Pesantren Al Mansyuriyah Tangerang | Modern dan Biaya Terjangkau

Posted by

Pesantren Al Mansyuriyah Tangerang dikenal sebagai salah satu pondok pesantren ternama di wilayah Sepatan. Santrinya berasal dari bermacam daerah, seperti Jambi, Madura, Palembang, Lampung, tidak lupa wilayah Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih jauh tentang pondok pesantren Al Mansyuriyah Tangerang Banten dengan cara merangkum informasi dari website resmi pesantren. Harapan kami informasi ini menjadi ringkasan berarti.

Pesantren Al Mansyuriyah Tangerang

Pondok Pesantren Al Mansyuriyah Tangerang dirirkan oleh KH. Muhammad Masyur sejak tahun 1979. Waktu itu belum banyak pesantren seperti sekarang. Bernafaskan salafiyah yaitu mengkaji kitab kuning, pesantren ini tumbuh dan berkembang.

Sang pendiri kemudian berinisiasi menyekolahkan anak ke pesantren modern, harapannya ada perubahan. Kini pimpinan ponpes Al Mansyuriyah Tangerang adalah putra ke-4, KH. Ahmad Sholahuddin, S. Ag. Alumni dari pesantren Darurrohman Jakarta.

Pesantren Al Mansyuriyah Tangerang

Pesantren tersebut dikenal bernafaskan modern, kami pernah mengulasnya lengkap di sini. Irama inilah yang kemudian menjalar dan mewarnai ponpes Al Mansyuriyah Tangerang. Kini pesantren sudah mengakombinasikan antara salafiyah dengan modern.

Pendidikan di Pondok Pesantren Al Mansyuriyah

Model pendidikan di pondok pesantren Al Mansyuriyah adalah menganut sistem boarding school. Di mana semua santrinya tinggal di asrama. Sehingga pendidikan berjalan dengan intensif.

Durasi pendidikan yang disediakan adalah enam tahun yang terbagi pada jenjang SMP dan Madrasah Aliyah. Keduanya sudah terakreditasi, dengan nilai B untuk SMP dan A untuk MA, artinya sudah sesuai dengan standar nasional.

Kurikum yang digunakan adalah kombinasi antara pendidikan formal dan pendidikan agama, diniyyah yang sudah digabung menjadi sistem utuh dengan model klasikal. Sehingga pelajaran seperti Kimia, Fisika, Matematika tetap diajarkan, begitu juga dengan pendidikan diniyyah seperti tauhid, dan lainnya.

Kegiatan di Pesantren

Kegiatan di Pondok Pesantren Al Mansyuriyah berjalan sangat dinamis. Dimulai dari qiyamullail pada 03:00, nantinya dilanjutkan dengan shalat subuh dan ngaji kitab kuning. Ada juga percakapan bahasa asing di pagi hari.

Pendidikan formal akan berjalan hingga dhuhur sejak pukul 07:00, nantinya di siang ada waktu untuk istirahat. Sore dilanjutkan kembali dengan ngaji kitab kuning. Begitu juga selepas magrib, ada Al Quran dan kitab kuning.

Sedangkan malam adalah belajar dengan wali kelas. Dari sini terlihat, meskipun sudah bersistem modern, tetap tidak meninggalkan kajian kitab kuning. Sehingga menghasilkan kombinasi pendidikan yang bagus di pesantren Al Mansyuriyah Tangerang.

PanduanTerbaik.id

Ekstrakurikuler di Al Mansyuriyah

Ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang cukup menarik. Di antaranya adalah seni membaca Al Quran, ada juga shalawat, barzanji, ada juga tahlil, khas pesantren di wilayah Jabodetabek.

Tidak lupa ada seni marawis, qosidah, dan hadrah. Untuk bahasa tersedia Indonesia, Arab, dan Inggris, serta ada ekstra dalam teknologi informatika. Hal ini akan membuat santri merasa betah di pesanten Al Mansyuriyah Tangerang.

Fasilitas Pesantren

Ada beberapa fasilitas yang bisa dipertimbangkan. Seperti asrama, gedung sekolah, laboratorium komputer. Serta beberapa fasilitas pokok akademik dan non akademik lainnya.

Menurut kami cukup standar, meskipun tidak mewah seperti boarding school. Tapi sudah layak untuk santri dan bisa membuat betah tinggal di Pesantren Al Mansyuriyah Tangerang. Bisa dilihat dari video yang kami sertakan.

Pendaftaran Ponpes Al Mansyuriyah

Bagi yang ingin masuk Pondok Pesantren Al Mansyuriyah, maka bisa melakukan pendaftaran online di website resminya. Tersedia dua gelombang, di mana biasanya dimulai pada bulan Januari, hingga Juni di setiap tahunnya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut, masing-masing dual embar.

  • FC akte kelahiran
  • FC ijazah SD atau SMP tergantung jenjang
  • FC SKHUN
  • Foto 2×3 dan 3×4
  • NISN
  • Surat keterangan lulus ujian
  • Surat keterangan sehat dari dokter

Biaya Masuk

Untuk biaya masuknya sebesar Rp5.700.000, biaya tersebut sudah termasuk dengan uang makan sebesar Rp500.000, juga uang almari, kasur, seragam, batik, seragam olah raga, bahkan buku tulis. Yang menjadi catatan ini biaya tahun ajaran 2022-2023. Bisa menjadi pedoman.

Menurut kami biaya ini cukup standar untuk pondok pesantren wilayah Tangerang, bahkan tergolong terjangkau. Bisa dibandingkan dengan pesantren Tangerang lainnya di link ini. Kami sudah sajikan dengan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Untuk alamat lengkap pesantren Al Mansyuriyah Tangerang berada di Kp. Gurudug, Mekarjaya, Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Kalau bingung bisa klik link Google Maps yang kami sediakan.

Jika ingin informasi lebih update dan lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini. Atau hubungi nomor 0813-1846-9915. Semoga rangkuman informasi ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *