Pesantren Sirojul Ummah Bekasi | Biaya Murah Bahasa Wah

Posted by

Pesantren Sirojul Ummah Bekasi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan beragam unit pendidikan untuk santri putra dan putri. Mulai dari PAUD, TK, MI MTs, dan MA dengan biaya masuk yang murah namun memiliki fasilitas yang cukup memadai. 

Seperti apa Pondok Pesantren Sirojul Ummah Bekasi ini? Simak rangkuman kami berdasarkan berbagai informasi yang telah dihimpun dari brosur pesantren, website resmi, dan video youtube. 

Profil Pesantren Sirojul Ummah Bekasi

Pondok pesantren yang berada di bawah asuhan Yayasan Ibnu Dju’an ini didirikan pada tanggal 7 April 2012 oleh Kyai Nurhadi, M. Ag. Yang kemudian diresmikan oleh Abuya Syaikh KH. Saadih Al-Batawi, seorang mursyid dan pimpinan majlis dzikir As Samaawat Al Maaliki. 

Secara identitas, Pondok Pesantren Sirojul Ummah Bekasi adalah pesantren salafiyah. Yang kegiatan pengajian fiqhul hadis, kajian kitab dan bacaan Al barazanjinya selalu diadakan secara rutin. 

Pesantren Sirojul Ummah Bekasi

Dan disempurnakan dengan tahfidzul qur’an plus jam’iyatul qiro’. Oleh sebab itu Pesantren Sirojul Ummah Bekasi merupakan salah satu pesantren dengan fokus pendalaman pengetahuan Islam.

Kelebihan Pondok Pesantren 

Orientasi pesantren ini adalah menjadi lembaga pendidikan yang mampu mendidik santri dan santriwatinya menjadi generasi qur’ani. Melalui proses belajar-mengajar, dan pemahaman, santri dibekali dengan pengalaman yang sesuai ajaran agama baik dari qur’an, sunnah, ijma dan qiyas. 

Mendapatkan ilmu pengetahuan dari dua sisi, yakni formal dan informal lewat kelas diniyyah, Pondok Pesantren Sirojul Ummah Bekasi juga memiliki program unggulan lainnya.

Yakni les 4 bahasa internasional. Mulai dari bahasa arab, inggris, jerman dan prancis tiap hari sabtu dan minggu. Wow keren. 

Agenda Harian Santri Sirojul Ummah

Adapun kegiatan santren pesantren Sirojul Ummah Bekasi dimulai dengan Qiyamul lail sejak pukul 3 pagi, kemudian dilanjutkan sholat subuh berjamaah dan diteruskan kegiatan idhofah atau kajian kitab sampai pukul 6.

Setalah mandi dan sarapan pagi, santri beraktivitas seperti biasa, masuk kelas dan menerima pelajaran sampai pukul 12 siang. Pun selesainya kelas, sholat dzuhur, dan makan siang, kegiatan idhofah (kajian kitab) menjadi agenda selanjutnya sampai masuk waktu sholat ashar. 

Di sore hari santri biasa disibukkan dengan beragam kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, rebana, olahraga futsal, komputer, pelatihan TNI, desain grafis, dan lain sebagainya. 

Adapun pada malam hari, kegiatan santri diisi tahsinul qiroaat, kajian kitab, dan ditutup tahfidz qur’an sebelum tidur. Menurut kami cukup lengkap.

Sarana dan Prasarana Ponpes Siraajul Ummah

Meskipun terhitung pondok baru, pesantren ini menyediakan sarana dan prasarana yang sudah cukup baik. Ada asrama tempat santri beristirahat, ruang kelas yang representatif disertai meja – kursi dari kayu jati, ruang laboratorium komputer, masjid, lapangan olahraga, dan gedung madrasah. 

Yang unik dari pesantren ini adalah adanya pendopo di taman. Dan di sekitarnya ada berbagai jenis burung peliharaan milik pesantren. Dari burung beo, gagak tua, jalak bali, cucak rowo, murai batu, muri papua, dan lain-lain. 

Jadi, bisa dibayangkan serunya bersantai ria mengaji kitab di bawah pendopo sambil menikmati kicauan burung pada sore hari. Indah benar. 

Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB) 

Berdasarkan informasi yang telah kami himpun, Pondok Pesantren Sirojul Ummah Bekasi biasanya mulai membuka penerimaan dan pendaftaran santri baru pada bulan Januari. 

Adapun syarat-syarat pendaftaran, yakni mengisi formulir lengkap dan membayar biaya registrasi sekitar Rp. 300.000 ribu.

Jangan lupa menyerahkan dokumen-dokumen penunjang. Di antaranya : 

  • FC SKHUN / ijazah yang telah dilegalisir
  • FC akta kelahiran 
  • FC rapor terakhir dan NISN 
  • FC KK dan KTP orang tua
  • Pas foto 2×3, 3×4, 4×6 (4 lembar) 
  • Santri tidak mengidap penyakit menular seperti epilepsi dan lain-lain. 

Karena besarnya animo masyarakat terhadap pesantren ini, maka kuota santri baru dibatasi 120 murid saja. Cukup sedikit dibandingkan dengan animo pesantren yang cukup besar. 

Biaya Masuk Siraajul Ummah Bekasi

Sedangkan biaya masuk Siraajul Ummah yang perlu Bapak / Ibu persiapkan untuk memondokkan buah hati di pesantren ini sekitar 6.5 juta rupiah. Dengan rincian sebagai berikut: 

  • SPP bulan Juli Rp 50.000 ribu
  • Uang asrama Rp 100.000 ribu
  • Uang kesehatan Rp. 50.000 ribu
  • Uang makan Rp. 600.000 ribu
  • Seragam (kaos olahraga dan baju batik) Rp. 325.000 ribu
  • LKS Rp. 300.000 ribu
  • Uang kitab 1 tsanawiyah Rp. 575.000 ribu
  • Uang gedung 2.5 juta
  • Uang pangkal 2 juta 

Jika dihitung-hitung, biaya pesantren ini cukup terjangkau, apalagi pihak pesantren hanya mewajibkan pembayaran setengah dari keseluruhan biaya masuk. Artinya hanya 3 juta rupiah sebagai mahar santri baru. 

Kalau ingin lembaga pesantren lain di Bekasi bisa kunjungi link kami di Pesantren Terbaik di Bekasi. Atau jika ingin lembaga pendidikan dengan fasilitas yang memadai, bisa kunjungi beberapa Boarding School di Bekasi di link ini. 

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Bagi Bapak / Ibu yang ingin mengunjungi pesantren ini bisa datang langsung ke alamat Jl. Kp. Pelaukan No.29, RT. 02/04, Karang Rahayu, Kec. Karang Bahagia, Bekasi, Jawa Barat 17530.

Pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi bagian sekretariat pesantren di nomor telepon +62 819 9377 0556 (Ust. Ade Syamsul Bahri). Atau klik website resmi di sini http://siraajulummah.sch.id/ 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *