SMP Luqman Hakim Surabaya

7 Hal Terbaik Darul Hikam Tahfidz Putri

Posted by

Darul Hikam Tahfidz Putri adalah pesantren di Mojokerto Jawa Timur. Sebenarnya Darul Hikam juga memiliki pesantren reguler putra dan putri, namun demikian kami melihat hal yang lebih istimewa di pesantren tahfidz khusus putri Darul Hikam 2.

Terletak di Mojokerto, kampus ini berdiri kokoh di tengah sawah. Khas seperti umumnya pondok pesantren yang ada di Indonesia yang mencari wilayah menyepi agar suasana kondusif. Berikut kami sajikan 5 hal terbaik dari Darul Hikam khusus tahfidz quran putri.

Kawasan Eksklusif

Berbeda dengan pesantren pada umumnya, Darul Hikam 2 justru fokus pada pendidikan khusus putri. Tidak ada putra. Satu kawasan hanya ditemukan sosok pria pada diri ustadz yang menjaga kawasan, serta pimpinan pondok.

Semuanya putri. Suasana seperti inilah yang membuat santri sangat nyaman untuk menghafal Al Quran. Bahkan setiap harinya ada yang mampu hingga dua halaman bahkan lebih.

Terlebih berada di tengah sawah yang jauh dari keramaian. Maka jika Anda berada di pesantren ini lebih sering terdengar sunyi dan suara jangkrik. Tidak ada suara kendaraan. Tapi lampu-lampunya sangat terang sehingga terlihat seperti bandara.

Belum lagi di sekitarnya berdiri pagar kokoh yang mengelilingi asrama. Pesantren putri memang yang diutamakan berdirinya pagar agar mampu melindungi kawasan santri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Inilah hal terbaik pertama di Darul Hikam khusus putri.

Suasana Kamar Darul Hikam Tahfidz Quran Khusus Putri

Metode Tahfidz bit Talqin

Jika di tempat lain tahfidz Quran mementingkan kecepatan, lain halnya dengan di Darul Hikam 2. Di pesantren ini tidak mementingkan kecepatan. Justru sudah terkurikulum untuk menghafal 30 juz minimal butuh waktu 2 tahun, standard waktu 3 tahun.

Polanya pun berbeda. Ketika seorang santri baru bisa lancar membaca Al Quran, maka ada metode talqin, yaitu metode di mana guru mengucapkan ayat Al Quran, nantinya siswa mengulang-ulang. Begitulah awalnya sehingga menjadi terbiasa untuk menghafal Al Quran.

Oleh sebab itu tahfidz Quran di pesantren ini di tahun pertama bisa menghafal 10 juz lebih. Tapi di tahun kedua dijamin akan lebih sedikit. Begitu juga di tahun berikutnya. Karena tahun berikutnya memiliki beban untuk mengulang hafalan di tahun sebelumnya. Sehingga beban hafalan tahun selanjutnya akan menurun.

Dengan pola demikian hafalan di Darul Hikam 2 menjadi sangat kuat. Tidak sebatas menghafal. Oleh sebab itu banyak yang transfer dari pesantren lain, terpaksa harus mengulang beberapa juz karena belum mutqin, atau benar-benar melekat di kepala.

Guru Bersanad

Di banyak pesantren tahfidz Quran mendapatkan guru bersanad kepada Rasul bukanlah hal yang mudah. Guru bersanad berarti sudah memiliki sertifikat sanad hafalan. Dengan kata lain hafalannya cukup bagus.

Di pesantren ini KH. Masruhan Choteb, pimpinan pesantren, memang memiliki sanad dan terpampang besar di ruang pendaftaran. Efek bagusnya adalah, tidak mungkin orang memiliki sanad justru melewatkan begitu saja hafalan santrinya, tentu harus diawasi dengan sangat ketat.

Di sinilah mengapa menghafal di Darul Hikam 2 memiliki waktu lebih dari setahun. Semua karena tidak ingin santrinya menghafal tapi tidak sesuai dengan standard yang sudah ditetapkan.

Oleh sebab itu sang Kyai pun mencari guru-guru yang memiliki sanad. Meskipun tidak semua, namun sudah cukup untuk mendampingi santri yang berjumlah 30-an.

Pendidikan Formal Intensif

Tidak semua pesantren khusus tahfidz Quran memiliki pendidikan formal yang intensif. Biasanya hanya sebatas formalitas semata. Tapi tidak di Darul Hikam 2. Pendidikan formal mendapatkan porsi yang cukup.

Caranya adalah, siswa memang mengikuti program paket. Namun dalam pelajaran formal di kelas 2 dan 3 aliyah, setiap siswa sudah memiliki fokus pada tujuan perkuliahan. Misal ingin ke Eropa, pendidikan Bahasa Inggris ditingkatkan. Atau ke Timur, maka pendidikan Bahasa Arab dikuatkan.

Karena ini pula pesantren menurunkan beban tahfidz Quran di tahun-tahun selepasnya. Karena akan ada beban lebih pada materi pendidikan formal.

Belum lagi pada aspek pendidikan non formil seperti materi robotic dan lain sebagainya. Oleh sebab itu semua sudah tertata dengan begitu baik.

Fasilitas Nyaman

Masalah fasilitas, kami akui tidak perlu banyak dibicarakan. Ada video khusus yang mengulas tentang bagaimana fasilitas yang ada di pesantren disediakan dengan begitu istimewa. Full ac, kamar dengan ranjang tingkat. Setiap siswa memiliki satu tempat tidur.

Kamar mandi di dalam asrama menggunakan shower. Dan lagi untuk makan tersedia makanan yang tergolong enak untuk ukuran pesantren.

Untuk kamar berisi belasan anak dengan tempat yang cukup luas. Yang juga istimewa adalah cuaca di wilayah tersebut memang tidak begitu panas. Mojokerto di kawasan Puri adalah wilayah menuju Pacet, tempat wisata di dataran tinggi. Sehingga suasanya nyaman.

Akses Mudah Kuliah di Luar Negeri

Hal ini juga kelebihan Darul Hikam 2 khusus tahfidz Quran. Pesantren ini memiliki agen perkuliahan di luar negeri, bernama ECC. Agen pendidikan ini memiliki akses ke banyak negara favorit destinasi pendidikan di luar negeri seperti Jerman, dan Turki.

Oleh sebab itu bagi yang menempuh pendidikan di pesantren ini akan sangat mudah mengakses pendidikan tersebut meskipun dengan biaya pribadi. Namun jangan dikira mahal, banyak kuliah di luar negeri yang cukup murah. Oleh sebab itu bisa menjadi keuntungan tersendiri.

Beberapa alumni dari Darul Hikam juga memanfaatkan akses ini dengan biaya yang memadai, tergantung dari negara yang menjadi tujuan pendidikan setiap santri. Oleh sebab itu hal ini menjadi yang aspek terbaik di Darul Hikam 2 khusus tahfidz Quran.

Evaluasi Berkala Langsung dari Kyai

Di banyak pesantren, evaluasi hafalan santri diberikan kepada para gurunya, atau wakil dari pimpinan pondok. Tapi lain halnya di pesantren ini. Setiap santri akan mendapatkan kesempatan untuk langsung didampingi oleh kyai.

Bisa dikatakan hal ini istimewa dalam sebuah pesantren. Bisa jadi karena santrinya masih berjumlah tiga puluhan. Namun demikian, tentu tetap menjadi sesuatu yang istimewa di pesantren.

Oleh sebab itu kami masukkan Darul Hikam 2 menjadi salah satu rujukan pendidikan tahfidz Quran di Jawa Timur. Khususnya untuk tahfidz Quran putri.

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomor 0811-3520-100. Bisa melalui whats App. Bahkan untuk pendaftaran juga bisa melalui nomor ini. Selamat mencoba.

Share This:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *