Pesantren Miftahul Ulum Cilandak | Kitab Kuning dan Biaya Terjangkau

Posted by

Pesantren Miftahul Ulum Cilandak dikenal sebagai salah satu pesantren di wilayah Jakarta Selatan. Pesantren ini dikenal sebagai salah satu pesantren tua, berdiri pada tahun 1980, pesantren ini memiliki banyak identitas unik hingga mampu bertahan sampai sekarang.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasinya berdasarkan website resmi pesantren serta beragam informasi lainnya yang berhasil kami himpun di internet. Di antaranya adalah profil pesantren, kurikulum pesantren, biaya miftahul ulum 2021 2022. Semoga bermanfaat.

Profil Pesantren Miftahul Ulum

Profil Pesantren Miftahul Ulum Cilandak berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Manaratul Islam. Sejak 1980 pesantren ini memulai kegiatan dengan santri dari sekitar, yaitu Gandaria, Cinere, dan Cilandak.

Pesantren ini memulainya dengan sederhana, belajar model pesantren tradisional, bersistem sorogan dan bandongan. Barulah kemudian seiring berjalannya waktu dan santri yang terus bertambah, pesantren mengubah modelnya menjadi sistem klasikal, atau kelas.

pesantren miftahul ulum cilandak

Hingga sekarang pesantren ini memiliki santri berjumlah 1000-an. Namun tidak semua bermukim, ada model sistem kalong, pulang pergi. Total yang bermukim di pesantren kurang lebih 300-an. Tidak begitu banyak. Rata-rata santrinya dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya.

Kurikulum Pesantren Miftahul Ulum Cilandak

Pesantren Miftahul Ulum Cilandak lebih identik seperti pesantren tradisional di Jawa Tengah dan Jawa Timur, namun berada di tengah kota. Inilah identitas yang cukup jarang. Dengan jenjang pendidikan formal MTs, dan MA yang mana keduanya telah terakreditasi A.

Adapun pendidikan non formal terdiri dari dua bagian. Pertama adalah pendidikan diniyyah, yaitu pendidikan yang khusus berkaitan dengan pendidikan kitab-kitab keislaman. Tidak hanya dasar saja, tapi banyak materinya.

Kemudian yang kedua adalah bahsul masail. Setelah mendalami pendidikan dengan kitab di diniyyah, ada namanya diskusi terkait dengan masalah-masalah yang harus dirujuk hukumnya, namanya bahsul masail. Kegiatan ini melatih diri untuk menjadi ulama sebagai rujukan.

Kitab-Kitab Utama Santri

Jika ingin tahu lebih jauh bagaimana kurikulum pendidikan, kita bisa melihat pada kitab-kitab yang dipelajari. Di antaranya adalah Safinatun Najah, Muhadzdzab, Matan Qarib, Fathul Qarib, Fathul Mu’in, Tafsil Jalalain.

Adapun untuk bahasa ada Jurmiyah, Nahwu Al Wadhih, Alfiyah, Amtsilatu Al Tashrif dan lain sebagainya. Dari kitab-kitab ini terlihat dominasi kitab-kitab klasik. Sehingga santri di pesantren ini menguasai secara mendalam pengetahuan islam.

Kelebihan Pesantren Miftahul Ulum

Berbicara kelebihan dari aspek pesantren kami bisa menyimpulkan beberapa hal. Pesantren ini santrinya tidak begitu banyak, khas pesantren kota, maka ruang geraknya cukup banyak. Plus intensitas guru pada santri juga baik.

Kedua, jika umumnya pesantren-pesantren sudah beralih ke sistem boarding school yang memiliki perhatian lebih terhadap pendidikan umum, namun Pesantren Miftahul Ulum Cilandak memiliki perhatian lebih kepada pendidikan Islam secara mendalam. Kompetensi baca kitab menjadi utama.

Ekstra kulikuler tersedia di pesantren ini juga untuk lebih memperdalam pendidikan formal dan non formal. Seperti ekskul kajian fiqh, seni hadrah, dan bahasa arab dan inggris lain sebagainya. Jadi santri akan mendapatkan tempat mengembangkan bakat keilmuannya.

Terakhir adalah edukasi dunia IT yang mulai didekatkan, seperti computer dan internet education sebagai pengenalan. Ini menjadi kompetensi wajib di era millennial. Beberapa aspek inilah yang membuat Pesantren Miftahul Ulum Cilandak menjadi tujuan pendidikan masyarakat.

PanduanTerbaik.id

Pendaftaran Ponpes Miftahul Ulum

Pendaftaran Pesantren Miftahul Ulum 2021 cukup mudah. Yang pasti lulusan SD atau sederajat. Kemudian ada syarat bukan perokok apalagi pengguna narkoba. Ada juga tes masuk yang harus dilewati. Di antaranya adalah Al Quran, Imlah (dikte bahasa arab), interview

Untuk waktu tes dilaksanakan beberapa gelombang, ada yang Maret, Mei, ada juga Juni. Nanti info lengkap tentang pendaftaran bisa kunjungi langsung pesantren atau hubungi 0856-9211-3875. Dikomunikasikan saja.

Biaya Miftahul Ulum Cilandak 2021

Adapun biaya masuk pesantren Miftahul Ulum Cilandak kami sajikan lewat tabel agar lebih mudah dibaca.

Formulir dan TesRp150.000
Biaya PPDB MTsRp11.150.000
Biaya PPDB MARp11.325.000

Biaya di atas sudah termasuk dengan uang gedung, ranjang, lemari, pakaian, kasur, bahkan bantal guling dan sprei. Kitab juga sudah masuk, sedangkan untuk SPP hanya termasuk satu bulan.

Untuk SPP bulanannya sebesar Rp875.000 untuk MTs, dan Rp950.000 untuk Madrasah Aliyah. Biaya ini sudah termasuk biaya SPP, Makan, sekolah diniyah, dan Asrama. Menurut kami untuk pesantren di tengah kota tergolong murah.

Bisa dibandingkan dengan pesantren-pesantren lain di Jakarta di link ini. Kami sudah sajikan dengan biaya agar bisa dibandingkan. Atau jika ingin mencari pesantren yang gratis di Jakarta kami sudah merangkumnya di link berikut ini.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Alamat lengkap pesantren Miftahul Ulum berada di Jl. Madrasah No.17 gandaria Selatan, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Jika kebingungan bisa mengikuti Google Maps yang kami sajikan di bawah ini.

Untuk informasi lebih lengkap, dan lebih valid bisa kunjungi website resminya di sini. Jika ada lembaga pendidikan lain yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *