Pesantren Minhajus Sunnah Bogor | Pendaftaran dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Minhajus Sunnah Bogor merupakan lembaga pengkaderan Da’i yang dijalankan selama 3 tahun. Para santri dibekali ilmu syar’i serta disokong oleh pondasi aqidah dan manhaj yang kuat. 

Sehingga diharapkan, lulusan yang keluar dari pesantren ini dapat mengembangkan dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah hingga ke seluruh pelosok negeri di Indonesia. Seperti laiknya pesantren-pesantren sunnah di Indonesia.

Pesantren ini dikenal salah satunya dengan adanya Ustadz Yazid Bin Abdul Qadir Jawwas yang juga menjadi salah satu pengajar di pesantren ini.  Ustadz Yazid merupakan ulama salafi (tirto.id) yang namanya terkenal di Bogor dan sekitarnya. 

Selain Ustadz Yazid masih banyak pengajar lain yang lurus manhaj dan aqidahnya.  Sehingga dapat mencetak Da’i yang dapat memberikan bimbingan islam kepada masyarakat, baik dalam aqidah, ibadah atau akhlakul karimah.  Informasi pesantren Minhajus Sunnah Bogor kami rangkum dari beragam sumber. 

Kurikulum Pendidikan Minhajus Sunnah

Ada beberapa mata kuliah yang diajarkan kepada calon Da’i di pesantren ini. Di antaranya  aqidah, fiqih, usul fiqih, tafsir, usul tafsir, hadist, usul dakwah, firoq, adab thalib.

pesantren minhajus sunnah bogor

Selan itu, para santri harus menguasai mata kuliah nahwu shorof, tajwid, balaghah, ta’bir, tarikh, adab araby, faraid dan sirah Nabi. Ini untuk bekal membaca kitab ulama salaf.

Pesantren ini merupakan salah satu pesantren beraliran salafi yang mengikuti ulama Salaf Al Shalih. Ajaran yang ada lebih menekankan kepada contoh-contoh dari teladan Nabi Muhammad serta generasi pertama dari umat Islam.

Kalau di Bogor pesantren yang menggunakan nama mirip adalah Minhaj Shahabah, ini juga salah satu pesantren sunnah di Bogor. Laki-laki seringkali berjubah ketika beribadah, dan perempuan bercadar. 

Dakwah Intensif Pesantren 

Pesantren Minhajus Sunnah seakan-akan tertutup untuk umum, padahal sebenarnya mereka cukup terbuka. Hal ini dibuktikan dengan adanya Majalah As-Sunnah dan Radio Rodja yang menjadi salah satu media untuk berdakwah salafi di Indonesia. 

Setiap hari juga dilakukan pengajian yang terbuka untuk umum, meski kebanyakan pesertanya adalah mahasiswa dari IPB (Institut Pertanian Bogor).

Di dalam pengajian tersebut kitab yang dibahas adalah kitab-kitab yang dikarang oleh Muhammad Bin Abdul Wahhab dan ulama salafi lainnya. Kitab-kitab salaf memang dijadikan bahan rujukan para santri di pesantren ini. 

Seperti yang diulas di atas, dakwah yang dilakukan yang merupakan pemurnian Islam. Mereka berangggapan bahwa ajaran Islam haruslah murni hanya ahlussunah wal jammah. Sehingga dalam keseharian selalu berpegang sunnah.

Mengader Da’i 

Pesantren Minhajus Sunnah yang didirikan oleh Ustadz Yazid menjadi lembaga pendidikan bagi para calon da’I terbaik.  Calon Da’i akan belajar selama 3 tahun, kemudian mereka harus mengabdi selama 2 tahun. 

Sepanjang 2 tahun tersebut, mereka akan mengabdi di daerah asal atau mengajar di pesantren dan lembaga pendidikan dengan pemahaman yang sama. 

Seperti Pesantren Islam Al-Irsyad Solo, Pesantren Ihya As-Sunnah Tasikmalaya, Sekolah Dasar Islam An-Najah Jakarta Barat (Suhanah: Peneliti Puslitbang) . 

Di samping itu, mereka juga berkewajiban untuk melanjutkan pendidikan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA). Alternatif lainnnya, mereka juga bisa melanjutkan studi ke Universitas Islam di Arab Saudi. 

Mereka yang melanjutkan ke LIPIA akan diberi gratis biaya pendidikan oleh pemerintah Arab Saudi. Akan tetapi, untuk dapat masuk di LIPIA ada serangkaian seleksi ketat yang harus diikuti oleh santri.

Beberapa santri yang tidak lolos seleksi masuk LIPIA memilih untuk mengabdi di Pesantren Minhajus Sunnah Bogor sambil belajar kembali. 

Fasilitas Pesantren Minhajus Sunnah Bogor

Ada beberapa fasilitas pendukung yang dapat membantu para calon Da’i dalam belajar, antara lain, ruang belajar yang memadai, asrama santri, masjid dan perpusatakan yang dilengkapi dengan buku-buku berbahasa Arab

Menurut kami kelebihan dari pesantren ini memang fasilitas yang cukup memadai meskipun dari aspek pendaftaran tidaklah mahal. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren yang dicari di Internet. 

Syarat Pendaftaran Santri

Berikut beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi oleh calon santri di pesantren Minhajus Sunnah Bogor, antara lain:

  • Laki-laki berusia maksimal 25 tahun, yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi KTP/ Paspor
  • Telah Lulus MA/ SMA sederajat
  • Melampirkan Ijazah asli dengan pas foto 2×3 dan 4×6 masing-masing 1 lembar
  • Menunjukkan bukti masih lajang dan bersedia untuk tidak menikah selama pendidikan
  • Menyertakan bukti surat sehat dari dokter
  • Melampirkan pula SKCK dari sekolah lama atau kepolisian
  • Bersedia untuk melunasi semua biaya pendidikan
  • Minimal telah menghafal 2 juz Al-Qur’an
  • Dapat berbahasa Arab meskipun pasif

Biaya Pendaftaran Pesantren Minhajus Sunnah Bogor

Adapun biaya pendaftaran yang harus dibayarkan ketika mendaftar di pesantren ini adalah Rp. 200.000,- . Bagi yang telah lulus seleksi diharuskan membayar uang SPP sebesar Rp. 500.000,- Jika ingin memilih pesantren terbaik di Bogor lainnya bisa kunjungi link ini. 

Selain itu, ada pula biaya uang pangkal sebesar 2 juta rupiah.  Ada biaya tambahan untuk tes psikotes sebesar Rp. 300 ribu. Jika ingin melihat boarding school di Bogor lainnya bisa dilihat di sini. Data yang tercantum kami dapatkan dari https://qaritsa.net/

Alamat Pesantren Minhajus Sunnah Bogor

Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dan syarat lainnya, silakan menghubungi telepon (0251) 8624 122. Atau berkunjung ke Jl. Raya Dramaga KM 8,5 RT.01 RW 01 Desa Babakan Kec. Dramaga Bogor Jawa Barat 166880.

Jika ada kekeliruan mohon cantumkan di kolom komentar. Adapun lembaga pendidikan yang ingin diulas, direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan publikasikan agar bisa mudah diakses di internet. 

.

4 comments

  1. Saya msh blm paham ttng syarat2 masuk ponpesnya,,,
    Saya mau tanya kl setingkat madrasah,,,dan kl mau memindahkan anak saya yg dari ponpes lain mau ke ponpes ini tp yg madrasah,,,,apakah bisa,,??

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *