga tidak mampu dapat menyerahkan surat keterangan tidak mampu dari pemerintahan setempat guna  mendapat bantuan sesuai dengan kebijakan pimpinan ponpes.

Santri melakukan deposit uang di SPC (Student Payment Center) dan membeli perlengkapan serta seragam melalui ATAZMart. Untuk informasi lebih detail bisa didapatkan melalui informasi langsung dari pihak pesantren.

Menurut kami biaya ini tergolong terjangkau untuk wilayah Bekasi. Bisa disurvey melalui link ini. Kami sudah sediakan beragam pesantren dengan keterangan biaya masuk.

Website dan Alamat Lengkap

Jika ingin mengunjungi langsung pondok pesantren ini, alamatnya ada di Jl. Wibawa Mukti 2 Gg. H. Longkot Rt.05/001 No. 45 Jatiluhur Jatiasih, Bekasi. Anda juga bisa mengunjungi website resmi ponpes ATAZ di sini.

Atau media sosialnya untuk tahu informasi kegiatan dan berita ter-update santri. Dan bisa juga hubungi pihak pesantren ke nomor 0851-0020-5363. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang berminat menempuh pendidikan di ponpes ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *