Pesantren Al Inayah Bogor | Pendidikan Lengkap Biaya Murah

Posted by

Pesantren Al Inayah Bogor adalah salah satu pesantren cukup dikenal di Jawa Barat. Para santri di sini dibentuk menjadi muslim yang bukan hanya berkarakter tapi juga berintelektual tinggi dalam memahami islam, baik dari ilmu agama maupun sains dan bahasa.

Untuk selengkapnya, kami telah merangkum beberapa hal tentang pesantren ini mulai dari profil singkat, sistem pendidikan hingga biaya masuk yang diambil dari berbagai sumber termasuk website resminya.

Pondok Pesantren Al Inayah Bogor

Pesantren Al Inayah Bogor didirikan pada tahun 1993. Memiliki sejarah yang cukup panjang, hingga sekarang masih tetap dipercaya oleh masyarakat dan santrinya juga terus bertambah.

Di pondok pesantren Al Inayah santri tidak hanya diajarkan bagaimana menjadi penghafal Quran yang baik, tapi bagaimana supaya santri juga mampu memahami kandungan setiap ayat demi ayat yang dihafal agar menambah takwa dan keimanan.

Pesantren Al Inayah Bogor

Ada tiga bidang ilmu yang diajarkan ke santri, di antaranya ilmu agama, ilmu umum serta ilmu bahasa. Inilah salah satu aspek menarik dari Ponpes Al Inayah Bogor.

Sistem Pendidikan di Ponpes Al Inayah

Jenjang pendidikan yang ada di pesantren Al Inayah Bogor terdiri dari 4 jenjang yaitu Raudhatul Athfal (RA) setara TK, Madrasah Ibtidaiyah (MI) setara SD, Madrasah Tsanawiyah (MTs) setara SMP dan Madrasah Aliyah (MA) setara SMA.

Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan yang mengembangkan kurikulum terpadu dari Kemendiknas dan Kemenag serta kurikulum pesantren modern.

Artinya materi-materi yang diajarkan tidak lepas dari pelajaran umum atau sains (IPA, IPS, Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan lain lagi) serta dibarengi dengan materi islam seperti menghafal dan mempelajari tajwid Al Quran, Ilmu Hadits, hingga Ilmu Akidah dan Akhlak.

Fasilitas Pesantren

Fasilitas pesantren sudah termasuk memadai dan memenuhi standar seperti asrama, gedung sekolah, lapangan dan sarana lainnya. Menurut kami fasilitas di pesantren Al Inayah Bogor sudah cukup baik. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Ekstrakulikuler

Sedangkan untuk ekstrakulikuler, ada khusus pengajian untuk kitab kuning, muhadhoroh 3 bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia). Selain itu ada juga kegiatan  pramuka, paskibra, tari-menari, teater bahkan jurnalistik. Sekolah ini juga sudah memiliki buletin yang bernama Kissi.

Kegiatan Santri

Pesantren ini sering mengadakan beberapa agenda rutin seperti islamic event untuk menguji dan mengapresiasi kemampuan santri baik dalam bidang agama, sains maupun bahasa. Ada juga mentoring khusus untuk pembentukan akhlak, pengajian kitab kuning dan scouting event atau pramuka.

Keunggulan Pesantren Al Inayah Bogor

Keunggulan dari pesantren ini salah satunya menyediakan khusus untuk santri yatim gratis biaya apapun di pesantren, termasuk uang pendaftaran bahkan seluruh biaya administrasi lainnya.

Pesantren ini juga menyediakan berbagai program khusus yang terdiri dari:

  • Tahfidzul Qur’an, yaitu program hafalan untuk para santri
  • Bahasa Arab dan Inggris intensif, untuk memperlancar santri berbicara bahasa asing terkhusus Arab dan Inggris
  • Micro-teaching untuk kelas XII, metode pelatihan pendidikan skala kecil untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan mendidik
  • Santri IT, agar santri lebih sadar teknologi yang berkembang saat ini.

Cangkupan ilmu ini bertujuan agar santri tidak hanya paham ilmu agama tapi juga paham bagaimana cara memanfaatkan tekonologi yang terus berkembang sebagai ladang dakwahnya kelak.

Dalam ilmu bahasa, santri tidak hanya diajarkan lancar berbahasa Arab saja, melainkan ada beberapa tambahan ilmu yang membuat bidang ini lebih komplit lagi yaitu pemahaman tentang tata bahasa Arab dan shorof, Al lughoh Al Arabiya, isya’, tarjamah.

Sedangkan untuk bahasa Indonesia, ada pendalaman dan praktik langsung di bidang sastra dan jurnalistik. Menurut kami inilah yang menyedot perhatian masyarakat dari pesantren Al Inayah Bogor.

Pendaftaran dan PPDB

Di saat mendaftar, calon santri harus menyiapkan beberapa berkas berikut ini teelebih dahulu:

  • Fotokopi ijazah dan SKHUN 3 lembar, (dilegalisir)
  • Fotokopi NISN dan  Akta Lahir
  • Raport Terakhir
  • SKKB ( Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  • Pas Foto 2×3, 3×4 (background di sekolah)
  • Fotokopi Kartu Keluarga

Biaya Masuk Al Inayah Bogor

Biaya khusus tingkat Mts sebesar Rp. 975.000 dan MI sebesar Rp.1.125.000. Biaya tersebut sudah termasuk uang pendaftaran, buku, SPP, infak gedung, ekstrakulikuler, kegiatan MOS, seragam hingga raport pondok. Selain itu ada biaya makan bagi santri yang bermukim sebesar Rp. 400.000.

Untuk biaya masuk pesantren Al Inayah Bogor, mohon maaf kami hanya mendapatkan informasi biaya masuk tahun ajaran 2020-2021. Tapi ini bisa menjadi gambaran untuk biaya di tahun ajaran 2022-2023.

Menurut kami tergolong murah untuk wilayah Bogor. Bisa disurvey dengan pesantren lainnya di sekitar melalui link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Jika tertarik untuk mendaftar, bisa langsung datang ke jalan Danau, Bogor Raya, Kampung Pasir, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat. Tempat di mana kesekretariatan pesantren ini berada.

Namun jika ingin informasi lebih lengkap dan valid bisa menghubungi bagian kesekretariatan pesantren  di 0821-8379190. Atau kunjungi websitenya di sini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *