Ponpes Al Mawaddah Ponorogo | Surga Pendidikan Khusus Putri

Posted by

Ponpes Al Mawaddah Ponorogo merupakan lembaga pendidikan yang dibangun sejak tahun 1989 ini adalah cita-cita dari salah satu pimpinan pondok modern Gontor yaitu KH. Ahmad Sahal. 

Oleh sebab itu dalam banyak aspek, pesantren khusus putri di Ponorogo ini memiliki nilai-nilai yang mirip dengan Gontor. Kami berusaha merangkum dari website resmi dan beberapa tulisan di internet lainnya. 

Kami akan sajikan dari identitas pendidikan, kurikulum, biaya masuk pendaftaran, dan informasi penting lainnya. 

Pesantren Khusus Putri Modern

Berdiri selama 31 tahun tentu bukan hal yang mudah untuk sebuah lembaga pendidikan. Namun, Ponpes Al Mawaddah Ponorogo membuktikan eksistensinya lewat kiprah pendidikan khas pesantren putri modern. 

ponpes al mawaddah ponorogo

Meskipun Pondok Pesantren Al Mawaddah adalah ponpes khusus putri, namun memiliki banyak sekali program pengembangan diri. Beberapa diantaranya adalah public speaking, pramuka, tahfidz quran, kaligrafi dan khot serta drum band putri. 

Al Mawaddah juga tidak melupakan prioritas bagi pelajaran umum, salah satunya adalah kelompok-kelompok belajar sains, sejarah hingga Matematika saat belajar malam. Ini salah satu kelebihan, porsi pendidikan umumnya besar.

Ponpes Al Mawaddah Ponorogo khusus putri ini membuka empat jurusan bagi tingkat aliyah, yaitu IPA dan IPS, serta tata busana dan kesehatan untuk santriwati yang memilih SMK sebagai sekolah lanjutannya. 

Para alumninya banyak yang berprofesi sebagai guru, dosen, daiyah, arsitek, ahli ekonomi, ahli hukum, sosiolog, psikolog, designer, diplomat hingga penerjemah. 

Kalau ingin melihat pesantren terbaik khusus putri di pulau Jawa lainnya bisa kunjungi link ini.

Kegiatan Harian di Al Mawaddah Ponorogo

Dalam keseharian, santriwati sudah bangun sebelum subuh untuk menunaikan sholat tahajud atau sahur bagi yang akan berpuasa. Pagi hari seusai sholat shubuh, santriwati akan bermurojaah, menyetor hafalan atau membaca tartil Al Quran masing masing. 

Selanjutnya, pelajaran bahasa pun dimulai dan berakhir pada pukul 05.15.  Pukul 07.00, semua santriwati masuk ke kelas hingga 15:00. Jeda shalat dhuhur dan makan sebentar. 

Olahraga dan istirahat dilakukan di sore hari, banyak santriwati yang juga memanfaatkan waktu tersebut untuk mencuci, menyetrika atau sekedar merapikan lemari. 

Sebelum adzan maghrib, tepatnya pukul 17.00 seluruh santriwati akan berkumpul di masjid untuk mengaji dan sholat maghrib. Agenda terakhir dalam keseharian santriwati Al Mawaddah adalah belajar malam lepas sholat isya. 

Selain kegiatan sehari-hari yang sudah cukup padat, santriwati Al Mawaddah juga memiliki beragam extrakulikuler yang wajib diikuti. Agenda tahunan seperti pentas panggung gembira, drama arena, pekan perkenalan khutbatul arsy juga selalu menanti. Semua untuk meningkatkan kemandirian dan kreativitas santri.

Fasilitas Pesantren 

Gedung-gedung apik nan representatif berdiri di Al Mawaddah, selain bangunan pondok Al Mawaddah terdapat juga bangunan kampus bagi SDIT, TK dan Play Group. 

Pondok juga dilengkapi dengan luasnya taman yang cocok untuk belajar atau sekedar berjalan jalan santai. Bagi santriwati yang ingin berolahraga, dapat menuju gedung olahraga. 

Sarana prasarana lainnya adalah wartel, koperasi, wisma tamu, radio Al Mawaddah, konveksi, foto copy, laboratorium IPA, IPS, komputer dan microteaching, dan masih banyak lagi. 

Pendaftaran Ponpes Al Mawaddah

Bagi anda yang tertarik untuk medaftar di Ponpes Al Mawaddah Ponorogo, dapat terlebih dahulu mengisi formulir secara online di sini

Atau datang langsung ke Al Mawaddah. Setelah itu melakukan pembayaran formulir melalui rekening yang tersedia di website resmi Al Mawaddah. 

Kemudian Anda mendapat kartu ujian dan mengikuti ujian lisan dan tulis. Ujian tulisnya berupa ujian pada pengetahuan umum, agama dan matematika.

Sedangkan untuk ujian lisannya, calon santriwati akan di tes bacaan Al Qurannya, praktek ibadah, menulis arab, bahasa Indonesia dan Inggris, Matematika dan melakukan sesi wawancara. 

Biaya Masuk Al Mawaddah Ponorogo

Setelah dinyatakan lulus, santriwati dapat membayar biaya santriwati baru yang rinciannya akan diberikan langsung oleh panitia penerimaan santriwati baru. Jangan lupa untuk menyiapkan berkas seperti fotocopy ijazah, legalisir surat lulus, foto 3×4 , surat kelakukan baik, foto copy KK dan akte kelahiran. 

Bagi 10 santriwati di gelombang satu yang dinyatakan lulus dengan predikat terbaik, maka Al Mawaddah memberikan bonus gratis uang pangkal senilai kurang lebih Rp. 1.000.000. 

Adapun waktu pendaftaran Ponpes Al Mawaddah Ponorogo dimulai pada akhir tahun, sekitar bulan Desember hingga Januari. Bagi anda yang ingin mencoba di gelombang dua, dapat memulai ujian pada bulan mei dan juni. 

Biaya Pendaftaran 2021 2022

Untuk biaya masuk Al Mawaddah di tahun 2021 sekitar 5.900.000 yang kami dapat dari brosurnya. Hampir enam juta. Kalau di Ponorogo rata-rata pesantren modern biayanya sekian.

Nantinya setiap tahun ada biaya pendaftaran ulang sekitar 1.9 jutaan. Sedangkan untuk SPP setiap bulan sekitar 600.000-an. Bisa berbeda tergantung tahun.

Jika ingin alternatif pesantren yang lebih murah atau lebih mahal, bisa kunjungi review kami di pesantren terbaik Ponogoro di link ini. 

Alamat Lengkap Al Mawaddah Ponorogo

Pesantren khusus putri di Ponorogo ini beralamat  Ngrayun, Coper, Jetis, Ponorogo, Jawa Timur. Kalau dari pesantren Gontor 10 menit. Cukup dekat. Sehingga banyak santri Al Mawaddah memiliki keluarga yang juga santri di Gontor. 

Jika ada kekeliruan mohon bisa dicantumkan di kolom komentar. Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *