Pesantren Al Washilah Jakarta Barat | Diskon Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Washilah Jakarta Barat merupakan salah satu pesantren terbaik yang hadirkan pendidikan selama 24 jam di asrama. Pesantren ini juga memiliki posisi cukup sentral di Jakarta Barat, di antaranya diadakan acara seperti MKNU PCNU Jakarta Barat di pesantren ini.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk merangkum informasi dari website resmi yang tersedia. Harapan kami semoga informasi ini bisa membantu orang tua yang ingin mudah mendapatkan informasi tentang Pesantren Al Washilah Jakarta Barat, mulai dari profil pendidikan hingga biaya masuk.

Profil Pesantren Al Washilah Kembangan

Pesantren ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 8000 meter persegi pada tahun 1988. Sudah cukup matang sebagai sebuah pondok pesantren. Awalnya hanya berdiri untuk pendidikan informal seperti majelis ta’lim.

Namun seiring berjalannya waktu dibuka beberapa jenjang pendidikan yang cukup lengkap. Di antaranya adalah TK, TPA, MTs, SMP, SMA, bahkan ada perguruan tinggi. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren terbaik di Jakarta Barat.

pesantren al washilah jakarta barat

Pendidikan di Pesantren Al Washilah Jakarta

Di wilayah Jakarta tidak banyak pesantren berdiri. Rata-rata sudah bergeser ke Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, dan lain sebagainya. Namun Al Washilah menjadi oase pendidikan pesantren di tengah kota.

Mengutip dari akurat.co, pesantren ini diteruskan oleh generasi kedua yang sudah mengenyam pendidikan ke luar negeri seperti Jordania dan Mesir. Identitas kuat dari pesantren ini adalah kemampuan dalam Al Quran.

Maksud kemampuan Al Quran di pesantren Al Washilah Jakarta Barat bukan hanya sebatas membaca, tapi juga menelaah Al Quran, sekaligus ada tahfidz Al Quran. Sayang kami belum mendapatkan jumlah juz yang dihafal.

Kedua adalah kemampuan dalam melahirkan dai-dai andal. Di pesantren ini sering latihan pidato hingga suaranya serak. Juga karena pengasuh juga dai yang dikenal masyarakat luas.

Adapun secara pendidikan tersedia formal dengan jenjang MTs, SMP, SMA, namun diikuti dengan pendidikan diniyyah di sore hari. Seperti Pesantren Al Muhajirin di Cikarang. Kelebihan pesantren ini memang tetap mempertahankan ngaji kitab selain pendidikan formal.

Plus akreditasi dari MTs Al Washilah adalah A. Ini merupakan nilai bagus untuk pesantren. Sehingga santri mendapatkan pendidikan yang cukup bagus.

Kelebihan Ponpes Al Washilah

Salah satu yang menonjol dari pondok pesantren Al Washilah Jakarta Barat adalah aspek pendidikan bahasa Inggris. Meskipun ngaji kitab kuning, tapi pendidikan bahasa inggris di pesantren ini kental. Ada video yang menunjukkan bagaimana English Camp berjalan  dengan cukup baik.

Bahkan aksennya sudah tidak kelihatan orang Indonesia, dengan American yang begitu kental. Kegiatannya cukup kreatif. Tidak hanya satu jenis kegiatan bahasa inggris tapi bermacam-macam.

English fun. Bahkan sering praktek bahasa inggris dengan native speaker. Nyari bule di Jakarta tidak sulit. Hehehe. Oleh sebab itu sering disebut juga dengan Islamic Boarding School di Jakarta Barat.

Di Google, pesantren ini mendapatkan ranking 4.1, cukup bagus, dari angka maksimal 5. Yang mengulas berjumlah 48. Salah satu komentar yang menarik demikian,

“Alhamdulillah putri saya selama di pondok pesantren Al Washilah Jakarta Barat betah. Karena pemilik, pengajar, ustad dan ustadzahnya baik dalam hal apapun.”

Nama Akun Aulia

Kelebihan yang lain adalah kemampuan dalam membaca kitab, karena di pesantren ini sering diadakan lomba tashrifan, yaitu tentang bagaimana tata cara kaidah bahasa arab. Seperti layaknya pesantren NU di Jawa Timur.

Ketiga meskipun tempatnya di tengah kota, tapi lokasinya cukup luas. Rasio dengan jumlah santrinya cukup. Bisa dilihat dari video yang kami tautkan tentang pesantren Al Washilah Jakarta Barat. Gedungnya bertingkat.   Memang di tengah perkampungan yang cukup padat.

Biaya Masuk Pesantren Al Washilah

Dari website resmi diketahui untuk formulir pendaftaran menghabiskan dana sekitar 300 ribu rupiah. Standard dengan biaya pesantren lainnya di Jakarta Barat. Waktu pendaftarannya setiap hari.

Adapun untuk biaya masuk pesantren sebesar 7.5 juta jika daftar sebelum Maret atau gelombang pertama, tapi kalau setelahnya akan dikenakan biaya sekitar 8.2 juta rupiah. Tapi di pesantren ini banyak cash back dan beasiswa.

  • Kalau hafal 5-9 juz ada subsidi 1 juta dari total biaya masuk.
  • Kalau hafal 10-14 juz bisa mendapatkan subsidi 50% dari total.
  • Sedangkan yang hafal 15-30 juz digratiskan biaya masuk
  • Bagi yatim piatu mendapatkan subsisdi 1 juta.

Dan masih banyak lagi subsidi yang diberikan. Oleh sebab itu tergolong menarik untuk siswa yang ingin nyantri.

Namun jika menginginkan pesantren terbaik lainnya di Jakarta dengan biaya yang lebih mahal atau murah bisa klik link ini. Jika ingin pesantren gratis di Jakarta juga bisa kunjungi link berikut ini.

Alamat Lengkap Pesantren Al Washilah

Pesantren modern di Jakarta Barat ini memiliki alamat lengkap di Jl. Kp. Baru No.20, RT.004/RW.10, Kembangan Utara, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat. Jika ingin menghubungi bisa ke nomor 021-5811672. Nanti akan ada yang melayani.

Jika ada kekeliruan informasi mohon bisa menulis di kolom komentar untuk kami perbaiki. Informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resmi di https://alwashilah.com/. Kalau ada lembaga pendidikan ingin direview cukup kirim brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *