Pesantren Nur El Falah Banten | Bahasa Jepang dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Nur El Falah Banten bisa dikatakan merupakan sebuah lembaga pendidikan berbasis pesantren namun cukup inovatif. Tidak hanya sebatas mengaji dan shalat saja, namun sudah dipadukan dengan pendidikan serba modern.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk mengulasnya lebih jauh, merangkum dari website resmi plus brosur yang kami dapatkan. Kami ulas dari profil pesantren, identitas pendidikan pondok pesantren, hingga biaya masuk pesantren Nur El Falah Banten. 

Profil Pesantren Nur El Falah 

Didirikan pada tahun 1943 oleh tokoh pendidikan Banten yang bernama KH. Abdul Kabier, murid dari KH. Hasyim Asyari, pesantren ini sudah cukup kuat memiliki akar pendidikan di wilayah serang Banten. Sehingga keberadaannya cukup terkenal.

Pesantren ini berkembang cukup pesat dengan identitas mampu membaca kitab kuning, dan beberapa dasar pengetahuan agama. Ditambah lagi adanya pendidikan formal. Sehingga di pesantren ini antara pengetahuan umum dan agama seimbang. Mirip An Nahdlah Depok. 

pesantren nur el falah banten

Bahkan bisa dikatakan materi yang diajarkan di pesantren ini cukup variatif meskipun porsinya cukup, tidak terlalu banyak. Ada teknologi, ada tahfidz Quran, ada bahasa arab dan inggris, ada nahwu sharf dan lain sebagainya. 

Program Pendidikan di Pesantren

Yang menarik di pesantren Nur El Falah Banten adalah tahapan program pendidikannya cukup jelas. Pertama santri diajarkan dalam Aqidah, fiqh ibadah, amaliyah yang berjumlah 140 masalah. Bahkan mampu memimpin tahlil hanya dalam jangka lima bulan.

Tahapan kedua adalah santri diantarkan dalam aspek bahasa internasional dalam wujud bahasa arab dan inggris. Targetnya juga jelas, yaitu selama enam bulan. Pengalaman kami, waktu setengah tahun cukup cepat jika targetnya adalah dua bahasa. Biasanya lebih dari setahun.

Tahapan ketiga adalah kaidah nahwu dan sharaf. Yaitu gramatikal bahasa arab yang berfungsi untuk alat membaca kitab kuning. Ini juga waktunya hanya enam bulan. Cukup cepat sekali, padahal biasanya butuh waktu lebih dari setahun.

Keempat adalah fase diberikan ilmu Aqidah, Al Quran, Hadist, Akhlaq, Fiqh, Tafsir, Balaghah, dan lain sebagainya. Ini ilmu yang sangat cukup sebagai bekal santri untuk menghadapi dakwah di masyarakat atau untuk dirinya sendiri. 

Jenjang Pendidikan Pesantren

Di pesantren ini jenjang pendidikannya cukup lengkap, dari SMP, SMA, MTs, MA, SMK untuk putra dan putri. Anda bisa memilih sesuai dengan yang diinginkan oleh santri ataupun orang tua.

Yang sedikit spesial adalah jenjang SMK, ada ekstra bahasa Jepang untuk menghadapi dunia industri, ada jurusan komputer dan jaringan, akuntansi keuangan, dan otomotif sepeda motor. Cukup lengkap. 

Bahkan ekstranya adalah kewirausahaan teknologi dan robotik. Sangat bagus untuk pondok pesantren di Serang Banten. 

Kelebihan di Ponpes Nur El Falah Serang

Ada yang unik dan menjadi nilai positif di pesantren ini, yaitu tes potensi justru hanya menggunakan sidik jari. Begitu sederhana. Setelah potensinya diketahui, maka akan diperdalam untuk menemukan passion. 

Kedua santri memiliki hafalan minimal tiga juz. Sudah cukup untuk jenjang SMP dan SMA. Dengan kata lain sudah tertarget. Bahkan bisa saja santri memiliki hafalan lebih dari yang sudah ditentukan, tergantung siswa. 

Kelebihan lain adalah pesantren ini memiliki banyak fasilitas berbau teknologi. Seperti finger print, jaringan internet, bahkan ada ruangan khusus multimedia. Ini sesuai dengan kebutuhan era sekarang.

Adapun untuk akreditasinya, untuk MTs akreditasi B, SMA juga akreditasi B, untuk SMK juga akreditasi B. Sehingga rata-rata di pesantren ini akreditasinya B, sudah cukup sebagai pesantren dengan pendidikan formal berbasis pemerintah. 

Pendaftaran Pondok Pesantren 

Jika ingin mendaftar ke pesantren Nur El Falah Serang, maka harus disiapkan beberapa syaratnya. Seperti foto copy ktp dan KK ayah dan ibu sebanyak empat lembar. 

Kemudian siapkan pula foto 3×4 sebanyak enam lembar, dan foto kopi SKHUN empat lembar, serta tentu saja foto kopi ijazah empat lembar. Nah jika ingin langsung mendaftar online klik link berikut ini, https://www.nurelfalah.or.id/form-pendaftaran.html.

Atau jika ingin lebih jelas bisa menghubungi nomor  081 803 888 844. 

Biaya Masuk Pesantren Nur El Falah

Adapun biaya masuk pesantren Nur El Falah ternyata tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan pesantren lain di sekitar. Daftar detilnya bisa dilihat dari tabel yang kami sajikan di bawah ini. 

Pendaftaran Rp1.000.000
Infaq Tahunan Rp1.000.000
SPP SMK SMARp600.000
SPP SMP MTs MARp565.000
SPP Program KhususRp600.000
Lain-lain Rp3.400.000

Jika dijumlah, untuk SMA, SMK, dan program khusus memiliki biaya enam juta, sedangkan untuk yang SMP, MTs, dan MA memiliki biaya masuk sebesar Rp5.965.000. Menurut kami cukup standard.

Jika ingin lebih murah atau lebih mahal bisa dipilih di antara pesantren terbaik di Serang Banten yang sudah kami rangkum di sini. Atau jika ingin mencari pesantren dengan fasilitas yang istimewa bisa membaca 9 Islamic Boarding School terbaik di Bogor

Alamat Lengkap Pesantren Nur El Falah Banten

Alamat lengkap pesantren berada di jalan KH. Abdul Kabier Kp. Kubang Ds. Kubang Jaya Kec. Petir Kab.Serang Banten. Tidak terlalu sulit untuk menuju wilayah ini. Jika ingin info lebih lengkap bisa kunjungi website resmi pesantren Nur El Falah Banten di https://www.nurelfalah.or.id/.

Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan bantu publikasi lembaga pendidikan Anda. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *