Pesantren Daarul Ilmi Tasikmalaya | Tahfidz Quran Gratis

Posted by

Pesantren Daarul Ilmi Tasikmalaya merupakan salah satu pesantren yang dikenal masyarakat umum. Apalagi  Tasikmalaya merupakan kota pesantren. Tercatat di data milik Kementerian Agama bahwa Tasikmalaya memiliki 172 pesantren yang tersebar di beberapa kecamatan. 

Pesantren Daarul Ilmi Cendekia yang rerata santrinya adalah anak yatim dan dhuafa adalah salah satu pesantren tahfidz Quran di Tasikmalaya. Pesantren ini berlokasi di Kecamatan Mangkubumi, Tasikmalaya. 

Kali ini akan dibahas mendetail tentang pesantren yang sempat viral gegara keikutsertaan santri dalam aksi bela islam tahun 2019 lalu. Kami rangkum dari beragam sumber di internet agar menjadi informasi menarik

Sejarah Pesantren Daarul Ilmi

Pesantren Daarul Ilmi berdiri karena keresahan Ustadz Ahmad Al Hafidz dengan masa depan anak yatim dan dhuafa, khususnya dalam pendidikan. Apalagi, panti asuhan yatim dan dhuafa yang banyak didirikan oleh LSM kurang maksimal dalam memberikan pelayanan kepada mereka.  

pesantren Daarul Ilmi Tasikmalaya

Nah, karena permasalahan itulah kemudian didirikan sebuah pesantren bagi para yatim dan dhuafa untuk belajar islam dan menghafal Al-qur’an. Selain sebagai media dakwah Islamiyah, pesantren ini juga mengajak para santri untuk bersama-sama mengamalkan Al-Qur’an.

Tidak lupa mengamalkan As-Sunnah dalam berkehidupan sehai-hari.  Bisa dikatakan ini adalah pesantren sunnah di Tasikmalaya. 

Kurikulum  Pesantren Daarul Ilmi

Sebagai lembaga pendidikan berbasis Al-Qur’an dan As-Sunnah maka para santri diharapkan berakhlaq mulia dan dapat menjadi tauladan bagi orang lain. Para santri di Pesantren Tahfidz Qur’an Daarul Ilmi digembleng menghafal 30 juz Al-Qur’an. 

Para santri juga belajar menghafal Al-Qur’an dengan mendengarkan audio. Cara menghafal ini mengadaptasi metode menghafal Al-Qur’an dari Masjid Nabawi yang dirasa cocok untuk anak-anak.  Semua kegiatan yang ada di pesantren ini bertujuan untuk mencetak generasi penghafal Al-Qur’an yang Mutqin (berkualitas). 

Islamic Home Schooling

Pesantren Daarul Ilmi Tasikmalaya mengusung konsep kurikulum utama yaitu menghafal Al-Qur’an minimal 5 – 30 juz. Targetnya setiap santri dapat menghafal khatam Al-Qur’an 30 juz dalam kurun waktu 5 tahun. 

Sebagai lembaga pendidikan islami, para santri juga diberi materi lain di bawah naungan Islamic Home Scooling (HIS). Di mana para santri diberi pelajaran umum lainnya setingkat SD, SMP dan SMA, seperti Matematika, bahasa Arab, bahasa Inggris. 

Selain itu, ada beberapa kegiatan unggulan lain yang menjadi miniatur konsep pendidikan di Pesantren Daarul Ilmi Tasikmalaya ini. Seperti, pembelajaran teknologi informatika komputer, dan pelajaran wajib lainnya yang lebih banyak praktek daripada teori. 

Di antaranya adalah pelajaran fiqih ibadah, aqidah, akhlaq dan pembelajaran yang mengasah life skill. Oleh sebab itu kurikulum yang diberikan cukup lengkap sekali. Sehingga menjadi favorit dan pesantren unggulan di Tasikmalaya. 

Kegiatan Harian Pesantren 

Pesantren Daarul Ilmi membina kurang lebih 70 santri yatim piatu dan dhuafa. Mereka dididik dan diharuskan menjalankan semua ibadah wajib serta menghidupkan ibadah sunnah. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan sebelum tidur malam adalah meruqyah diri sendiri. 

Para santri duduk bersila membentuk lingkaran dan bersama-sama membaca ayat kursi. Kemudian menyiapkan, dan menata tempat tidur hingga berdoa sebelum tidur. Sebelum tidur mereka memposisikan diri sesuai sunnah Rasul yaitu tidur miring menghadap ke arah kiblat. 

Kegiatan sunnah lain yang rutin dilaksanakan adalah sholat tahajud dan dhuha berjamaah.   Selain itu, para santri juga rutin murojaah Al-Qur’an setiap hari dan setiap ahad pagi dilakukan kegiatan olahraga pagi, Para santri juga mendapatkan kegiatan ekstrakurikuler bela diri, futsal, renang serta kaligrafi.

Keunggulan Pesantren Daarul Ilmi

Pesantren Daarul Ilmi Tasikmalaya saat ini ditunjang oleh kegiatan-kegiatan amal usaha. Para anak-anak yatim dan dhuafa yang dibina diharapkan dapat menjadi hafidz dan hafidzah yang juga mempunyai jiwa entreprenersip. Kegiatan amal usaha yang dikembangkan di antaranya:

Bekam Ruqyah Center, merupakan sebuah sentra pengobatan islami yang menggunakan konsep sehat ala Rasullah SAW. Metode terapi yang biasa dipakai untuk mengobati segala penyakit yaitu bekam, ruqyah syari’yyah, terapi herbal dan lain-lain.

Dapur Santri, dapur santri merupakan amal usaha di bidang kuliner yang dikelola langsung oleh para santri dan pengurus. Makanan yang diolah adalah khas Nusantara hingga Timur tengah seperti nasi kebuli hingga ayam bakar khas santri yang menjadi idola. 

Hafid Water Alkaline Therapy, bidang usaha ini bergerak di produksi air yang telah diproses dengan metode elektrolisis. Sehingga menghasilkan air alkaline yang terionisasi dan menyehatkan.

Pendaftaran Pesantren Tahfidz Quran Daarul Ilmi

Adapun pendaftaran Pesantren Daarul Ilmi diutamakan adalah untuk anak yatim dan kurang mampu. Usianya minimal 7 tahun, maksimal 15 tahun. Bisa dikatakan ini adalah pesantren tahfidz Quran anak SD di Tasikmalaya.

Biaya Daarul Ilmi Tasikmalaya

Adapun biaya Pesantren Daarul Ilmi Tasikmalaya dari brosur yang kami dapatkan adalah gratis. Alias tidak dipungut biaya. Ini yang cukup istimewa. Sehingga kalau mencari pesantren gratis di Tasikmalaya, Daarul Ilmi merupakan rekomendasinya.

Namun demikian tidak asal masuk pesantren, ada proses seleksi dan lain sebagainya yang harus dilewati. Sehingga meskipun gratis, kualitas pendidikan di Pesantren Daarul Ilmi Tasikmalaya cukup bagus. 

Alamat Lengkap

Pesantren Daarul Ilmi memiliki dua lokasi, yang berada di: 

  • Kampus I : Perum Bumi Lestari D.25. Tepatnya di Jl. Raya Tamansari, Kel. Sambongjaya Kec. Mangkubumi Kota Tasikmalaya. 
  • Kampus II : Kp. Karaha Kec. Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya

Perlu diketahui bahwa Pesantren Daarul Ilmi saat ini menerima donasi untuk pengembangan pembangunan Gedung Pesantren. Silakan kunjungi website pesantren di http://www.dic.or.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Jika ada kekeliruan mohon cantumkan di kolom komentar agar segera diperbaiki. Kalau ada lembaga pendidikan yang ingin diulas, direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *