Pesantren Ibnu Rusyd Bekasi | Teknologi Kental Biaya Standar

Posted by

Pesantren Ibnu Rusyd Bekasi bagaikan oase baru di dunia pendidikan. Pondok khusus santri putra ini unik karena memadukan teknologi dan akhlak dalam pondok modern.

Oleh karena itu kami tertarik untuk mengulas pondok Teknologi Ibnu Rusyd. beberapa yang akan kami bahas adalah profil pondok, keunggulan, biaya masuk, hingga alamat lengkap beserta kontak yang bisa dihubungi. Semoga bermanfaat.

Pondok Pesantren Modern Ibnu Rusyd Bekasi

Pondok Modern Ibnu Rusyd lahir dari harapan dan cita – cita Ust. Abu Aqila yang dulu menuntut ilmu di Pesantren Gontor untuk membangun lembaga pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pondok yang didirikan pada tahun 2010 silam ini berorientasi pada pendidikan generasi teknorat yang beraqidah shohihah dan berakhlakul karimah, sehingga outputnya nanti santri menjadi pribadi yang berintegritas, kredibiltas dan berkapabilitas yang baik.

pesantren ibnu rusyd bekasi

Pendidikan dan Program Unggulan

Untuk kurikulum pendidikannya, Pesantren Ibnu Rusyd Bekasi berlandaskan pada al qur’an dan as sunnah dengan kurikulum diknas dan kurikulum pesantren. Unit pendidikannya sendiri saat ini berfokus pada SMP IT dan SMK IT dengan penjurusan teknik komputer dan jaringan.

Adapun program unggulannya ada tiga. Pertama ada program tahfidzul qur’an. Santri tidak ditargetkan berapa minimal hafalan juz, disesuaikan saja dengan kemampuan masing – masing santri. Beberapa santri ada yang sudah memiliki hafalan 6 juz, 15, bahkan khatam 30 juz.

Sistemnya santri tilawah qur’an dua kali sehari (subuh dan magrib) kemudian menyetorkan hafalannya pada malam hari.

Kedua adalah networking dan IoT. Para santri mempelajari dasar – dasar networking dan teknologi IoT seperti sensor dan software. Di kegiatan eskulnya juga nanti ada pelatihan desain grafis untuk pendalaman materi. Oleh sebab itu sering disebut dengan pesantren modern teknologi.

Yang terakhir adalah bilingual arabic and english. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kebutuhan akan kecakapan berbahasa bilingual adalah salah satu kunci yang harus dikuasai oleh para santri.

Untuk itu santri dibiasakan untuk berbahasa arab dan inggris dalam kegiatan sekolah maupun harian ketika di asrama. Oleh sebab itu pesantren Ibnu Rusyd Bekasi cukup bagus.

Kegiatan Santri

JamKegiatan
03.30 – 05.45Bangun tidur, sholat tahajud, sholat subuh dan tahfidzul qur’an
05.45 – 07.00MCK, muhadtasah / conversation
07.00 – 12.00Kegiatan belajar mengajar (KBM)
12.00 – 13.00Ishoma
13.00 – 15.00Kegiatan belajar mengajar (KBM)
15.00 – 16.00Sholat ashar dan tilawah qur’an
16.00 – 18.00Kegiatan ekstrakulikuler, MCK
18.00 – 19.00Sholat magrib, tilawah qur’an, dan makan malam
19.00 – 19.45Sholat isya
19.45 – 21.30Belajar mandiri dan setoran hafalan
21.30 – 03.30Istirahat malam

Ekstrakulikuler di Ibnu Rusyd Bekasi

Ada beragam kegiatan ekstrakulikuler yang bisa diikuti oleh santri. seperti pramuka, pencak silat, pelatihan bekam, panahan, futsal, seni islam, matematika, english and arabic club, fotografi, hingga desain grafis.

Dari kegiatan eskul ini lah banyak prestasi yang telah berhasil diraih. Juara 1 MHQ tingkat SMP se-kota dan kabupaten Bekasi, juara 1 scout army intelegent, juara 2 kaligrafi piala walikota Bekasi, juara 3 pidato bahasa arab SMA Islam Al Azhar 4 Bekasi, dan masih banyak lagi.

Fasilitas Pondok Pesantren

Fasilitas yang ada di Pesantren Teknologi Ibnu Rusyd menurut kami sudah cukup baik. Antara lain gedung permanen dan milik sendiri, asrama santri dan ruang asatidz, koperasi dan kantin, sarana ibadah, laboratorium komputer, perpustakaan, klinik syari’ah bengkel rohani, dan sarana olahraga.

Yang menjadi poin plus adalah letak geografis Pesantren Ibnu Ruysd Bekasi yang kondusif jauh dari hiruk pikuk kota. Lingkungan perkampungan yang masih asri dan tenang sehingga santri bisa belajar dan menghafal qur’an dengan nyaman. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran dan Persyaratan Ibnu Rusyd Bekasi

Jika tertarik untuk mondok di sini, maka harus mempersiapkan diri secepatnya. Pendaftaran santri baru biasa dibuka sekitar bulan november sampai bulan maret. Bisa mendaftar secara online maupun datang langsung ke pondok.

Selanjutnya santri baru akan dites dari kemampuan hafalannnya, bacaan al qur’an, tes tertulis, dan wawancara. Sedangkan persyaratan lain yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Ijazah sekolah yang sudah dilegalisir
  • SKKB dari sekolah asal (asli) dan kartu NISN
  • Surat kelulusan dan rapor semester terakhir
  • FC akta kelahiran dan KK
  • KTP orang tua
  • Pas foto ukuran 2×3 dan 3×4
  • Semua berkas difotokopi sebanyak 2 lembar

Biaya Masuk 2021 – 2022

Adapun biaya pendaftaran / formulir sekitar Rp. 300.000 ribu, sedangkan biaya masuk jenjang SMP IT 12.4 juta dan SMA IT 13 juta rupiah. SPP bulanannya sendiri sekitar Rp. 1.150.000 ribu rupiah.

Biaya ini sudah meliputi wakaf pengembangan pendidikan / gedung, seragam 6 stel, perlengkapan pesantren, buku, dan biaya program pendidikan selama 1 tahun.

Ini adalah biaya tahun 2021 – 2022, sayangnya kami belum mendapatkan informasi untuk biaya tahun 2022 – 2023. Kemungkinan ada kenaikan biaya, tapi biasanya tidak banyak.

Biaya ini menurut kami standar untuk wilayah Bekasi. Bisa disurvey dengan pesantren lain melalui link ini. Sudah kami sajikan kelebihan dan biayanya.

Alamat Ponpes Ibnu Rusyd

Pondok Modern teknik Ibnu Rusyd berlokasi di Jl. Benda No. 310 RT. 03 RW. 10, Kel. Padurenan, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi – Jawa Barat

Informasi lebih lain lebih lengkap bisa telepon ke nomor +62 852 2029 7202 (Ust. Suarifin) atau ke website resmi PMT Ibnu Rusyd klik di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *