Pesantren Jagasatru Cirebon | Keunggulan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Jagasatru Cirebon berlokasi di daerah Jagasatru, Cirebon, Jawa Barat. Pondok pesantren ini sudah sudah berdiri sejak tahun 1920, dan bahkan menjadi pusat pergerakan ulama melawan penjajah di Cirebon di jaman sebelum kemerdekaan.

Hebatnya, pesantren ini masih eksis sampai sekarang. Oleh sebab itu kami akan menuliskan profil Pondok Pesantren Jagasatru Cirebon khususnya dalam aspek profil lembaga, pendidikan yang ada di dalamnya, dan biaya masuk. Kami himpun dari beragam sumber, utamanya adalah website resmi dan brosur yang berhasil kami dapatkan.

Pesantren Jagasatru Cirebon

Pondok Pesantren Jagasatru Cirebon dirintis dan didirikan tahun 1920 oleh Almarhum Habib Syekh bin Yahya, yaitu ulama kharismatik kelahiran Palimanan. Setelah Habib Syekh wafat pada 14 Juni 1964, kepengurusan Pesantren dilanjutkan oleh putranya Habib Muhammad bin Yahya yang lebih dikenal dengan sebutan “Kang Ayip”.

Dibawah kepemimpinan Kang Ayip Pesantren Jagasatru mengalami perkembangan pesat, dikenal luas oleh masyarakat Cirebon bahkan luar Cirebon. Beliau wafat tahun 2006. Selepas kewafatan Kang Ayip Pesantren Jagasatru kemudian dibawah pengurusan anak keturunannya Habib Hasanain bin Yahya hingga sekarang.

pesantren jagasatru cirebon

Kini Pesantren Jagasatru dipimpin Habib Hasanain putra dari Habib Muhammad Yahya. Kurang lebih ada sekitar 400 santri baik putra maupun putri. Meski telah berganti kepemimpinan, Pesantren Jagasatru tetap mempertahankan ciri khasnya dengan mengajarkan kesederhanaan dan kemandirian pada santrinya.

Pendidikan di Pesantren

Pesantren Jagasatru Cirebon menyelenggarakan pendidikan formal, utamanya adalah jenjang Tsanawiyah dan Aliyah, yaitu jenjang setara dengan SMP dan SMA. Namun yang paling menonjol adalah pendidikan pesantren.

Disebut juga dengan diniyyah. Di antara materi yang dipelajari adalah tafsir Jalalain, Fikih seperti Safinatun Najah, Taqrib, Bulughul Maram, ada juga akhlaq seperti Riyadhus Shalihin, Wasoya, ada juga tasawuf, tauhid dan hadist.

Pesantren ini juga memiliki ciri khas sebagai pesantren klasik, dengan metode belajar kitabnya yang sorogan dan bandongan. Di samping itu santri dominan memakai sarung, koko dan kopyah. Terasa sejuk kalau melihatnya.

Keunggulan Pesantren Jagasatru Cirebon

Menurut kami, ada beberapa keunggulan Pondok Pesantren Jagasatru Cirebon yang patut dipertimbangkan. Pertama, model pembelajaran tahsinul Qur’an menjadi unggulannya. Santri belajar Qur’an setiap selesai shalat fardhu setiap hari, kecuali hari Jum’at ada kegiatan khusus.

Kedua, semua santri mendapatkan bekal ilmu agama melalui pembelajaran kitab-kitab salaf aswaja yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits. Santri juga wajib mengikuti madrasah diniyyah salafiyyah.

Ketiga, pondok ini memadukan pendidikan agama dan pendidikan pengetahuan umum. Sehingga, semua lulusannya dapat melanjutkan ke seluruh perguruan tinggi. Jadi cukup representatif.

Program unggulan lainnnya adalah latihan keterampilan hidup kemandirian dan kesederhanaan. Di pesantren ini, santri bukan saja tak diperkenankan membawa dan menggunakan alat-alat elektronik. Bahkan santri harus memasak sendiri untuk makan sehari-harinya. Hal itu sebagai pendidikan bagi santri agar bisa hidup mandiri.

Fasilitas Pesantren

Pesantren Jagasatru Cirebon memiliki fasilitas sarana yang lengkap. Bangunan utama seperti masjid, asrama pesantren, gedung sekolah, aula, perpustakaan, dan lapangan. Ini cukup memadai untuk belajar.

Bangunan pendukung seperti, kantor, ruang tamu, kopontren, dapur, mck/wc, dan gudang mendukung pemenuhan kebutuhan santri di dalam pesantren. Karena pesantren sudah berumur lama, jadi cukup mapan.

Fasilitas akademik juga lengkap, seperti laboratorium komputer, laboratorium bahasa, free wifi, dan perpustakaan digital adalah bentuk perhatian pesantren pada pemenuhan kebutuhan teknologi bagi santri.

Ekstrakurikuler Santri

Fasilitas kegiatan pengembangan diri dalam bentuk ekstrakurikuler juga sangat bervariatif. Kegiatan Tahfidzul Qur’an, Ta’limul Qur’an, Qiroatul Qur’an bit Tartil Wat Taghonni, Kursus Mu’allim Al Qur’an, dan Pengajian Kitab Kuning menjadi yang utama.

Seni hadrah, khitobah, kursus kaligrafi, kursus bahasa arab juga menarik bagi santri. Pilihan lain ada kegiatan kursus komputer dan bahasa Inggris. Untuk santri putra ada pilihan seni bela diri. Untuk santri putri ada pilihan ketrampilan menjahit, dan memasak.

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Pendaftaran dibuka sekitar bulan Maret setiap tahun. Calon santri membayar administrasi pendaftaran sebesar Rp. 100.000. Biaya pendidikan di awal masuk sebesar Rp 600.000 untuk santri putra dan 850.000 untuk santri putri.

Data biaya ini kami dapatkan dari brosur TA 2020/2021. Kemungkinan ada perubahan untuk saat ini sesuai kebijakan pesantren. Menurut kami ini cukup terjangkau, bisa disandingkan dengan biaya pesantren lain di Cirebon di link ini. Kami juga sajikan dengan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Pondok Pesantren Jagasatru Cirebon berlokasi Jalan Jagasatru No. 58N Kelurahan Jagasatru Kota Cirebon Jawa Barat. Atau bisa klik link Google Maps. Jika ingin informasi lebih lengkap bisa kunjungi laman Facebook Ponpes Jagasatru Cirebon di sini.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih update. Semoga informasi ini bisa menjadi pertimbangan bagi anak Anda yang ingin menikmati kehidupan di pesantren terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *