pesantren sidogiri pasuruan

Pesantren Al Ittihad Cianjur | Keunggulan dan Biaya Terjangkau

Posted by

Pesantren Al Ittihad Cianjur merupakan pesantren yang sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat. Bahkan Presiden RI, Bapak Joko Widodo pun pernah berkunjung dan memberikan petuahnya di pesantren ini.

Berikut kami rangkumkan berbagai informasi mengenai Pondok Pesantren Al Ittihad Cianjur dari segi profil, pendidikan, sarana dan prasarana, hingga biaya masuk. Informasi ini seluruhnya kami peroleh dari website pondok, brosur, dan video youtube. Semoga menjadi bacaan yang bermanfaat.

Pondok Pesantren Al Ittihad Cianjur

Pondok Pesantren Al Ittihad Cianjur yang dipimpin oleh KH. Kamali Abdul Ghani ini merupakan lembaga pendidikan yang mengedepankan aspek religius yang terintegrasi dengan pendidikan umum dan agama yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dilengkapi dengan teknologi.

Secara corak Pesantren Al Ittihad adalah pesantren nahdliyin, pesantrennya salah satu ormas islam terbesar di indonesia, Nahdlatul Ulama. Yang fokus pendidikannya berlandaskan pada pemikiran – pemikiran ahlu sunnah wal jamaah (ASWAJA).

Pesantren Al Ittihad Cianjur

Pendidikan di Ponpes Al Ittihad Cianjur

Yang istimewa Pesantren Al Ittihad Cianjur memiliki 3 prioritas pendidikan. Yang pertama adalah kitab kuning yang membahas berbagai ilmu pokok islam melalui kajian yang dilaksanakan 3 kali dalam sehari.

Kemudian yang kedua adalah program bahasa arab dan inggris melalui pembiasaan muhadatsah (latihan bercakap – cakap) 2 kali sehari. Terakhir adalah pengetahuan umum dan pengaplikasian teknologi pada sistem pendidikan berbasis mobile dan website. Jadi sistem pondok canggih dan tidak rumit dengan berkas kertas.

Adapun unit pendidikan yang ada di Al Ittihad sendiri terdiri dari beberapa tingkatan. Mulai dari SD IT Al Ittihad, SMP – SMA Plus Al Ittihad, SMKS Al Ittihad (dengan 3 program pilihan; rekayasa perangkat lunak, analisis pengujian laboratorium (analisis kimia), dan otomisasi dan tata kelola perkantoran / administrasi perkantoran), dan tingkat terakhir STAI Al Ittihad jenjang S1 dengan program ekonomi syariah dan pendidikan anak usia dini.

Kegiatan Harian

JamKegiatan
03.00 – 05.00Tahajjud dan sholat subuh berjamaah
05.00 – 06.00Pengajian kitab kuning dan al qur’an
06.00 – 07.20Mandi, makan, persiapan sekolah
07.20 – 12.30Kegiatan belajar mengajar formal (KBM)
12.30 – 14.00Sholat dzuhur berjamaah dan makan siang
14.00 – 15.00Olahraga dan istirahat
16.00 – 17.00Pengajian kitab kuning, muhadatsah bahasa arab dan inggris
18.00 – 19.30Sholat maghrib, pengajian kitab kuning, al qur’an dan muhadatsah
19.30 – 21.00Sholat isya berjamaah dan makan malam
21.00 – 22.00Belajar malam bersama
22.00 – 03.00Istirahat

Ekstrakulikuler Pesantren Al Ittihad Cianjur

Kegiatan ekstrakulikuler Pondok Pesantren Al Ittihad Cianjur sangat banyak dan beragam. Beberapa di antaranya pramuka, PMR, paskibra, protokoler, teater, seni angklung.

Ada lagi latihan pengembangan syarhil qur’an (LPSQ), seni melukis dan kaligrafi, marawis, hadroh, jurnalistik, marching band, bela diri, dan beberapa ekstrakulikuler olahraga.

Keunggulan Fasilitas Al Ittihad Cianjur

Salah satu keunggulan dari Pesantren Al Ittihad Cianjur adalah dari segi sarana dan prasarana yang ada. Nah, sarana yang lengkap di ittihad bisa menjadi pertimbangan.

Mulai dari gedung sekolah, aula pertemuan, asrama santri putra dan santriwati putri yang terpisah, masjid, perpustakaan, laboratorium komputer, IPA mandiri, kimia, dan bahasa.

Ada juga balai latihan kerja, UKS dan POSKESTREN, gor al badar dan al maryamah, kantin, hingga ATM (anjungan tunai mandiri) juga tersedia. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan.  

Pendaftaran Santri Baru

Jika tertarik mondok di Al Ittihad, waktu pendaftaran dibuka mulai bulan Februari sampai Juni di setiap jam kerja. Bisa online melalui website atau datang langsung.

Adapun berkas – berkas yang dibutuhkan sebagai persyaratan adalah sebagai berikut:

  • Mengisi formulir pendaftaran dan surat kesediaan mukim
  • Pas foto hitam putih dan warna ukuran 2×3 dan 3×4 (berseragam sekolah dan santriwati putri berkerudung)
  • FC akta kelahiran dan KK
  • FC KTP orangtua / wali santri
  • Melampirkan NISN
  • Melampirkan KIP (kartu indonesia pintar) bagi yang memiliki
  • Melampirkan ijazah dan surat keterangan lulus
  • Melampirkan surat keterangan berkelakuan baik / bebas narkoba dari sekolah, dan surat keterangan pindah / mutasi (bagi santri pindahan)

Biaya Masuk 2022 – 2023

Jenjang PendidikanBiaya MasukSPP
SMPRp. 4.850.000Rp. 690.000
SMARp. 4.860.000Rp. 700.000
SMKRp. 4.960.000Rp. 700.000

Ini adalah biaya masuk tahun 2022 – 2023, biaya tersebut sudah meliputi infaq, SPP, uang makan 3x sehari, dana kesehatan, pengembangan bahasa per tahun, PHBI per tahun, perlengkapan santri (kasur, lemari, map, rapor, dan ijazah), biaya MOS, hingga biaya praktik komputer pertahun.

Menurut kami biaya ini terjangkau untuk daerah Cianjur. Bisa dibandingkan dengan beberapa pondok lain melalui link ini. Sudah kami sajikan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Tertarik untuk melihat pesantren bisa datang langsung ke Jl. Raya Bandung KM 03 Rawabango, Ds. Bojong, Kec. Karangtengah, Kab. Cianjur – Jawa Barat.

Informasi lebih detil, valid, dan update bisa hubungi contact person di nomor +62 821 1763 6006 / +62 857 2299 1741. Kunjungi juga website resmi pondok di link ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *