Pesantren Baitul Hidayah Bandung | Gontor dan Tahfidz Quran

Posted by

Pesantren Baitul Hidayah Bandung sedang naik daun. Namanya mulai diulas di banyak media personal seperti blog, media sosial dan lain sebagainya. Padahal pesantren ini belum lama berdiri, 2009, tergolong baru. Namun tumbuh dengan cepat.

Oleh sebab itu kami ingin sajikan informasi ringkas tentang pesantren bersumber dari website resmi yang kemudian kami berikan komentar. Di antaranya tentang profil, kurikulum pendidikan, pendaftaran dan biaya masuk pesantren Baitul Hidayah Bandung. Semoga bisa bermanfaat.

Profil Pondok Pesantren

Pesantren Baitul Hidayah Bandung berdiri di atas lahan 1.5 hektar. Bersumber dari tanah wakaf, pesantren ini berada di 950 meter di atas permukaan air laut. Inilah salah satu aspek paling menarik. Suhu di wilayah ini antara 17-25 derajat celcius. Rata-rata sekitar 20 derajat. Sehingga sejuk sekali.

Bandung memang dikenal memiliki dataran tinggi yang cukup eksotis. Hal ini pula salah satu yang membuat pesantren cukup diminati. Tempatnya memang indah. Dari pesantren ini bisa melihat gemerlap bumi Parahiyangan.

pesantren baitul hidayah bandung

Baitul Hidayah dari awal istiqamah beridentitas pesantren, tidak Islamic Boarding School. Bisa dibaca perbedaannya di sini. Sehingga salah satu yang cukup jelas terlihat adalah pendidikan agama Islam lebih dominan tanpa meninggalkan pendidikan umum.

Kiblatnya adalah pesantren Gontor Ponorogo. Bukan hanya inspirasi, tapi memang menjadi unsur penting dalam pendidikan di pesantren ini. Oleh sebab itu sering disebut pesantren alumni Gontor di Bandung.

Namun seperti layaknya pesantren alumni Gontor semacam Darussalam Bogor, atau Darunnajah Jakarta, identitas pesantren sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat wilayah. Di Pesantren Baitul Hidayah Bandung ada unsur pendamping yaitu Ihya’ Al Quran, termasuk tahfidz Quran.

Jadi secara sederhana pesantren ini memiliki dua identias utama, Pesantren Berkiblat Gontor dengan unsur pendidikan Al Quran, seperti tahfidz dan lain sebagainya.

Kurikulum Pendidikan di Baitul Hidayah

Untuk kurikulum pondok pesantren juga sama persis dengan Gontor menganut sistem kurikulum KMI. Model ini sudah menggabungkan antara unsur pendidikan agama dan umum dalam metode kelas, klasikal. Bukan pendidikan formal di kelas, agama dengan sorogan dan bandongan.

Selengkapnya tentang kurikulum KMI bisa dibaca di sini.

Kelebihan sistem ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran antara agama dan umum berjalan selaras. Materi pokok seperti IPA, Matematika, dan lain sebagainya sudah dipelajari, tapi tidak dituntut terlalu banyak sehingga melupakan pendidikan agama Islam.

Oleh sebab itu masih bernama pesantren bukan boarding school. Ijazahnya juga mandiri, yaitu ijazah mu’adalah seperti Pesantren Gontor, Sidogiri Pasuruan, juga pesantren besar lain yang memiliki kurikulum mandiri. Karena jangan sampai kurikulum mengganggu kegiatan di asrama yang berbasis pesantren.

Santri diterima dari jenjang selepas SD dan SMP atau sederajat. Santri putra atau putri yang dari SD akan menikmati pendidikan enam tahun, dari kelas satu hingga enam. Sedangkan yang SMP empat tahun. Jenjangnya kelas 1, 3, 5, dan 6.

Ada tambahan satu tahun bagi lulusan SMP. Karena untuk mengejar ketertinggalan pendidikan, terutama dalam aspek bahasa arab. Pendidikan di pesantren ini rata-rata menggunakan bahasa arab sebagai pengantar. Nantinya yang daftar lulusan SD dan SMP bertemu di kelas 5 dan 6.

Ihya dan Tahfidz Quran di Pesantren

Keunggulan dari pesantren ini selain kurikulum Gontor adalah program Ihya’ Quran. Artinya memang menghidupkan Quran, namun esensinya tiga unsur utama, yaitu tahfidz Quran, Ulumul Quran, Tafsir, dan Qiroah.

Memang tidak sekental pesantren yang khusus Quran seperti PIQ Malang, atau Hamalatul Quran Tasikmalaya. Namun penyatuan antara kurikulum Gontor dan Ihya Quran menjadi istimewa.

Uniknya tahfidz di pesantren ini tidak memiliki target tertentu, namun dipacu sesuai kemampuan santri yang bisa jadi mencapai 30 juz hingga lulus. Jika hafal sudah lebih dari 10 juz, ada muroja’ah khusus. Pendampingan khusus.

Untuk materi pendukungnya menggunakan Tuhfatul Athfal, pembahasan tajwid, juga ulumul Quran, tahsin Qiroah dan lain sebagainya.

Kegiatan Harian Santri di Pesantren

Kegiatan di pesantren ini dimulai sejak pukul 3:30 untuk Qiyamul Lail dan tadarus. Baru dilanjutkan dengan shalat dan dzikir. Nah jika di pesantren Gontor pagi selepas subuh untuk kosa kata bahasa, di pesantren ini khusus untuk tahfidz Quran.

Barulah kemudian dari pukul 07:30 hingga dhuhur masuk kelas. Penyampaian dan hafalan kosakata baru dilakukan pada pukul 12:30-14:00. Terlihat bagaimana di pesantren ini Tahfidz Quran menjadi utama, karena terletak di pagi hari.

Nantinya ada waktu sejenak untuk istirahat siang. Istilahnya Qaylullah, ini juga yang biasa terjadi di pesantren-pesantren tahfidz Quran. Selepas ashar santri kembali masuk program Ihya’ Al Quran. Jadi begitu dominan program ini di pesantren.

Untuk waktu dari 16:00-17:15, ada yang namanya life skill, olah raga, intinya pengembangan pribadi di luar pendidikan formal. Mengembangkan sesuai passion masing-masing. Sebelum magrib Quran lagi.

Malam juga demikian, ada waktu 15 menit selepas isya untuk murajaah Al Quran. Selepasnya barulah santri belajar malam. Nantinya santri tidur pada pukul 21:30.

Dari sini terlihat dominasi di pesantren Baitul Hidayah Bandung adalah pendidikan formal dan tahfidz Al Quran.

PanduanTerbaik.id

Fasilitas Pesantren Baitul Hidayah Cimenyan

Ada sisi kelebihan pesantren Baitul Hidayah dalam review yang kami lakukan. Yang utama memang lokasi di dataran tinggi. Suasana dengan suhu mencapai 18 derajat celcius sangat cocok untuk pendidikan pesantren plus menghafal Al Quran.

Sedangkan fasilitas lain menurut kami standard. Kamar tidak menggunakan ranjang bertingkat. Persis seperti Gontor. Menggunakan kasur tebal 15 centimeter yang di tata di lantai. Nanti dirapikan selepas bangun tidur. Dilatih untuk serba mandiri.

Kelasnya di Pesantren Baitul Hidayah Bandung juga biasa, bangku kursi tidak ada yang spesial seperti menggunakan alat-alat canggih. Artinya jika ingin fasilitas lebih, memang lebih baik di boarding school. Kami sudah pernah merangkum Boarding School terbaik di Bandung.

Pendaftaran Pesantren Baitul Hidayah

Untuk pendaftarannya entah kenapa begitu singkat. Dibuka 24 Desember, kemudian ditutup pada 10 Maret. Pendaftarannya online. Tidak perlu datang. Kalau ingin lihat cukup lihat video saja. Hehehe.

Namun ada ujian seleksi dengan materi utama adalah membaca dan hafalan Al Quran. Juga ada praktek ibadah. Ujian tulis seperti berhitung. Praktek ibadah. Serta yang harus khusus disiapkan adalah imla’, atau dikte bahasa arab.

Biaya Masuk Pesantren Baitul Hidayah

Untuk biaya masuk lulusan SD sebesar 4.8 juta, sudah termasuk SPP dan biaya buku. Sedangkan untuk lulusan SMP sebesar 5.050.000. Selisih sedikit yang terletak pada perbedaan jumlah buku yang harus dikonsumsi.

Tapi di pesantren ini setiap tahun akan ada daftar ulang yang nilainya sekitar 65% dari sebelumnya. Untuk tahun kedua 3.1 juta. Tahun ketiga, 3.3 juta, dan seterusnya. Bahkan kelas 5 mencapai 5.7 juta, dan kelas akhir 7.6 juta.

Untuk SPP bulanannya 550 ribuan. Jika ingin alternatif pesantren yang lebih murah dan lebih mahal bisa dibaca di pesantren terbaik di Bandung.

Alamat Lengkap Pesantren

Alamat lengkap pesantren berada di Bukit Panyandaan, Mandala Mekar, Kec. Cimenyan, Bandung. Adapun nomor teleponnya +628 212 7777 949. Kalau ingin mendaftar dan informasi lain lebih valid bisa kunjungi website resmi di sini, https://baitulhidayah.org/

Jika ada kekeliruan mohon bisa dicantumkan di kolom komentar. Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview bisa kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *