Keunggulan Pesantren Ummul Quro Leuwiliang dan Biaya

Posted by

Pesantren Ummul Quro Leuwiliang merupakan salah satu pondok pesantren terbaik dengan santri hampir 4000-an. Ini tergolong pesantren besar di wilayah Bogor dan sekitarnya. Oleh sebab itu menyedot banyak perhatian masyarakat.

Kami tertarik untuk mengulasnya lebih lengkap dengan cara merangkum informasi yang bersumber dari website resmi agar menjadi bahan pertimbangan pencari Lembaga Pendidikan terbaik. Kami juga akan sampaikan kurikulum dan biaya masuk.

Pesantren Ummul Quro Leuwiliang Bogor

Pesantren Ummul Quro Leuwiliang Bogor diambil dari sebutan kota Mekah di Saudi Arabia. Dalam dunia pesantren hal ini jamak dilakukan sebagai upaya mengambil keberkahan kota Mekkah yang selau menjadi pusat perhatian umat Islam.

Berdiri pada tahun 1993, pesantren ini tergolong lebih dahulu dibanding pesantren lain yang menjamur seperti sekarang. Pendirinya adalah Ro’is NU cabang bogor yaitu KH. Muhtar Royani. Oleh sebab itu Ponpes Ummul Quro Leuwiliang memiliki nuansa NU yang cukup kental.

pesantren ummul quro leuwiliang

Pendidikan di Ponpes Ummul Quro Leuwiliang Bogor

Bisa dikatakan Pesantren Ummul Quro Bogor merupakan kombinasi modern dengan salaf. Dari Pendidikan formal tersedia dua jenjang. Pertama jenjang Mts yaitu setara dengan SMP, kedua adalah Madrasah Aliyah yang setara dengan SMA.

Keduanya sudah mendapatkan nilai akreditasi A. Dengan kata lain segala aspek Pendidikan sudah sesuai dengan standar pemerintah, bahkan dari aspek guru dan fasilitas yang tersedia.

Namun demikian lulusan SD akan mengalami Pendidikan normal di jenjang berikutnya selama 3 tahun, sedangkan lulusan SMP akan mengalami Pendidikan empat tahun, karena satu tahun untuk Pendidikan Bahasa, Al Quran dan persiapan khusus lainnya.

Untuk Pendidikan berikutnya adalah diniyyah, atau Pendidikan Islam. Yaitu kajian kitab di mana santri akan belajar ilmu fiqh melalui kitab Safinatunnjah, Fathul Qorib.

Untuk ilmu alat, atau membaca kitab belajar dari kitab Jurumiyah dan Imrity. Sedangkan Hadist menggunakan Riyadhussolihin. Ini adalah kitab yang mashur.

Terakhir adalah Akhlaq dan Tasawwuf yang belajar dari kitab akhlaq lil banin dan banat, Ta’lim Muta’allim, serta Nasaihul Ibad. Oleh sebab itu Pendidikan di Pesantren Ummul Quro Leuwiliang Bogor lengkap.

Ekstrakurikuler

TilawatiTahfidz Quran
Cyber TimLanguage Club
DiskusiJurnalistik
Redaktur MISSIPramuka
PMRPaskibra
AngklungBeladiri
FutsalSeni Musik Islami
HadrohOrganisasi Santri
MarawisQasidah
NasyidMarching Band

Ekstra kulikuler yang tersedia sangat banyak. Hal ini menjadikan kemungkinan santri betah hidup di pondok sangat besar. Oleh sebab itu santrinya sangat banyak.

Fasilitas Pesantren

Untuk fasilitas pesantren sangat lengkap. Mulai dari asrama dan kelas yang terpisah antara putra dan putri. Bahkan lingkungan juga terpisah. Satu kamar terdiri dari 30 anak dan menyesuaikan dengan ukuran.

Suasananya juga cukup nyaman. Apalagi gurunya mencapai 250-an. Jika ingin melihat lebih detil bisa lihat video yang kami sertakan di bagian bawah agar bisa survey secara virtual.

Kegiatan di Pesantren Ummul Quro Leuwiliang

03:30Bangun Pagi, Tahajud, Ratibul Hadad, Subuh
05:00Kajian Kitab Kuning (Senin-Sabtu) Kosakata B. Arab dan Inggris (Ahad)
05:45Mandi, Sarapan, Persiapan KBM
07:10KBM formal di kelas
12:20Dhuhur Jama’ah
13:00Makan Siang dan Istirahat
15:00Shalat Ashar dan Ratib Al Atthas
16:00Olah raga dan Mandi
17:30Tadarus Al Quran
18:15Shalat Magrib dan Makan Malam
19:30Shalat Isya
20:40Belajar Malam
22:00Istirahat

Selain itu ada juga kegiatan mingguan seperti olah raga di Ahad pagi, ceramah oleh pimpinan pesantren. Latihan pidato. Juga ada tahlil barzanji, manakiban dan shalat tasbih. Jadi pesantren Ummul Quro Leuwiliang cukup lengkap sekali.

Pendaftaran dan Syarat

Untuk pendaftaran biasanya di bulan Mei hingga Juni yang terbagi ke dalam dua gelombang. Nantinya ada ujian tulis secara online dan ujian lisan Al Quran dengan datang ke pesantren.

Pendaftaran semuanya melalui online dengan syarat administrasi yang harus disiapkan adalah sebagai berikut. Masing-masing dua lembar

  • FC Ijazah
  • SKHUN
  • KK
  • KTP
  • Akta Kelahiran
  • NISN

Biaya Masuk Ummul Quro Bogor 2022-2023

Putra BiasaRp11.115.000
Putri BiasaRp11.195.000
Putra Program KhususRp10.428.000
Putri Program KhususRp10.508.000
PendaftaranRp500.000

Menurut kami untuk wilayah Bogor, jumlah demikian tergolong standar. Bisa disurvey dengan pesantren lain di Bogor melalui link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Jl. Moh Noh Nur Kp. Banyusuci Ds. Leuwimekar Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Atau bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan di bagian bawah.

Semoga informasi ini bermanfaat. Untuk info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di pp-ummulquro.com. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan santri Indonesia.  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *