Ponpes Apik Kaliwungu Kendal | Keilmuan Mendalam dan Biaya

Posted by

Ponpes Apik Kaliwungu Kendal merupakan salah satu ponpes tertua di kendal. Oleh karena itu namanya sudah masyhur di kalangan masyarakat. Bahkan santrinya datang dari berbagai daerah di Indonesia sampai mancanegara seperti Malaysia.

Berikut ini kami akan mengulas mengenai Ponpes Apik berdasarkan brosur yang tertera di website resmi. Kami sajikan dari unsur pendidikan hingga biaya masuk. Semoga bermanfaat.

Ponpes Apik Kaliwungu Kendal

Ponpes Apik Kaliwungu Kendal adalah pesantren legenda di Jawa Tengah. Didirikan oleh seorang alim yang menimba ilmu di kota mekkah keturunan senopati mataram, yakni KH. Irfan bin Musa bin Abdul Baqi bin Mu’arif bin Qomarudin bin Jiwo Suto pada tanggal 12 desember 1919 silam.

Identitas Ponpes Apik adalah salafiyah yang berafilasi di bawah bendera nahdiyin (nahdlatul ulama). Yang hingga kini tradisi, manajemen, kurikulum pendidikan, amalan, hingga metode ngaji sorogan, bandongan, lalaran, dan wetonan yang masih melekat erat.

ponpes apik kaliwungu kendal

Ponpes untuk Semua Golongan

Fakta menarik mengenai Ponpes Apik adalah terbukanya gerbang ponpes Apik Kaliwungu Kendal lebar – lebar untuk semua golongan, elite politik sekalipun.

Mulai dari kapolda kendal, pangdam diponegoro IV, bupati kendal, menteri pertahanan indonesia (prabowo subianto), hingga presiden republik indonesia (Joko Widodo) pun pernah menyambangi ponpes sepuh ini.

Pendidikan di Ponpes Apik Kaliwungu

Untuk pendidikannya, Ponpes Apik mengelola pendidikan yang dikenal dengan nama Madrasah Salafiyah Miftahul Hidayah (MSMH) dengan masa studi delapan tahun (2 tahun kelas persiapan dan 6 tahun masa belajar).

Nah, kurikulum di MSMH sendiri mengacu pada pendidikan diniyah formal atau yang disingkat PDF dan dibagi menjadi dua tingkatan, wustho (SMP) dan ulya / aliyah (SMA). Artinya sudah setara pendidikan nasional, jadi ada ijazahnya tersendiri.

Untuk kelas persiapan, materinya berkisar pelajaran basic atau pemula seperti sulamul mubtadi, fasholatan, aqidatul awwam, hidayatussibyan, syi’ir bahasa arab, nadzom alala, khoridatul bahiyyah, tuhfathul athfal, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk tingkatan selanjutnya wustho, kitab – kitab yang dipelajari semakin banyak dan kompleks pembahasannya. Beberapa di antaranya yaitu taqriqot al jurumiyah, al awamil al jurjani, safinatun najah, muqoddimah al hadromiyyah, almanqul min ilmi tafsir, dan lain – lain.

Dan di tingkatan terakhir, ulya / aliyah, para santri mempelajari kitab fathul mu’in, al hushu al hamidiyah, ibanah an ushuliddiyanah, alfiyyah ibnu malik, al mukhtasor syafi’i, hingga jam’ul jawami.

Meski kitab santri full dengan kitab kuning / kutubus tsurat, para santri tetap mempelajari ilmu – ilmu formal (umum). Setiap kelas umumnya terdapat pelajaran seni budaya dan 4 mapel umum lainnya. Tentu hal ini dilakukan agar santri tetap mendapatkan ilmu yang seimbang dunia dan akhiratnya.

Tradisi di Ponpes Apik

Di Ponpes Apik, ada tradisi yang masih terus dilestarikan oleh para santri dan semua penghuni ponpes. Yakni menjalankan amalan berdasarkan kalender Jawa.

Seperti istighotsah asmaul husna ba’da subuh, istighotsah sugro di malam Selasa dan Jum’at ba’da magrib, istighotsah sholawat kubro di malam Selasa pahing, istighostah kubro di malam Jum’at kliwon, ziarah makam masayikh, pengajian kitab tibyan dan tafsir munir di malam Sabtu, serta amalan lainnya.

Sarana dan Prasarana

Jika Bapak / Ibu datang langsung ke ponpes Apik Kaliwungu Kendal, bisa melihat uniknya bangunan yang ada di Ponpes Apik. Jendela dengan kusen kayu seperti kubah memberikan kesan timur tengah di masa lampau. dan juga masjidnya dengan menara – menaranya yang megah.

Untuk sarana dan prasarananya pun sudah cukup memadai. Mulai dari kantor jam’iyyah kompleks, asrama santri dan ustadz, ruang kelas, ruang tamu, laboratorium komputer, koperasi plus kantin, perpustakaan, dapur, hingga ruang kesehatan santri.

Pendaftaran Santri Baru

Pendaftaran santri baru biasanya dibuka setiap tanggal 10 syawwal – 10 dzul qo’dah. Pendaftarannya dibuka secara offline (datang langsung ke sekretariat ponpes), jadi calon santri baru dipersilakan untuk sowan terlebih dahulu kepada bapak pengasuh.

Sedangkan berkas pendaftaran yang dibutuhkan yakni FC KK, akta kelahiran, dan FC ijazah terakhir sebanyak 2 lembar. Nantinya juga ada tes seleksi dengan materi yang bisa dicek pada website resmi ponpes.

Biaya Masuk Pesantren Apik

Biaya yang dikenakan untuk registrasi santri baru adalah Rp. 30.000 ribu rupiah. Adapun detil biaya masuk yang perlu Bapak / Ibu persiapkan adalah sebagai berikut:

  • Mondok: Rp. 370.000 ribu
  • Sekolah persiapan (1 SP): Rp. 503.000
  • Sekolah persiapan (2 SP): Rp. 515.000
  • Madrasah tsanawiyah (1 MTs): Rp. 533.000
  • Madrasah tsanawiyah (2 MTs): Rp. 530.000
  • Madrasah tsanawiyah (3 MTs): Rp. 615.000

Menurut kami, biaya ini termasuk murah apalagi pembayaran dapat diangsur tiga kali dalam setahun. Yang tersebut di atas adalah tahun 2021. Bisa disurvey dengan pesantren lain di Kendal melalui link ini.

Alamat Lengkap

Pondok Pesantren Salaf Apik beralamat lengkap di Kauman, Krajan Kulon, Kaliwungu, Pandean, Kendal – Jawa Tengah. Atau kunjungi Google Maps yang kami sertakan di bawah ini.

Jika menginginkan informasi lebih detil dan valid bisa telepon ke nomor +62 811 2780 274 atau email ke pp.salafapik@gmail.com. Kunjungi laman resmi ponpes klik di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *