Thariq bin Ziyad Boarding Cikarang | Tahfidz Quran Bahasa dan Biaya

Posted by

Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang merupakan bagian dari unit pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Thariq bin Ziyad.

Menyelenggarakan pendidikan islam berbasis karakter, SMPIT Thariq bin Ziyad Cikarang hanya menerima santri putera saja. Penasaran seperti apa profil SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang? 

Kami akan mengulas dengan cara merangkum informasi dari website resmi pesantren di Cikarang ini. Akan kami sajikan dari Profil Boarding School, Program Unggulan, hingga biaya pendidikan dan pendaftaran. Semoga bermanfaat. 

Profil Thariq bin Ziyad Boarding School

Sebenarnya sebelum ada SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang, pihak Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Thariq bin Ziyad terlebih dahulu membangun SMPIT dengan model full day school di tahun 2001.

thariq bin ziyad boarding school cikarang bekasi

Hingga di tahun 2011-2012 barulah SMPIT Thariq bin Ziyad Cikarang didirikan dengan versi lain, yakni sekolah berasrama (boarding school).

Model SMPIT Thariq bin Ziyad Bekasi seperti sekolah islam terpadu lainnya. Yang memasukkan unsur kurikulum nasional dengan agama dengan pendidikan penuh di asrama.

Pendidikan di Islamic Boarding Thariq bin Ziyad

Identitas SMPIT Thariq bin Ziyad Cikarang adalah sekolah islam terpadu. Meski begitu sekolah ini memiliki konsep dan kompetensi tersendiri yang dirangkum dalam A3B, yaitu Akhlaq, Al-Qur’an, Akademik, dan Bahasa.

Dengan akhlaq, para santri mendapatkan pembinaan melalui mentoring agama islam dengan pembiasaan akhlak mulia dan ibadah (wudhu, sholat berjamaah, mandiri, dan lainnya.

Yang tidak boleh ketinggalan yakni tahfidz Al-Qur’an. Di sini para santri ditarget minimal hafal juz 30, 29, 28, 27, 1, 2, 3, seterusnya. Atau 7 Juz bahkan lebih. Setiap santri bisa berbeda-beda. 

Selanjutnya program akademik yang mengacu kurikulum nasional (k-13) dan program bahasa. Para santri dibiasakan aktif berbahasa arab dan inggris.

Program Unggulan Bahasa 

Menurut kami ada yang unik di SMPIT Thariq bin Ziyad, yakni program unggulan bahasa yang diisi dengan kegiatan Al Mukhoyyam Al Arabiy atau arabic camp.

Kegiatan arabic camp ini merupakan program pengembangan khusus yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi santri yang dilaksanakan selama 15 hari di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA).

Bukan ke Mesir ataupun ke Madinah, arabic camp ini memang sengaja memilih Gontor sebagai medan latihan berbahasa santri secara langsung karena Gontor terkenal dengan kedisiplinan berbahasa asingnya.

Bahkan biaya kegiatan ini sudah termasuk dalam biaya masuk SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang lho. Oleh sebab itu Islamic Boarding School yang satu ini menjadi favorit di Bekasi. 

PanduanTerbaik.id

Kegiatan Santri Boarding School Cikarang

Hari-hari santri SMPIT Thariq bin Ziyad dimulai sejak pukul setengah 4 pagi dan dilanjutkan dengan sholat tahajjud, subuh berjamaah, dan kultum bahasa inggris.

Setelah itu santri memiliki waktu satu jam untuk tahfidz, di waktu ini santri bisa murajaah hafalan, ziyadah atau menambah hafalan, atau sekedar tahsin (memperbaiki) bacaan saja.

Tepat pukul 7 pagi para santri mengikuti kelas seperti biasa sampai jam tiga sore. Untuk kegiatan sore hari diisi dengan kegiatan ekstrakulikuler, achievement time, leasure time.

Setelah isya, dilanjutkan dengan kegiatan keasramaan dan santri beristirahat pukul setengah 10 malam. Dari sini terlihat pendidikan formalnya full day school, asramanya seperti pesantren. 

Fasilitas Thariq bin Ziyad Cikarang

Jika Anda datang ke SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang maka Anda disambut dengan gerbang sekolah yang sangat besar. 

Dan ketika masuk, di area sekolah yang sangat luas ini terdapat masjid, ruang kelas dan asrama yang ber-AC, perpustakaan, lapangan olahraga, aula serbaguna, laboratorium, ruang tahfidz, hingga broadcasting room.

Untuk asrama santri, masing-masing kamar dibatasi hanya 10-14 santri saja dan santri ditempatkan sesama dengan levelnya, jadi tidak perlu risau karena santri tidak disatu kamarkan dengan senior ataupun juniornya.

Selain ketersediaan sarana dan prasarana, masih kurang rasanya jika kami tidak membahas dari segi makanan para santri. Lauk utamanya adalah ayam / rendang/ ikan, dan masih dapat lauk tambahan dan buah, bahkan sesekali santri dapat minuman segar. Intinya uenak. 

Pendaftaran Thariq bin Ziyad Cikarang 2021 2022

Alur pendaftaran santri baru sangat mudah, dengan mengisi form registrasi online yang ada pada website resmi SMPIT Thariq bin Ziyad dan mengikuti arahan yang tersedia di sana.

Pendaftaran dibuka mulai 5 Januari – 27 Januari 2021. Setelah mendaftar, calon santri baru diwajibkan membayar formulir pendaftaran sekitar Rp. 300.000 ribu rupiah.

Biaya SMPIT Thariq bin Ziyad 2021 2022

Berdasarkan informasi yang berhasil kami himpun baik dari website resmi dan sumber lainnya, biaya masuk yang perlu dipersiapkan untuk biaya masuk SMPIT Thariq bin Ziyad Boarding School Cikarang sekitar 28.3 juta. 

Biaya tersebut mencakup uang pangkal, 7 stel seragam beserta atribut, SPP bulan juli, dan paket pengembangan kompetensi santri. Sedangkan uang syahriah atau SPP perbulannya sekitar 2.5 juta.

Kami rasa meskipun biaya perbulannya cukup mahal, tapi sudah sesuai dengan fasilitas asrama yang ber-AC, menu makanan dan laundry 3x seminggu. Jika ingin memilih boarding school lainnya di Bekasi dengan biayanya bisa kunjungi link ini.

Atau alternatif boarding school lain di Bekasi kami sajikan beberapa pilihannya.

Alamat Lengkap Pesantren

Untuk informasi selengkapnya Anda bisa mengunjungi langsung SMPIT Thariq bin Ziyad Bekasi yang beralamat di Perumahan Grand Cikarang City blok Sakura, Karangharja, Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi.

Atau menelepon call centre SMPIT Thariq bin Ziyad Cikarang di nomor (+62 21) 2928 2949 bisa juga mengunjungi website resmi di sini https://thariqboarding.sch.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *