Pondok Pesantren Al Amin Kediri | Pendidikan dan Biaya Ngasinan

Posted by

Pondok Pesantren Al Amin Kediri, atau juga dikenal dengan nama Pesantren Ngasinan Kediri, merupakan salah satu pesantren ternama dan juga sudah melahirkan ribuan alumni. Oleh sebab itu patut menjadi salah satu pembahasan pesantren penting di Indonesia.

Kami akan mengulas dari rangkuman brosur yang beredar di halaman facebook pondok Al Amin Kediri, juga dari skripsi milik Aini Ismiati Mahmudah. Di antara yang akan kami bahas adalah profil, pendidikan di pondok pesantren, hingga biaya masuk pesantren.

Pondok Al Amin Kediri

Pondok Al Amin Kediri terletak di Jalan Raya Ngasinan. Oleh sebab itu sering disebut dengan pesantren Ngasinan Kediri karena merujuk pada nama daerah seperti laiknya pesantren legendaris di Jawa Timur, Gontor Ponorogo, Tebu Ireng, dan lainnya.

Didirikan oleh KH. Muhammad Anwar Iskandar pada tahun 1995, pesantren ini tumbuh dengan identitas kuat pada pendidikan akhlaqul karimah. Oleh sebab itu bisa dikatakan Pondok Pesantren Al Amin Kediri menekankan pada terwujudnya pribadi yang sholeh.

pondok pesantren Al Amin Kediri

Pendidikan di Ponpes Al Amien Ngasinan

Pendidikan di pesantren ini memiliki inti pada kajian kitab kuning secara mendalam. Rata-rata pesantren di wilayah Kediri bahkan Jawa Timur memang demikian. Utamanya santri bisa membaca kitab agar mengetahui ilmu Islam secara lebih mendalam.

Namun demikian di pesantren ini juga tersedia pendidikan formal. Yaitu MTs untuk jenjang menengah pertama, serta SMK untuk jenjang menegah atas. Sehingga santri bisa mengenyam pendidikan formal di samping diniyyah.

Program Al Quran di Al Amin Ngasinan

Ada beberapa program menarik di Pondok Pesantren Al Amin Kediri. Di antaranya adalah sorogan Al Quran. Yaitu pengajian Al Quran, ada yang pagi selepas subuh, yaitu untuk anak kuliah. Ada juga sore selepas ashar yaitu untuk anak MTs dan MA.

Program Madrasah Diniyyah

Menurut kami yang terkuat dari aspek pendidikan di pesantren ini adalah madrasah diniyyah. Atau pendidikan keilsaman dengan memperdalam kitab kuning. Jenjang pendidikannya selama sembilan tahun.

Ada dua tingkatan, Ibtidaiyah selama enam tahun, Tsanawiyah selama tiga tahun. Waktu pembelajaran di malam hari 19:00-20:30. Kitab-kitab yang dipelajari seperti umumnya pesantren kitab kuning legendaris.

Dalam ilmu hadist

  • Arbain Nawawi
  • Bulughul Maram
  • Dalam Ilmu Tauhid
  • Jawahirul Kalamiyah
  • Sulamud Diniyah
  • Tijanud Durori
  • dll
  • Fiqh
  • Sulamut Taufiq
  • Fathul Qorib
  • Fathul Mu’in
  • Dll
  • Nahwu
  • Jurumiyah
  • Imrithi
  • Alfiyah

Itu beberapa kitab yang dipelajari, tentu masih banyak kitab-kitab lainnya. Namun kami hanya mengutip dalam beberapa materi saja. Namun dari kita-kitab tersebut terlihat bagaimana bagusnya pendidikan diniyyah di Pondok Pesantren Al Amin Kediri.

PanduanTerbaik.id

Review Kegiatan Harian Pondok Al Amin Kediri

Untuk kegiatan harian dimulai dari pukul 04:00 dengan shalat subuh, selepasnya ada kajian kitab hingga 05:30. Adapun untuk sekolah dimulai dari 06:30 hingga selesai. Dari jam 12 hingga sore hari istirahat.

Nanti di waktu malam hari ada diniyyah. Kegiatan ditutup pukul 21:00. Kegiatan ini juga berlaku sama untuk tingkatan anak kuliah. Apalagi letak Pondok Pesantren Al Amin Kediri di dekat kampus ternama. Banyak yang nyantri di sini.

Pembinaan Akhlaq Santri

Adapun untuk pembinaan akhlaq terbagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah pembelajaran melalui kitab-kitab seperti Ta’lim Muta’alim. Juga kitab-kitab tafsir, hadist, aqidah, yang menunjukkan pada pembelajaran akhlaq.

Nantinya dipraktekkan yang dibarengi dengan pembinaan ibadah rutin seperti diba’an, shalat berjamaah di masjid. Salah satu tujuannya adalah menciptakan santri yang berilmu namun rendah hati. Bahkan ada konsekuensi dihukum, ta’dzir jika melanggar.

Pendaftaran Pondok Pesantren Al Amin Kediri

Untuk pendaftaran Pondok Pesantren Al Amin Kediri biasanya dimulai pada bulan Maret, nantinya sampai kuota terpenuhi. Nantinya santri bisa datang langsung atau mendaftar online di website resmi pesantren Ngasinan Kediri.

Untuk administratif ada foto 3×4 dua lembar, fotocopy KK satu lembar, fotocopy KTP orang tua wali satu lembar, serta bersedia mentaati seluruh peraturan yang ada dan berlaku di pondok pesantren Al Amien Ngasinan.

Biaya Pesantren Ngasinan Kediri

Adapun biaya masuk Pondok Pesantren Al Amin Kediri adalah sebagai berikut

PendaftaranRp50.000
Jariyah PembangunanRp1.000.000
Bulanan PondokRp400.000
Sewa LemariRp250.000
KTSRp50.000
SeragamRp250.000
JumlahRp2.000.000

 Menurut kami biaya yang kami sebutkan di atas tergolong standard untuk wilayah Kediri Jawa Timur. Bisa dibandingkan dengan biaya pesantren lainnya di Kediri di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap Pesantren Al Amin Kediri

Adapun alamat lengkap pesantren berada di Jl. Ngasinan No.18, RT.01/RW.05, Plosokerep, Rejomulyo, Kecamatan Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur. Jika bingung bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan di bawah ini.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa kunjungi website resminya di http://alamienkediri.net/. Kiranya ada tambahan informasi bisa tulis di kolom komentar agar kami tambahkan di review ini. Jika ada pesantren lain yang ingin direview bisa kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *