Pesantren Al Mawaddah Jagakarsa Ciganjur | Biaya dan Keistimewaan

Posted by

Pesantren Al Mawaddah Jagakarsa Ciganjur merupakan salah satu pesantren ternama di Jakarta. Nama Al Mawaddah sendiri tidaklah asing, di Jawa Timur nama ini dipakai untuk pesantren khusus putri, yaitu Al Mawaddah Ponorogo. Namun di Ciganjur Jagakarsa adalah pesantren putra dan putri.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulas Pesantren Al Mawaddah Jagakarsa lebih jauh bersumber dari halaman facebook, brosur yang kami dapatkan, serta rangkuman informasi lainnya di internet. Semoga bisa bermanfaat bagi calon santri di Jabodetabek.

Profil Al Mawaddah Ciganjur

Namanya lebih dikenal dengan Pondok Pesantren Al Mawaddah Ciganjur, mengikuti nama daerahnya. Biasanya pesantren memang demikian seperti Gontor atau Tebu Ireng sebagai nama desanya. Berdiri pada tahun 2000 di bawah naungan Yayasan Baitul Rahim Ciganjur.

pesantren al mawaddah jagakarsa

Usia pesantren bisa dikatakan sudah cukup matang, jenjangnya adalah MTs dan Madrasah Aliyah untuk putra dan putri. Pola pendidikannya khas pesantren dengan muatan keagamaan yang cukup kental yang didampingi penuh selama 24 jam.

Kurikulum Pesantren Al Mawaddah Jagakarsa

Kurikulum pesantren Al Mawaddah Ciganjur tergolong menarik. Ponpes di Jakarta Selatan ini menggabungkan tiga kurikulum sekaligus. Pertama kurikulum kemenag. Yang satu ini untuk pendidikan formal santri. Memang isi dari kurikulum kemenag sudah termasuk dengan muatan agama.

Tidak cukup hanya itu, ada juga muatan kurikulum pesantren modern. Tandanya adalah bagaimana jadwal pendidikan diatur dengan begitu rapi selama dua puluh empat jam dan mengkombinasikan antara pendidikan di kelas dengan di asrama.

Apalagi ada unsur bahasa asing, yaitu arab dan inggris yang menjadi cirikhas dari pendidikan pesantren modern Al Mawaddah Jagakarsa. Tapi ternyata dua kurikulum juga belum cukup, masih ada satu lagi yang menjadi nilai tambah.

Yaitu kurikulum pesantren salafiyah. Ini adalah kurikulum khas pesantren-pesantren wilayah Jawa Tengah dan Timur. Dimana salah satu tandanya adalah mendalami pembelajaran kitab kuning secara intensif.

Porsinya cukup besar, di waktu malam santri akan diajarkan membaca kitab selama satu setengah jam. Juga ada kelebihan untuk pendidikan kemampuan membaca kitab dengan cepat. Ada nahwu sharf dan lain sebagainya.

Pesantren NU di Jakarta Selatan

Menurut kami ini juga masuk dalam jajaran pesantren NU di Jakarta Selatan. Mengapa kami sebut demikian, karena beberapa identitasnya hadir di pesantren ini. Di antaranya adalah peningkatan aspek ruhiyah begitu kental seperti bacaan Rattibul Haddad, wirdul latif, Rattib Al Athas.

Kedua juga ada kegiatan mingguan yang menjadi identitas pesantren NU di Indonesia, yaitu Tahlilan dan Maulid. Ekstra juga demikian, ada beberapa yang khas pesantren NU, yaitu Marawis, Shalawat Simtudduror.

Di Jakarta pesantren demikian tidaklah banyak. Oleh sebab itu Pesantren Al Mawaddah Jagakarsa termasuk salah satu pesantren terbaik dengan beragam aktivitasnya.

PanduanTerbaik.id

Kelebihan Ponpes Al Mawaddah

Menurut kami ada beberapa kelebihan Pesantren Al Mawaddah Jagakarsa. Di antaranya adalah kombinasi kurikulumnya lengkap. Sehingga tidak khawatir pendidikan formal, plus salafiyah yang mendalami kitab.

Kedua Pendidikan ruhiyahnya cukup banyak. Sehingga memperkaya hati dengan dzikir dan lain sebagainya. Tidak lupa santri putra dan putri sudah lumayan banyak. Artinya secara kegiatan sudah stabil. Bisa diatur dengan pembagian jumlah santri yang optimal.

Sedangkan secara fasilitas menurut kami standard pesantren. Tidak mewah seperti Boarding School Terbaik di Bogor dengan biaya puluhan juta.

Pendaftaran Pesantren Al Mawaddah 2021

Kami mendapatkan brosur tahun 2019, tapi kiranya bisa menjadi panduan pendaftaran pesantren Al Mawaddah tahun 2021. Terutama syarat dan ketentuannya. Di antara yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

Pakaian shalat wajib dibawa, bahkan piring dan gelas, plus ember dan gayung untuk mencuci. Putra koko putih dan peci putih wajib punya, kalau yang putri gamis hitam. Sedangkan syarat-syarat lain standard seperti,

Legalisir SKHUN, Ijazah, Akte Kelahiran, NISN, surat keterangan sehat, fotokopi KTP, KK dan lain sebagainya. Menurut kami cukup mudah tidak banyak syarat yang susah.

Biaya Pesantren Al Mawaddah Ciganjur

Untuk biaya pesantren Al Mawaddah Jagakarsa yang kami cantumkan adalah tahun 2019, namun demikian bisa menjadi patokan biaya pesantren Al Mawaddah Jagakarsa 2021.

Untuk pendaftarannya Rp300.000-an. Sedangkan untuk biaya masuk sebesar Rp3.800.000. Mungkin di tahun 2021 sekitar 4.3 jutaan. Karena biasanya satu tahun naik 5%. Sedangkan untuk SPP bulanan di tahun 2019 sebesar Rp550.000. Mungkin di tahun 2021 sudah di angka Rp600.000-an.

Biaya ini untuk pesantren wilayah Jakarta menurut kami cukup terjangkau. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Jakarta di link berikut ini. Kami sudah sajikan beragam kelebihan serta informasi biayanya.

Alamat Lengkap Pondok Pesantren

Adapun alamat lengkapnya adalah Jl. Sadar Raya No.34, RT.3/RW.4, Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Kalau dari blok M bisa naik s, 12c turun langsung depan komplek Yayasan Baitul Rahim Ciganjur.

Untuk info lebih lengkap bisa kunjungi nomor 0821 1337 9047. Bisa WhatsApp, nanti dilayani dengan baik. Halam facebooknya bisa dikunjungi di link ini. Semoga informasi pesantren Al Mawaddah Jagakarsa yang kami sajikan beramanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *