7 Pesantren terbaik di Medan | Modern hingga Tabligh

Posted by

Pesantren terbaik di Medan | Medang memiliki wilayah yang cukup asri, gedung-gedungnya juga bergaya eropa. Bahkan kota ini dikenal sebagai Paris Van Sumatera. Kota ini memang modern, dan indah. 

Namun siapa sangka jika Medan memiliki banyak pesantren terbaik. Pesantren modern, salafiyah, hingga pesantren tahfidz Quran tersebar di wilayah ini. Oleh sebab itu kami ingin mengulas beberapa pesantren terbaik di Medan berdasarkan review di internet, rating Google, juga pertimbangan subjektif lainnya. Nomor bukanlah ranking.

Islamic Centre Medan

Pesantren ini berdiri pada tahun 1983 yang awalnya diniatkan untuk kaderisasi ulama. Namun kemudian ditajamkan untuk fokus pada aspek tahfidz Quran. Alamatnya di Jl. Williem Iskandar/Pancing, Medan Estate.

Identitas dari pesantren ini adalah pendidikan formal di jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Sehingga santri tetap mendapatkan pendidikan formal. Namun demikian penekanan lebihnya pada tahfidz Quran. Maka kami lebih menyebut pesantren tahfidz Quran. Adapun pendidikan keislamannya merujuk ke kitab kuning seperti nahwu sharf dan lain sebagainya. 

Target utamanya mampu menghafal 30 juz. Meskipun dalam wisuda ada yang khatam 25 juz, ada yang 20 juz, tergantung dari hasil dan kesungguhan santri. Bahkan pesantren ini beberapa kali menjuarai MHQ tingkat, kabupaten dan provinsi. 

Biaya masuk di pesantren ini sekitar 9-10 juta. Adapun bagi yang khusus tahfidz quran sekitar 6-7 juta. SPP berkisar 900-an. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://www.icsumut.com/.

Pesantren Terbaik di Medan Raudhah Hasanah

Secara sejarah, pesantren ini berdiri sejak tahun 1982. Namun demikian embrio pesantren sudah muncul sejak 1970-an. Ini adalah pesantren bersistem modern di Medan. Alamatnya Jl. Setia Budi Ujung Simpang Selayang. Namanya Raudhah Hasanah.

Secara sistem pesantren ini sangat mirip dengan pondok Gontor Ponorogo. Salah satu sebabnya pesantren ini memang didirikan oleh alumni Gontor. Baik dari model pendidikan hingga filosofi mirip.

Kurikulumnya menggunakan KMI, yaitu kurikulum yang menggabungkan antara umum dan agama menjadi satu. Kelebihan dari pesantren modern dengan kiblat Gontor di antaranya adalah disiplin yang tinggi, dan pembiasaan bahasa arab dan inggris dalam keseharian. 

Untuk biaya masuk juga standard, sekitar 8.2 juta, sedangkan untuk SPP setiap bulan sekitar 900 ribuan. Informasi lengkap bisa kunjungi link di sini.

Pesantren Modern Ta’dib Syakirin

Satu lagi pesantren modern di Medan, yaitu pesantren Ta’dib Syakirin. Berdiri pada tahun 1993 pesantren ini beralamat di Gg Tapian Nauli, Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor. 

Pesantren ini masih kecil, santrinya sekitar 200-an. Gedungnya juga sederhana. Namun demikian pendidikannya khas, yaitu jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Namun secara sistem banyak menggunakan model Gontor.

Penekanan utama dari pesantren ini adalah pada aspek mental. Bentuknya melalui pendampingan di asrama dan kegiatan ekstra yang ada di luar kelas. Sehingga kreativitas sebagai santri muncul. 

Untuk biaya masuk tidak mahal, hanya sekitar 4 juta, dengan uang bulanan sebesar 700 ribuan. Info lengkap bisa mengunjungi website resminya di sini.

Pesantren Al Kausar Al Akbar

Pesantren terbaik di Medan selanjutnya adalah Al Kausar Al Akbar yang beralamat di Jl. Pelajar No.264 , 20228, Binjai, Kec. Medan Denai. Pesantren ini berdiri pada tahun 1978, termasuk usia yang cukup matang di antara pesantren lainnya di medan.

Pesantren yang satu ini memiliki identitas pendidikan formal dengan mengikuti kurikulum Tsanawiyah dan Aliyah. Sedangkan untuk pendidikan agama merujuk pada kajian kitab-kitab kuning dengan materi hadist, tafsir, fiqh, dan beberapa materi lainnya.

Ada satu hal yang menurut kami identik dari pesantren ini, yaitu pendidikan dalam pengamalan ibadah, terutama ibadah sunnah, khususnya qiyamul lail. Hal ini tertulis jelas dalam kegiatan di pesantren. 

Biaya masuknya mirip dengan pesantren-pesantren besar lainnya di Medan, sekitar 8.3 juta. Sedangkan untuk biaya SPP sebesar 1.2 juta rupiah. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Pesantren Darul Hikmah TPI Medan

Mungkin yang satu ini merupakan pesantren tertua di Medan. Berdiri pada tahun 1950 pesantren ini masih kokoh hingga sekarang dengan alamat, Jl. Pelajar No.44, Teladan Tim., Kec. Medan Kota.

Pesantren ini secara sistem sangat mirip dengan Gontor, dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, hingga aspek disiplin dan bahasa arab dan inggris yang menjadi pembiasaan di dalamnya.

Pendidikan formal pun tersedia di pesantren ini. Yaitu MTS dan MA, keduanya memiliki akreditasi A. Namun ada aspek yang menarik, yaitu adanya kajian kitab kuning dengan pola sorogan. Artinya pendidikan yang ada di dalamnya sudah kombinasi antara beberapa aspek penting.

Untuk biaya masuk pesantren ini standard, 6 juta, sedangkan untuk biaya SPP Darul Hikmah TPI setiap bulan sebesar 750 ribu rupiah. 

Pesantren Tahfidz Quran At Tabligh

Dari namanya pesantren ini memiliki kegiatan hanya tahfidz Quran. Alamatnya di Pangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor, Kota Medan. Menurut kami dari pakaian, dan nama, pesantren ini sangat dekat dengan jama’ah tabligh.

Namun demikian minimal usia santri 12 tahun. Tapi kalau sudah 15 tahun, minimal harus punya hafalan 2 juz untuk mendaftar, unik. Pendukung pendidikan tahfidz Quran di pesantren ini adalah fiqh tajwid dan sejenisnya. Materi umum tidak ada.

Kalau dari tempatnya pesantren ini masih sangat sederhana, santrinya pun masih sedikit, namun karena fokus hanya tahfidz Quran bisa jadi pilihan untuk pesantren terbaik di Medan. Biaya masuknya hanya 1.5 jutaan, sedangkan untuk SPP sekitar 450-an.

pesantren terbaik di medan
ilustrasi dari Google

Pesantren Terbaik di Medan dan Bagus

Inilah beberapa pesantren terbaik di Medan, kami tidak masukkan pesantren di Deli Serdang, karena nantinya ada ulasan tersendiri. Jika ada kekeliruan mohon dikoreksi di kolom komentar.

Usulan dari pembaca dibutuhkan untuk memberikan info pesantren terbaik lainnya, baik modern, tradisional, atau tahfidz Quran. Lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986 at gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *