Kautsar Institute (KI) Persiapan ke Luar Negeri Biaya Oke

Posted by

Kautsar Institute (KI) merupakan sebuah organ pengembangan dari Pondok Pesantren Al Kautsar Cipaku, yang sebelumnya sudah kami ulas terlebih dahulu.

Penasaran seperti apa Kautsar Institute ini? Mari simak rangkuman serba – serbi informasi yang kami sadur berdasarkan brosur resmi dan website resmi dari lembaga tersebut. Semoga bisa menjadi pedoman bagi pembaca yang ingin melanjutkan studi di luar negeri.

Sekilas Kautsar Institute Cianjur

Kautsar Institute merupakan bimbingan belajar yang membantu santri menghadapi ujian masuk untuk melanjutkan kuliah ke timur tengah dengan pendalaman materi bahasa dan hafalan al qur’an.

Misinya adalah mendidik kader – kader alim ulama yang menguasai ilmu pengetahuan islam secara menyeluruh (tradisional maupun modern), yang siap menghadapi tantangan umat dalam berbagai lini kehidupan, dan mampu bersaing di kancah nasional hingga internasional.

kautsar institute

Mengapa Harus Memilih Kautsar Institute?

Dengan prinsip al muhafadzatu ala al qadimi al shalih wa al akhdu bi al jadidi al ashlah, Kautsar Institute memiliki dua program unggulan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para santri.

Yang pertama adalah program pembinaan yang terfokus pada pembinaan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri (khususnya negara timur tengah), dan yang kedua adalah program pembinaan calon da’i atau tadriib addu’aat.

Melalui dua program tersebut, para santri akan mempelajari dan mengkaji ilmu – ilmu dasar keislaman (bahasa arab, tafsir, hadist, fiqh, ushul fiqh) secara komprehensif dan disempurnakan dengan pengembangan wawasan kebangsaan serta peningkatan keterampilan.

Sistem Pendidikan

Adapun untuk sistem pendidikan / metode pembelajarannya tidak akan kaku seperti pembinaan atau konsultasi pendidikan lain yang ada di luar.

Karena Kautsar Institute menggunakan berbagai metode yang menyenangkan dan tidak membosankan. Mulai dari muhadatsah, al hiwar fil ‘alam (out bound), presentasi dan diskusi, workshop dan seminar, hingga penulisan paper.

Selain itu, sistem pendidikannya adalah pendidikan step by step (metode tingkatan). Di tiga fase pertama (fase tahmidi, mubtadi, dan mutawasith), santri difokuskan pada tahsin – tahfidz qur’an dan penguasaan bahasa arab selama kurang lebih 8 bulan.

Sedangkan di tiga bulan terakhir atau fase terakhir (fase mutaqodim), pembelajaran santri merambah pada kajian studi islam, madzhad, aliran islam, hingga perang pemikiran yang semuanya dibutuhkan untuk menjadi bekal ketika ujian masuk nanti.

Rating di Google

Kautsar Institute sendiri mendapatkan respon yang cukup baik dari masyarakat sekitar. Di google bahkan mendapatkan rating bintang 4.8 dari 68 ulasan yang ada.

Salah satu akun dengan nama Abe Channel menyebutkan bahwa “Kautsar Institute merupakan tempat yang paling pas untuk menimba ilmu agama, lengkap dengan program belajar ke Tunisia, Maroko, Mesir, Sudan, jadi udah pas banget untuk nimba ilmu agama dengan kualitas internasional”.

Kegiatan Harian Kautsar Institute Cianjur

JamKegiatan
03.45 – 04.20Bangun tidur, qiyamul lail, tambahan hafalan dan tadarus
04.20 – 05.00Sholat subuh berjamaah, asmaul husna dan yasin
05.00 – 06.00Hafalan al qur’an / pemberian kosakata bahasa arab
06.00 – 09.00Mandi, sarapan pagi, hafalan al qur’an, sholat dhuha
09.00 – 12.00Kegiatan belajar mengajar (KBM)
12.00 – 13.15Sholat dzuhur, istirahat, makan siang
13.15 – 17.00Sholat ashar, setoran hafalan
17.00 – 17.30Olahraga, istirahat, mandi
17.30 – 18.30Istighotsah, sholat maghrib, tadarus
18.30 – 20.30Sholat isya, makan malam
20.30 – 22.00Kegiatan belajar mengajar (KBM)
22.00 – 03.45Istirahat

Pendaftaran dan Persyaratan

Program pembinaan ini biasanya dilaksanakan selama 11 bulan, mulai dari bulan juli sampai bulan mei. Adapun mekanisme pendaftaran bisa ditanyakan langsung kepada pihak Kautsar Institute, kami bantu dengan memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi di bawah.

Lain daripada itu, bagi santri yang tertarik untuk mengikuti program ini maka ada beberapa persyaratan khusus yang perlu disimak. Antara lain:

  • Santri mampu membaca al qur’an dengan baik
  • Santri mampu menulis arab dengan baik
  • Melampirkan pas foto ukuran 3×4 2 lembar
  • Bersedia bermukim di dalam asrama
  • Minimal berijazah MA / SMA (maksimal 2 tahun dari kelulusan)
  • Mengikuti interview dan khutbatul ‘arsy
  • Mampu menaati segala peraturan yang ditetapkan oleh pondok
  • Melengkapi persyaratan lain (bisa ditanyakan lebih lanjut pada pihak pondok)

Biaya Masuk Kautsar Institute

Nah berdasarkan brosur Kautsar Institute, biaya yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti program ini adalah sekitar 1.1 juta dengan SPP perbulan Rp. 750.000 ribu rupiah.

Biaya ini sudah mencakup uang pendaftaran dan perlengkapan santri (lemari, kasur, dan buku panduan).

Alamat Lengkap dan Nomor Telepon

Kautsar Institute beralamat lengkap di Jl. Cipaku RT. 04 Rw. 02, Ds. Sukwangi, Kec. Warungkondang, Kab. Cianjur – Jawa Barat

Informasi lebih detil, valid, dan update bisa hubungi bagian informasi pendaftaran di nomor +62 857 5969 0301 (Ust. Agus Rahmat S. Pd. I) / +62 857 8187 1232 (Ust. H. Sandi Purwa, Lc). Website resmi klik di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *