pesantren terbaik di Pangandaran

Tashfia Boarding School | Pesantren Sunnah Putri di Bekasi

Posted by

Tashfia Boarding School dikenal juga sebagai pesantren sunnah putri di Bekasi. Istilahnya adalah pesantren yang bermanhaj salaf. Sehingga kami tertarik untuk mengulas ponpes di daerah Jati Asih Bekasi.

Kami rangkum informasi dari website resmi pesantren dan akan menyajikan dari profil pondok pesantren, pendaftaran pesantren, hingga biaya masuk SMP Tashfia Boarding School. Harapan kami informasi ini bisa mempermudah pencari informasi pesantren sunnah putri di Bekasi.

Profil Tashfia Boarding School

Tashfia Boarding School berdiri pada tahun 2001 dengan nama Yayasan Islam Salsabila, kemudian di tahun 2006 secara kelembagaan berganti nama Yayasan Tashfia. Dengan kata lain pesantren ini sudah cukup matang mengelola lembaga pendidikan lebih dari 20 tahun.

Di website tertulis identitas Pesantren SMP Putri Bermanhaj Salaf, atau di website kami sering diulas sebagi pesantren sunnah putri di Bekasi. Kalau di Bogor yang kami temukan seperti pesantren Minhaj Shahabah, kalau di Banten ada Riyadhus Sholihin.

pesantren tashfia boarding school bekasi

Sistemnya boarding school dengan jenjang SMP. Memiliki akreditasi B. Sehingga sudah memenuhi standard nasional. Kelebihan pesantren dengan model seperti ini adalah aspek pendidikan formal yang mendapatkan porsi cukup di pesantren.

Kurikulum Pendidikan di Pesantren Putri Tashfia

Induk kurikulum di SMP Tashfia Boarding School ada dua, yang pertama adalah kurikulum diknas dengan pembelajaran umumnya seperti Matematika, Biologi, dan lain sebagainya. Yang kedua adalah kurikulum pesantren dengan pendidikan agama.

SMP ini tidak menyediakan sistem kalong, tapi semua harus mukim di boarding school. Ini bagus, karena sistemnya akan berjalan menjadi efektif. Hanya saja, pesantren ini di akhir pekan ke-4 memperbolehkan santrinya untuk pulang ke rumah. Sebulan sekali pulang.

Adapun pekan lain akan digunakan untuk pembelajaran ekstra kurikuler di dalam pesantren yang jenisnya bermacam-macam. Pesantren sunnah putri di Bekasi ini memang istimewa.

Kurikulum Pendidikan Islam di Pondok

Sedangkan untuk pendidikan Islam yang diajarkan adalah Tahfidz Quran dengan target setiap santri minimal tujuh juz. Jumlah ini menurut kami sudah sangat cukup mengingat ini bukan pesantren khusus tahfidz Quran.

Kedua ada tafsir untuk meningkatkan kemampuan menjelaskan kandungan Al Quran. Ketiga adalah Tauhid. Selanjutnya ada Akhlaq yang menggunakan syarh Riyadhul Shalihin dan Minhajul Muslim.

Kemudian ada fiqh dan Tsaqafah Islamiyah dengan menggunakan buku dari Rakhiq Al Makhtum. Ini merupakan buku sejarah Islam yang sangat terkenal dan digunakan di banyak pesantren karena jelas dan lengkap.

Kelebihan Tashfia Boarding School Bekasi

Kalau bicara kelebihan pesantren Tahsfia Boarding School Bekasi, maka yang paling utama adalah lingkungan yang khusus putri. Karena jika satu lingkungan semuanya putri, maka kondusifitas akan terjaga, memiliki kelebihan dibanding pesantren putra dan putri.

Kelebihan selanjutnya dari pesantren sunnah putri di Bekasi ini adalah bahasa. Di pesantren ini bahasa menjadi satu aspek yang penekanannya cukup intensif. Terutama bahasa arab. Kemudian bahasa Inggris yang juga memiliki penekanan yang sama.

Ekstra kulikuler yang disediakan juga memfasilitasi sisi kewanitaan. Seperti tata boga, memasak, busana, sehingga benar-benar sesuai dengan nalurinya. Di samping itu olah raga dan lain sebagainya juga tersedia dengan baik. 

Untuk tahfidz Qurannya juga memiliki prestasi, artinya teruji. Seperti prestasi pada tahun 2015 yang pernah menjuarai Musabaqah Hifdzil Quran di SMAN 1 Bekasi, yang meraih juara 1, 2, dan 3.

Fasilitas Pesantren Tashfia Jati Asih

Untuk fasilitas pesantren ini khas boarding school. Kalau dari suasana memang tidak seistimewa boarding school di Bogor. Terutama dari lingkungan di luar kelas dan asrama. Tapi dari aspek gedung cukup memadai.

Contoh kelasnya menggunakan bangku yang satuan, kemudian untuk kamar menggunakan ranjang bertingkat, dengan jumlah siswa di kamar tidak begitu banyak seperti umumnya sekolah berasrama.

Sisi lain yang menarik dari pesantren ini memang bersih. Mungkin karena khusus putri jadinya cukup terjaga. Ini memang salah satu pesantren khusus putri terbaik di Bekasi.

Pendaftaran Pesantren Tashfia

Untuk pendaftarannya bisa online, caranya membayar biaya sebesar Rp150.001, ada angka unik sebagai konfirmasi. Kemudian untuk link pendaftarannya juga bisa tinggal ngisi di link berikut ini.

Yang harus disiapkan adalah bukti pembayaran, foto berwarna ukuran 3×4, sertifikat-sertifikat atau piagam yang dimiliki, plus salinan rapport kelas v semester II. 

Biaya Masuk SMP Tashfia Boarding

Adapun untuk biaya masuk total sebesar 18.750.000. Angka demikian cukup lumayan. Bisa dibadingkan dengan pesantren lain di Bekasi di link ini. Atau jika ingin melihat-lihat biaya boarding school terbaik di Bekasi lainnya bisa kunjungi link ini.

Untuk SPP bulanan sebesar Rp2.000.000. Menurut kami ini memang masuk klasifikasi boarding school. Maka biayanya lumayan. 

Alamat SMP Tashfia Boarding

Adapun untuk alamat lengkapnya di Jl. Ratna No. 82, Jatikramat, Jati Asih Bekasi. Nomor telepon yang bisa dihubungi 021-84978071. Info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://www.tashfia.com/

Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direvew cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan membantu publikasi agar bisa dijangkau masyarakat luas. 

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *