Pesantren Al Multazam Tangerang | Murah Tapi Bagus

Posted by

Pesantren Al Multazam Tangerang merupakan salah satu ponpes salafiyah yang cukup melegenda. Jumlah santrinya ribuan, baik santri mukim maupun santri kalong (pulang pergi).

Berikut ini rangkuman informasi tentang Ponpes Al Multazam yang kami sadur dari brosur resmi ponpes. Beberapa yang akan kami ulas adalah profil ponpes, sistem pendidikan, fasilitas, hingga biaya masuk.

Pesantren Al Multazam Tangerang

Pondok Pesantren Al Multazam Tangerang dibangun dan dirintis oleh KH. Badru Sholihin pada tanggal 17 Oktober 1996 dengan sistem salafiyah berbasis modernisasi (tersedia pendidikan formal).

Ponpes ini lahir atas perintah kyai pendiri dan restu kedua orang tua dengan harapan mampu mencerdaskan anak bangsa dan mengentaskan kebodohan di bidang ilmu pendidikan agama dan umum yang selaras serta seimbang secara lahiriyah dan rohaniyah.

pesantren al multazam tangerang

Pendidikan di Ponpes Al Multazam

Pendidikan di Ponpes Al Multazam Tangerang adalah pendidikan terpadu yang merujuk pada kurikulum depdiknas (bidang studi umum) dan kurikulum khas pesantren (bidang studi agama).

Nah Ponpes Al Multazam sendiri memiliki tiga program yang berbeda sebagai fokus pendidikan, yakni program sekolah berbasis pesantren, program salafi berbasis modernisasi, dan program disiplin berbahasa arab dan inggris.

Untuk unit pendidikan formalnya terdiri dari SMP, SMA, dan SMK dengan program keahlian TKJ (teknik komputer jaringan) dan administrasi perkantoran / akuntansi.

Diniyyah di Al Multazam Tangerang

Secara umum, presentase pendidikan di Pesantren Al Multazam Tangerang adalah 60% kajian kitab kuning dan 40% lainnya adalah pendidikan formal. Setiap santri juga nantinya diklasifikasikan sesuai dengan kelasnya masing – masing.

Pembagiannya terdiri dari kelas sp, dan kelas 1 – 4. Sedangkan materi atau jenis pendidikan yang dipelajari berbeda – beda sesuai tingkatannya.

Misalnya di kelas 1 santri belajar jurumiyah, tijan daruri, tasrifan, dst. Maka di kelas berikutnya santri belajar imriti, kaylani, alfiyah, fathul muin, ja’mul jawami, dan lain – lain.

Kegiatan Harian

JamKegiatan Santri
03.00 – 05.30Bangun pagi, sholat tahajjud dan subuh berjamaah
05.30 – 06.30Pengajian kitab kuning
06.30 – 07.00MCK, sarapan pagi dan persiapan sekolah
07.00 – 12.00Kegiatan belajar mengajar (KBM) formal
12.00 – 13.30Sholat dzuhur, makan siang
13.30 – 15.30Pengajian kitab kuning
15.30 – 17.30Sholat ashar, piket umum, makan sore
17.30 – 18.00Pengajian kitab kuning bersama pimpinan ponpes
18.00 – 19.30Sholat magrib, halaqoh, sholat isya
19.30 – 20.00Tiqrar (muroja’ah pembelajaran)
20.00 – 22.00Pengajian kitab kuning
22.00 – 03.00Istirahat malam

Dari tabel di atas bisa dilihat bahwa kegiatan santri ponpes Al Multazam didominasi oleh kegiatan pengajian kitab kuning. Sedangkan untuk kegiatan mingguan ada marhaban, barzanji, ratib al haddad, nadzoman, muhadloroh, muhadtsah, dan masih banyak lagi.

Ekstrakulikuler

Kegiatan ekstrakulikuler cukup beragam pilihannya dan bisa disesuaikan dengan kegemaran santri. Mulai dari OSIS, PMR, paskibra, badaris, seni kaligrafi, grafiti, melukis, marawis, marching band, qasidah / hadroh, seni tari, tahlil marhabah, menari, hingga eskul olahraga.

Fasilitas Ponpes

Fasilitas Pondok Pesantren Al Multazam termasuk standar, sederhana namun memadai untuk kegiatan sehari – hari santri. Beberapa fasilitas tersebut antara lain gedung berlantai empat, laboratorium bahasa, komputer, dan IPA.

Tidak lupa masjid, asrama santri putra dan putri, perpustakaan, sekretariat ponpes, mess guru, ummi café, saung santai, dan lapangan olahraga. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan.

Syarat Pendaftaran

Adapun yang menjadu syarat pendaftaran adalah melampirkan fotokopi surat tanda tamat belajar (STTB), surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) / surat keterangan lulus (SKL) yang sudah dilegalisir sebanyak 2 lembar dan pas foto ukuran 2×3, 3×4.

Bagi santri yang tertarik untuk mendaftar bisa menghubungi bagian penerimaan santri baru Ust. Samsul di nomor +62 877 7161 1393. Pendaftaran dibuka mulai bulan Januari sampai bulan Juni.

Biaya Masuk

Berikut kami rangkumkan biaya masuk santri baru berdasarkan brosur resmi Pondok Pesantren Al Multazam:

  • Biaya pendaftaran santri SMP Rp. 15.000 ribu dan SMA / SMK Rp. 30.000
  • Santri SMP (non pesantren) gratis biaya SPP dan uang bangunan
  • Biaya pendidikan santri SMA (non pesantren) Rp. 500.000 dan SMK (non pesantren) Rp. 800.000
  • Biaya masuk santri mukim pesantren untuk SMP Rp. 2.430.000, SMA dan SMK Rp. 2.430.000

Nah untuk biaya santri mukim sudah mencakup uang infaq, biaya kegiatan orientasi dan OSIS, seragam (baju batik dan baju muslim), biaya iuran makan bulan Juli, dan perlengkapan santri (kasur + lemari).

Biaya ini untuk tahun 2019, sayangnya kami belum mendapatkan informasi biaya masuk terbaru tahun ajaran 2022 – 2023. Jadi kemungkinan ada kenaikan biaya, Bapak / Ibu bisa konfirmasi terlebih dahulu ke pihak ponpes.

Jika ingin informasi pesantren lain di Tangerang bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap Ponpes

Pondok Pesantren Al Multazam beralamat lengkap di Jl. Kp. Nangka No. 89, Pd. Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang – Banten.

Jika menginginkan informasi lebih detil, update, dan valid, pantau terus media sosial Pondok Pesantren Al Multazam @pp_almultazam.tng atau kunjungi laman facebook resmi di sini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *