Darul Bayan Jakarta Barat | Tahfidz Quran dan Belajar IT

Posted by

Darul Bayan Jakarta Barat merupakan lembaga Pendidikan berbasis pesantren yang berdiri belum lama namun sudah mulai banyak diketahui masyarakat. Apalagi memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasinya berdasarkan website resmi dan brosur agar menjadi informasi ringkas untuk masyarakat. Di antara yang kami sajikan adalah profil Darul Bayan, kelebihan Pendidikan, dan biaya masuk Darul Bayan 2021 2022.

Profil Darul Bayan

Sekolah ini baru diresmikan pada tahun 2019, yang hadir banyak tokoh nasional seperti ketua MPR Zulkifli Hasan, kemudian Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Apalagi ketua pembinanya adalah Irjen Pol (Purn) Hj Iskandar Hasan SH, maka sekolah ini memang memiliki tempat spesial.

Di antara karakter utamanya adalah adanya Pendidikan formal disertai dengan Al Quran, plus menguasai teknologi kontemporer, ditambah lagi adanya aspek entreuprenur. Oleh sebab itu Darul Bayan Jakarta Barat menjadi salah satu boarding school favorit.

Darul Bayan Jakarta Barat

Pendidikan Pesantren

Islamic Boarding School di Jakarta Barat ini memiliki fokus utama di aspek Al Quran. Bahkan hampir dalam seharian lebih banyak bersentuhan dengan Al Quran. Bisa dikatakan 40% porsi Pendidikan di pesantren ini adalah Al Quran.

Yaitu tahfidz Al Quran. Yang istimewa adalah tahfidz bersanad. Yaitu Riwayat bahwa hafalan tersebut langsung nyambung dari Rasulullah SAW. Kalau di Jawa Timur yang demikian ada Darul Hikam Mojokerto.

Kedua adalah Bahasa, yaitu Bahasa arab dan Inggris. Jika di tempat lain Pendidikan Bahasa adalah sebuah ekstra, tapi di Darul Bayan Kembangan menjadi salah satu pokok pembelajaran. Kemampuan yang utama.

Salah satu buktinya adalah jenjang Pendidikan di Darul Bayan Jakarta Barat bukanlah tiga tahun, meski yang masuk lulusan SMP atau MTs dan sederajat.

PanduanTerbaik.id

Yaitu empat tahun. Satu tahunnya adalah masa pemantapan di aspek Al Quran, serta Bahasa Arab dan Inggris. Ini mirip dengan pesantren sunnah di beberapa wilayah.

Fokus selanjutnya adalah Pendidikan teknologi informasi (IT). Ini juga bukan menjadi ekstra tapi sudah menjadi kurikulum wajib dengan porsi 10%. Pembelajarannya setiap hari di waktu siang masuk dalam kegiatan belajar mengajar.

Inilah yang tidak banyak ada di pesantren Al Quran di Indonesia. Di antara pembelajarannya adalah desain komunikasi visual, programming, broadcasting, serta e commerce, atau toko online. Ini adalah keahlian yang dibutuhkan di era digital.

Porsi yang cukup besar berikutnya adalah leadership dan entreuprenership. Meskipun kami belum mendapatkan informasi bentuk khususnya, namun tertera memiliki porsi besar dalam Pendidikan di Darul Bayan, yaitu 30%.

Fasilitas dan Asrama Pesantren

Yang menarik di Darul Bayan di antaranya adalah fasilitas. Menurut kami untuk boarding school di tengah kota seringnya minimalis. Tapi Darul Bayan memberikan banyak hal. Di antara yang cukup jelas adalah kolam renang.

Masjid juga sangat representatif. Kami menyukainya. Karena pesantren terlihat fokus pendidikannya dari masjid. Ada lapangan olah raga meskipun tidak begitu besar tapi sudah bisa memadai santri.

Sedangkan kamar di pesantren Darul Bayan kelasnya Islamic Boarding School dengan model ranjang tingkat dan jumlah santri di kamar yang tidak terlalu besar. Jangan lupa juga full ac. Menurut kami sangat nyaman.

Pendaftaran Darul Bayan 2021

Yang perlu dipertimbangkan dari pendaftaran Darul Bayan Jakarta atau PPDB adalah kuota yang tersedia. Pesantren ini hanya menyediakan 70 saja. Terlalu sedikit menurut kami untuk menampung animo santri.

Untuk gelombang pendaftarannya terbagi dua, yang pertama adalah Oktober hingga Desember. Sedangkan gelombang dua dari Januari sampai Maret. Tapi jika kuota sudah terpenuhi di gelombang pertama, maka tidak tersedia gelombang kedua.

Biaya Darul Bayan Boarding

Biaya Darul Bayan Boarding akan kami sajikan dalam tabel agar terlihat lebih jelas bagi pencari informasi Pendidikan di Jakarta Barat. Dari pendataran hingga biaya SPP Bulanan.

PendaftaranRp500.000
SPPRp2.500.000
Uang PangkalRp26.000.000

Kalau ditotal hampir 30 jutaan. Di Jakarta lembaga Pendidikan ini masuk di kelas menengah. Bisa dibandingkan dengan lembaga Boarding School di Bogor dengan biaya yang lebih besar dari itu. Linknya bisa dibaca di sini.

Jika ingin lembaga pesantren dengan biaya yang lebih terjangkau bisa kunjungi ulasan kami tentang beberapa pesantren terbaik di Jakarta versi kami di sini. Kami sudah sertakan pula dengan biaya masuknya.

Alamat Lengkap Darul Bayan

Untuk alamat lengkapnya adalah Jl Basoka Raya No. 96, Kavling Hankam Blok R. Kel. Joglo Kec. Kembangan Jakarta Barat. Jika ingin mengikuti peta Google Maps, kami sudah sajikan di bawah ini. Tinggal di klik.

Adapun untuk website resmi agar mendapatkan informasi lebih lengkap dan valid bisa kunjungi link ini. Jika ingin lebih interaktif bisa komunikasi dengan admin 0822 111 11 566. Hubungi saja, Anda akan mendapatkan balasan yang terbaik.

Jika ada kekeliruan informasi bisa cantumkan di kolom komentar agar kami perbaiki. Jika ada lembaga Pendidikan yang ingin dibantu publikasi cukup kirimkan brosur dan biaya Pendidikan ke affany1986@gmail.com, kami akan membantu review di website ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *